Ilustrasi situasi horor (Sumber gambar: Unsplash/Jan Jakub Nanista)

4 Rekomendasi Podcast Horor Indonesia di Spotify, Berani Dengar Malam Hari?

14 June 2024   |   12:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Ketika malam sudah tiba, seringkali rasa bosan mulai menyelinap dan kita merasa bingung dengan kegiatan apa yang bisa dilakukan. Mustahil rasanya ketika sedang bosan, kita justru melakukan aktivitas yang mengharuskan banyak gerak karena tubuh juga butuh istirahat. 

Untuk mengisi waktu dan mengusir kebosanan, biasanya kegiatan yang dilakukan adalah hal-hal sederhana seperti menonton film, membaca novel, atau mendengarkan siniar (podcast). Saat ini, konten audio semakin populer, dan dapat memberikan sensasi serupa dengan mendengarkan radio. 

Kita juga bisa mendengarkan podcast di berbagai platform seperti Spotify, yang menyediakan layanan untuk mendengarkan beragam podcast dan lagu dari seluruh dunia. Di Spotify banyak topik podcast yang bisa kalian pilih dan dengarkan. 

Baca juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Gratis untuk Rekam dan Edit Podcast dengan Smartphone

Nah, salah satu topik yang sangat diminati adalah podcast horor. Dalam podcast ini, para host atau narasumber berbagi kisah-kisah horor yang seringkali berdasarkan pengalaman nyata. 

Mendengarkan podcast horor di malam hari bisa membuat bulu kuduk merinding karena hanya dengan mendengarkannya saja kita bisa merasakan ketakutan yang membayangi. Bagi pecinta genre horor, ada beragam rekomendasi podcast horor yang bisa dinikmati di platform Spotify. Berikut rekomendasinya. 


1. Do You See What I See 

Salah satu rekomendasi podcast horor yang wajib Genhype dengarkan adalah Do You See What I See. Podcast ini dimulai dengan kisah horor pertama yang diceritakan oleh Rizky Ardi Nugroho, teman dari Raditya Dika dan dikenal sebagai Mizter di saluran YouTube milik Raditya Dika.

Rizky pertama kali mempersembahkan sebuah cerita horor yang berjudul Paranormal Experience: Rumah Terseram di Jogja yang mendapat lebih dari 12 juta penonton di YouTube. Cerita horor yang disampaikan oleh Mizter ini memicu antusiasme yang luar biasa di kalangan pendengar, dengan banyak permintaan untuk menceritakan kisah-kisah horor lainnya. 

Do You See What I See yang pertama kali ditayangkan di Spotify pada 2018 menjadi salah satu podcast horor paling terkenal di platform tersebut. Podcast ini membawa pendengarnya ke dalam pengalaman misterius yang dialami oleh individu yang mengirimkan kisah mereka melalui akun Instagram @podcasthoror.id. 

Dari kisah cinta pertama hingga cerita tentang hantu dan mahluk misterius lainnya seperti kuntilanak muka rata, semua bisa kalian nikmati. Hingga saat ini, jumlah episode podcast ini telah mencapai lebih dari 1200 dengan durasi setiap episode berkisar antara 10 hingga 30 menit. 


2. Lentera Malam

Selanjutnya ada podcast yang dibawakan oleh Adhit dan Jamal dengan nama Lentera Malam. Dalam podcast ini, mereka membawakan cerita-cerita mistis dari berbagai daerah di Indonesia. Menariknya, cerita-cerita tersebut diceritakan langsung oleh narasumber yang mengalaminya. 

Hal ini membuat suasana ketika mendengarkan Lentera Malam menjadi sangat mencekam dan lebih dipercaya, karena cerita yang dibagikan langsung oleh mereka yang mengalaminya. Mendengarkan podcast ini terasa seperti kita dibawa langsung ke kejadian yang dialami narasumber.

Lentera Malam rilis setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Selain bisa didengarkan melalui Spotify, mereka juga memiliki kanal YouTube dengan 2 juta pengikut. 


3. Podcast Malam Kliwon

Selanjutnya ada Podcast Malam Kliwon (PMK) yang dimiliki oleh Ramadhanu dan Bimo Kusumo. Meski cerita utamanya horor, mereka suka memasukkan candaan di tengah-tengah cerita seram yang dibawakan.

Podcast ini berisi kisah-kisah horor lokal di Indonesia yang berdasarkan pengalaman nyata banyak orang. Tak hanya bercerita cerita tentang hal-hal mistis, tapi juga berbagai topik yang masih berhubungan dengan hal seram. Genhype bisa dengar cerita-cerita tentang pocong atau hantu-hantu di Indonesia dalam durasi 30 menit sampai 1 jam.


4. Lewat Tengah Malam

Podcast horor Lewat Tengah Malam dipandu oleh Willy Ardan. Podcast ini menghadirkan kisah nyata dari para pengirim cerita. Kisah-kisah yang dibacakan sangat beragam, mulai dari kriminal, thread horor, hingga urban legend. Serunya lagi, podcast ini hadir tiap akhir pekan sehingga kamu bisa mendengarkannya saat waktu luang.

Saat ini, sudah ada lebih dari 130 episode yang tersedia. Jika kalian penasaran dengan berbagai cerita horor khas Indonesia, podcast ini bisa jadi pilihan yang menarik untuk dinikmati. 

Baca juga: Hypereport: Melihat Proses Kreatif di Balik Podcast Komedi Viral

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tiket KA Tinggal Sedikit, Traveler Diimbau Pakai Fitur Connecting Jika Tidak Kebagian

BERIKUTNYA

Tips Menjaga Kesehatan Selama Ibadah Haji, dari Jaga Kontak Fisik hingga Waspada Sun Stroke

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: