Ilustrasi studio podcast (Photo by Austin Distel on Unsplash)

Seru, Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Podcaster

01 July 2021   |   19:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Podcast sebenarnya sudah ada sebelum internet. Pada tahun 1980-an, podcast awalnya disebut 'blogging audio'. Mirip dengan blogger pada zamannya, ini adalah cara bagi siapa saja untuk berbagi pengalaman dan pemikiran mereka dengan orang lain melalui rekaman audio.

Namun, karena kurangnya sarana untuk mendistribusikan rekaman, dibutuhkan waktu 20 tahun sebelum tren tersebut berkembang.

Sejak 2005, lebih dari 700.000 podcast telah dibuat, dengan lebih dari 30 juta episode konten, sebagian besar gratis.

Hebatnya, sekitar sepertiga dari episode tersebut telah dibuat sejak Juni 2018. Dengan menjamurnya smartphone, kini setiap orang memiliki pemutar podcast di saku mereka.

Ketika dunia menjadi lebih sibuk, format podcast menjadi sangat populer. Konten audio memungkinkan pendengar untuk melakukan banyak hal sambil menyimak konten.

Dilansir melalui Brandtastic, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa 49% mendengarkan podcast dilakukan di rumah, 22% saat mengemudi, 11% di tempat kerja, dan 8% saat berolahraga.

Panjang podcast biasanya memungkinkan pembahasan mendalam pada topik atau percakapan panjang antara dua orang.

Salah satu aspek paling menarik dari mendengarkan episode yang diunduh dari episode podcast adalah pendengar memiliki kontrol pemutaran.

Terutama jika mendengarkan podcast wawancara, jauh lebih mudah untuk memilih kecepatan Anda sendiri dan dapat memundurkan dan memajukan dengan cepat.

Sebagai pemilik bisnis, belajar memulai podcast adalah sesuatu yang harus kamu pertimbangkan untuk membantu menjangkau audiens yang terus bertambah ini dan memperluas bisnis melalui pemasaran konten.
 

Kamu tidak perlu menjadi orang yang sangat teknis, juga tidak memerlukan banyak uang untuk mempelajari cara membuat podcast. (Photo by Kate Oseen on Unsplash)

Kamu tidak perlu menjadi orang yang sangat teknis, juga tidak memerlukan banyak uang untuk mempelajari cara membuat podcast. (Photo by Kate Oseen on Unsplash)


1. Podcasting dapat mempertemukan kita dengan orang-orang berpengaruh.
Dilansir melalui Podcast Engineer, jika kamu ingin alasan yang tepat untuk bertemu orang-orang penting dan berpengaruh di industri yang digeluti cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mencoba dan mengundang mereka untuk menjadi tamu di podcastmu.

Dengan promosi dan pitching yang bagus, kamu bisa dengan mudah meyakinkan pihak berwenang di industri untuk mengunjungi acaramu dan memberikan konten kredibel untuk audiens.

2. Membantu niche berkembang.
Dengan podcasting menjadi lebih populer, banyak yang sekarang menganggapnya sebagai tempat yang ideal untuk menjangkau dan membantu orang-orang di ceruk (niche) yang mereka sukai.

Mengingat bahwa ada bersemangat tentang advokasi dan pesan yang ingin kalian sampaikan, sebagai podcaster kamu pasti dapat membuat perbedaan sekecil apa pun.

3. Menjangkau audiens yang berbeda.
Kemungkinan sebagai individu atau pemilik bisnis, GenHype juga sudah memiliki blog atau aku  sosial media dan pengikut yang ingin konten disampaikan secara berbeda.

Tidak dapat disangkal bahwa podcasting adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens.

Ini juga merupakan pilihan ideal untuk orang-orang yang sedang bepergian--mereka dapat mendengarkan podcast saat mengemudi atau melakukan sesuatu yang lain. Cara ini akan membuat konsumsi informasi lebih lancar.

4. Ada begitu banyak orang yang membutuhkan konten harian yang berbobot.
Saat ini ada begitu banyak konten diproduksi di berbagai platform baik untuk kebutuhan promosi atau pemantik diskusi, sayangnya tidak semuanya memiliki konteks dan bobot berkualitas.

Dengan menjadi podcaster, kamu bisa membuat perubahan dengan mengkurasi konten sesuai niche dan preferensi audiens. Gimmick dan cara-cara hardsell saat ini justru tidak disukai audiens.

Saat ini juga sudah banyak podcaster ini tidak hanya banyak dijadikan contoh, tetapi mereka juga sering membuat konten yang telah membantu mengubah banyak kehidupan termasuk diri mereka sendiri.

5. Terkadang, podcast adalah sumber terbaik untuk belajar.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika kalian ahli dalam sesuatu atau bidang apa pun--bahkan ahli dalam trik sulap, kamu pasti dapat memulai podcast.

Kami benar-benar percaya bahwa setiap dari kita memiliki cerita, ide, dan keterampilan unik, yang perlu didengar oleh seseorang di luar sana.

Kamu mungkin belum pernah mengetahuinya, tetapi kamu mungkin saja mengubah hidup seseorang hanya dengan membagikan kecemerlanganmu melalui podcast.

6. Podcast menampilkan kreativitas kita.
Mengapa mendengarkan podcast yang membosankan ketika kamu dapat membuatnya sendiri? 

Dengan podcasting, kamu dapat membawa acaramu ke tempat yang diinginkan dan bisa menjad sekreatif yang kamu inginkan.

Buat konten yang unik, lakukan sendiri atau bersama mitra dan tamu.

Lakukan pembicaraan dramatis atau monolog, kamu pada dasarnya dapat melakukan apa saja!

Selama kamu memberikan sesuatu yang bernilai, podcaster dapat berharap untuk membangun pengikut setia yang tidak sabar untuk mendengar apa yang akan dibagikan selanjutnya.

Bagaimana, GenHype? Apakah sudah siap memulai podcastmu sendiri?


Editor: Indyah Sutriningrum

 

SEBELUMNYA

Harus di Rumah Saja? Yuk Wisata Kuliner dari Rumah

BERIKUTNYA

Berpulang, Intip Beberapa Ramalan Mbak You di Tahun 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: