Olahan Daging Kambing (Sumber Foto: Freepik)

5 Olahan Daging Kambing untuk Sajian Hari Raya Iduladha

16 June 2024   |   08:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Sebentar lagi umat muslim di seluruh Indonesia akan menyambut Hari Raya Iduladha atau yang juga disebut dengan Lebaran Haji. Mereka yang mampu akan melaksanakan kurban sebagai bagian dari ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Biasanya hewan kurban yang disembelih adalah kambing, domba, sapi, atau unta.

Oleh karenanya, pada momen tersebut, orang-orang akan memasak daging kambing dan disajikan untuk keluarga atau dibagikan ke tetangga. Daging kambing sendiri bisa diolah menjadi beragam jenis masakan yang lezat. Nah Genhype, yuk simak beberapa olahan daging kambing yang bisa dimasak saat Hari Raya Iduladha.

Baca juga: Cara Mengempukkan Daging Sapi & Kambing Biar Tidak Alot saat Dimakan
 

1. Sate Kambing

Memasak sate kambing sangat mudah. Pertama daging kambing dipotong kecil-kecil, dibumbui rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar bubuk, kecap manis, minyak goreng, garam, dan merica. Selanjutnya bisa dimarinasi selama minimal 30 menit agar bumbu meresap. Daging kambing lalu ditusuk dan dibakar, kemudian disanikan dengan bumbu kacang atau kecap.
 

2. Gulai Kambing

Gulai kambing terdiri dari daging kambing yang dimasak dalam kuah santan yang kental dan berempah. Hidangan ini terkenal dengan rasanya gurih dan kaya rempah-rempah yang harum dan menggugah selera. Adapun rempah-rempah yang digunakan seperti kunyit, jahe, lengkuas, serai, dan daun salam. Gulai kambing lebih nikmat dihidangkan panas-panas dengan nasi putih atau lontong.
 

3. Tongseng Kambing

Tongseng adalah potongan daging kambing yang dimasak dalam kuah berempah yang gurih dan manis. Hidangan ini memiliki rasa khas dari campuran rempah-rempah, santan, kecap manis. Biasanya dilengkapi dengan sayuran seperti kol dan tomat. Tongseng sering kali disajikan dengan nasi putih.

Tongseng kambing memiliki kuah yang lebih kental dibandingkan gulai. Rasanya cenderung lebih manis dan gurih karena ditambahkan kecap manis. Masakan ini sangat populer di daerah Jawa Tengah, terutama di Solo dan sekitarnya
 

4. Kambing Guling

Kambing guling adalah daging kambing utuh yang dipanggang di atas bara api atau rotisserie sampai matang dengan sempurna. Sebelumnya, daging kambing yang sudah dibumbui lalu dipanggang dengan cara diputar-putar supaya matang merata, serta menghasilkan daging yang lembut, juicy, dan beraroma khas.

Bumbu marinasi yang biasa digunakan adalah bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas. Campur dengan ketumbar bubuk, jintan bubuk, lada hitam bubuk, garam, gula merah, kecap manis, dan cabai merah. Tambahkan juga serai, daun jeruk, dan daun salam yang sudah dimemarkan. Supaya lebih meresap sebaiknya dimarinasi 4-5 jam.
 

5. Kari Kambing

Kari kambing adalah daging kambing yang dimasak dengan bumbu kari, santan, dan rempah-rempah seperti serai, daun salam, daun jeruk, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh. Bumbu-bumbu ini dicampur dengan santan atau yogurt untuk memberikan kekayaan rasa dan kekentalan pada sausnya. Kari kambing seringkali dihidangkan dengan nasi atau roti, seperti roti canai atau naan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Resort Mewah di Sanur Bali yang Bikin Betah Staycation

BERIKUTNYA

realme GT 6 Siap Meluncur 20 Juni di Indonesia, Simak Spesifikasi dan Perkiraan Harganya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: