Al-Qur'an dan tasbih (Sumber foto: freepik)

Jadwal Lengkap Puasa Sunnah Iduladha dan Keutamaan Bulan Dzulhijjah

10 June 2024   |   14:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Like
Bulan Dzulhijjah adalah salah satu waktu paling suci dalam kalender Islam. Pada bulan ini, umat Islam meningkatkan spiritualitasnya dengan dua peristiwa penting, yakni Haji dan Iduladha yang semuanya sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT.

Kementerian Agama (Kemenag) sendiri telah menetapkan bahwa awal Dzulhijjah 1445 H jatuh pada 8 Juni 2024. Penetapan ini menjadi panduan untuk menentukan jadwal puasa Dzulhijjah tahun 2024. Setelah bulan suci Ramadan, kita dianjurkan untuk terus meningkatkan amal dan ibadah. Sepuluh hari pertama Dzulhijjah ini akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan pahala besar, pengampunan dosa, dan mendapatkan ketakwaan yang tinggi.

Baca juga: Buat Pengingat Genhype, Ini Niat & 7 Sunah Sebelum Salat Iduladha

Bulan Dzulhijjah tidak hanya dikenal sebagai bulan haji tetapi juga bulan perayaan Iduladha yang penuh berkah. Pada hari Iduladha, setiap orang yang mampu dianjurkan untuk berkurban seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim a.s. sebagai bentuk pengabdian kepada Allah Swt. dan untuk membantu mereka yang membutuhkan.
 

Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Meskipun setiap bulan puasa memiliki keistimewaannya tersendiri, puasa sunnah di bulan Dzulhijjah memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki bulan lainnya. Salah satu keutamaannya adalah pahala berlipat ganda yang diperoleh saat menjalankan puasa di bulan ini. Rasulullah Saw bersabda bahwa puasa satu hari di bulan Dzulhijjah setara dengan puasa satu tahun penuh. Tidak hanya itu, puasa sunnah juga memiliki keistimewaan menghapus dosa selama dua tahun. Ketiga, puasa di hari Arafah yang merupakan salah satu hari teristimewa di bulan Dzulhijjah dapat mengantarkan hamba kepada pengampunan Allah dan pembebasan dari siksa neraka.


Jadwal Lengkap Puasa Sunnah Dzulhijjah

Menurut penjelasan Syekh Zakaria al-Anshari dalam Asnâ al-Mathâlib yang dilansir melalui laman NU Online, disunnahkan untuk berpuasa pada tanggal satu hingga sembilan Dzulhijjah. Puasa disunnahkan dari tanggal satu hingga tujuh baik bagi orang yang sedang menunaikan ibadah haji maupun tidak. Namun, pada tanggal delapan (hari Tarwiyyah) dan sembilan (hari 'Arafah), puasa hanya disunnahkan bagi mereka yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji.
  • 1 Dzulhijjah: 8 Juni 2024
  • 2 Dzulhijjah: 9 Juni 2024
  • 3 Dzulhijjah: 10 Juni 2024
  • 4 Dzulhijjah: 11 Juni 2024
  • 5 Dzulhijjah: 12 Juni 2024
  • 6 Dzulhijjah: 13 Juni 2024
  • 7 Dzulhijjah: 14 Juni 2024
  • 8 Dzulhijjah (Puasa Tarwiyah): 15 Juni 2024
  • 9 Dzulhijjah (Puasa Arafah): 16 Juni 2024
  • Hari Raya Iduladha 1445 H: 17 Juni 2024


Niat Puasa Sunnah Dzulhijjah 

Puasa tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah memiliki niat yang sama, yakni disebut puasa Dzulhijjah. Adapun lafal niatnya sebagai berikut:

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta'ala.
Artinya: Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta'ala.
 

Niat Puasa Tarwiyah

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala.
Artinya: Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta'ala.


Niat Puasa Arafah 

Niat puasa arafah tidak harus dilafalkan, tetapi butuh ketulusan dan sungguh-sungguh sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Nawaitu shauma yauma 'arafata sunnata-lillahi ta'ala.
Artinya: Saya berniat puasa Arafah sunah karena Allah Ta'ala.

SEBELUMNYA

Fakta Menarik EURO 2024: Turnamen Eropa ke-6 Bagi Cristiano Ronaldo

BERIKUTNYA

Kisah Alice Norin Bangun Bisnis Fashiontoday, dari Reseller hingga Punya Ratusan Pekerja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: