Ilustrasi podcaster. (Sumber gambar: Pexels/George Milton)

4 Rekomendasi Aplikasi Gratis untuk Rekam dan Edit Podcast dengan Smartphone

22 July 2023   |   06:00 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Konten audio yang kalian rekam untuk episode podcast berikutnya memiliki banyak potensi. Namun, potensi itu hanya bisa dimaksimalkan jika kalian memiliki perangkat yang mumpuni. Efek audio sederhana, musik yang dipilih dengan baik, atau volume yang diseimbangkan sempurna adalah semua komponen yang memengaruhi kesuksesan podcast.

Membuat podcast dapat menjadi saran aktivitas untuk mengisi waktu luang di mana kamu bisa membicarakan topik yang disukai dengan teman untuk menambah pengetahuan. Namun, menciptakan podcast yang menarik dan memiliki umur panjang tidak semudah yang kita lihat.

Baca juga: Catat Nih Rahasia Sukses Jadi Podcaster dari Ahlinya

Teknologi adalah bagian yang mudah dalam hal podcasting. Mungkin butuh waktu lama untuk menemukan konsep orisinal dan naskah podcast keren, tapi ada banyak perangkat yang bisa membantu kalian menciptakan podcast bagus.
 
Berikut adalah empat aplikasi gratis yang yang dapat digunakan untuk membuat podcast di smartphone:


1. Anchor

Anchor adalah salah satu aplikasi podcast yang paling populer dan mudah digunakan. Dengan Anchor, kamu dapat merekam, mengedit, dan mengunggah podcast dari perangkat smartphone. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menambahkan musik latar, efek suara, dan tools sederhana untuk memantau kinerja dari podcastmu. Untuk dapat menggunakannya, kamu dapat mengunduh aplikasinya guna mengajak teman dengan membagikan link. Namun, jika ingin mengundang orang lain, pastikan teman yang kamu ajak sudah mengunduh Anchor terlebih dahulu.

 

2. Spreaker 

Melalui aplikasi Podcast Studio by Spreaker kamu dapat membuat podcast secara mandiri dan menawarkan sejumlah fitur untuk merekam dan mengedit podcast secara profesional. Kamu hanya membutuhkan smartphone untuk merekam podcast, mengatur episode, menambahkan efek suara, dan musik latar dengan mudah. Penggunaan Spreaker mirip dengan sosial media lainnya, dimana kamu dapat membagikan hasil podcast secara langsung dan dapat ditemukan oleh pengguna Spreakers lainnya.


3. Pocket Casts

Pocket Casts adalah aplikasi podcast yang populer yang tidak hanya memungkinkan untuk mendengarkan podcast, tetapi juga untuk merekam dan mengedit podcast secara mandiri. Aplikasi ini menawarkan desain antarmuka yang intuitif dan beberapa fitur pengeditan yang lebih lengkap. Tidak hanya melalui smartphone, aplikasi Pocket Cast dapat diakses melalui website yaitu https://support.pocketcasts.com/article/desktop-app/ yang didukung oleh Windows 10 keatas dan Mac.


4. Podbean

Podbean adalah podcast editor yang dapat dipakai melalui smartphone yang memungkinkan kamu untuk merekam dan mengedit podcast secara instan. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur canggih seperti pencatatan suara berkualitas tinggi, mengunggah episode, dan berbagi podcast ke berbagai platform. Aplikasi ini bisa didapatkan melalui Play Store, App Store, dan website untuk pengguna desktop.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Aktor Kondang Pemenang Piala Emmy Awards, Ada dari Korea Selatan

BERIKUTNYA

Lima Strategi Pelaku Usaha Memilih Partner Logistik Agar Tetap Cuan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: