Ilustrasi dapur- Roam In Color (Unsplash)

5 Hal Ini yang Paling Bikin Dapur Terlihat Berantakan

06 June 2021   |   16:15 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dapur adalah salah satu ruangan yang paling sibuk di rumah, karena sering digunakan untuk kegiatan masak-memasak atau lainnya. Meski begitu, kebersihan dan kerapihan dapur juga perlu dijaga agar tetap terasa nyaman dan sehat. 

Sadar atau tidak, bukan hanya karena sering digunakan untuk kegiatan masak, nyatanya dapur sering terlihat berantakan karena penataan yang kurang tepat. Alih-alih dapur terlihat instagramable, kita tak jarang menaruh berbagai aksesoris di sana.

 atau jika tidak terlampau banyak. Alhasil yang terjadi, dapur tampak kacau. 

Itu hanyalah satu dari beragam persoalan yang membuat dapur kacau. Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang membuat dapur menjadi terlihat berantakan sehingga perlu sering dibersihkan dan dirapikan menurut beberapa pakar stylish interior.

1. Terlalu banyak dekorasi
Salah satu penyebab berantakan adalah terlalu banyak dekorasi yang dipajang di sekitar dapur. Mendekorasi dapur seringkali bisa membuat berantakan jika tidak dilakukan dengan cara yang benar. Alih-alih mempercantik ruangan dengan pernak-pernik dekorasi, dapur malah terlihat menjadi tidak rapi.

2. Memakai rak terbuka
Memiliki rak terbuka  di dapur dapat menyebabkan berantakan jika rak tidak diatur secara menarik. Sebab, dengan rak terbuka di dapur, kamu harus memperhatikan semua barang-barang yang dipajang. Kamu perlu memisahkan kelompok perabotan yang sering dan jarang dilakukan ke dalam masing-masing bagian dari rak. Solusi lainnya, kamu juga bisa memilih peralatan makan yang unik dan cantik untuk dipajang di rak terbuka.

3. Piring yang terlalu banyak menumpuk
Terlalu banyak menumpuk peralatan makan adalah salah satu penyebab terbesar dapur terlihat berantakan. Sebagai gantinya, manfaatkan ruang vertikal di lemari kamu. Padahal, ada beberapa ruang di antara rak-rak yang bisa ditambahkan sebagai penambah rak. Prioritaskan ruang yang mudah dijangkau untuk barang yang paling sering  digunakan.

4. Tidak memanfaatkan secara maksimal ruang kulkas
Salah satu pakar stylish interior mengatakan kebanyakan orang belum menyesuaikan laci dan rak lemari es untuk sebagai tempat penyimpanan sehingga membuang banyak ruang. Padahal, setiap kompartemen pintu, rak, dan laci dibuat untuk dapat disesuaikan dengan keperluannya.

5. Menjadikan countertops sebagai tempat penyimpanan
Penyebab terbesar kekacauan di dapur adalah ketika meja digunakan untuk tempat penyimpanan. Biasanya, kebanyakan orang secara sembarangan menaruh bekas sisa makanan dan peralatan makanan yang membuat countertops menjadi berantakan. Solusinya, sediakan nampan di dapur untuk menampung barang-barang kecil atau wadah penyimpanan yang bersih dan kedap udara.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Wow! Seniman Italia Ini Sukses Menjual Patung Tak Kasat Mata Seharga US$18.000

BERIKUTNYA

Makanan & Minuman Ini Bantu Percepat Redakan Flu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: