Desain Rumah (Sumber Foto: Freepik)

4 Ide Desain Rumah Tanpa Pagar yang Estetis, Dihiasi Tanaman dan Kolam Ikan

02 June 2024   |   10:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Desain rumah tanpa pagar selalu menjadi favorit orang-orang yang menyukai tampilan bersih, minimalis, dan modern. Tanaman bisa tumbuh lebih leluasa tanpa terhalang pagar, sehingga menghadirkan sirkulasi udara yang lebih baik bagi penghuni rumah.

Bagian depan rumah jadi terasa lebih luas dan lapang. Bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas, seperti bermain, bersantai, atau berkebun. Interaksi dengan tetangga dan komunitas sekitar juga akan meningkat, seigga menciptakan lingkungan yang ramah dan nyaman.

Baca juga: 5 Ide Taman Samping Rumah yang Bikin Hunian Kalian Terasa Asri & Nyaman

Selain itu, rumah tanpa pagar dengan desain yang menarik dapat memiliki daya tarik tersendiri di pasar properti, khususnya bagi pembeli yang menyukai konsep terbuka dan modern. Nah Genhype, berikut ide desain rumah tanpa pagar yang estetis.
 

1. Membuat Jalan Setapak dengan Batu atau Kayu

Buatlah jalan setapak dari halaman depan ke pintu masuk. Gunakan batu alam dengan bentuk dan ukuran yang beragam untuk menciptakan pola yang unik. Bisa juga memadukan kerikil dengan stepping stones (batu pijakan) untuk menciptakan jalan setapak yang estetis. 

Pilih stepping stones dengan ukuran yang cukup besar untuk diinjak. Apabila ingin nuansa yang lebih tradisional bisa menggunakan papan kayu atau balok kayu yang disusun secara horizontal atau vertikal.
 

2. Membuat Taman di Halaman Rumah

Ciptakan taman di halaman depan berbagai konsep menarik. Misalnya taman bertema tropis yang diiasi dengan berbagai tanaman berdaun lebar dan bunga berwarna cerah. Seperti palem, monstera, heliconia. Bisa juga membuat taman bergaya Zen ala Jepang yang memberi kesan tenang dan damai dengan elemen-elemen minimalis dan harmonis. Tanamannya mulai dari bonsai, bambu mini, atau maple Jepang.
 

3. Membuat Kolam Ikan di Halaman

Kolam ikan yang dihiasi tanaman air akan memberi kesan sejuk dan tenang. Pilih lokasi yang mendapatkan cukup sinar matahari, namun tidak terlalu terik. Hindari lokasi di bawah pohon karena akan membuat daun-daun kering jatuh ke dalam kolam.

Untuk desainnye, tentukan yang sesuai dengan ukuran halaman dan gaya rumahmu misalnya seperti persegi, persegi panjang, lingkaran. Tambahkan ikan koi, ikan mas, dan ikan kecil seperti guppy. Hiasi dengan elemen dekoratif seperti bebatuan, tanaman air, dan lampu kolam supaya lebih estetis.
 

4. Buat Pagar dari Tanaman

Bagi kamu yang ingin tetap menjaga privasi, kini bisa menggunakan tanaman sebagai pengganti pagar. Pilihlah beberapa tanaman seperti bonsai, boxwood, atau bambu hias. Kamu bisa menanam pohon-pohon tersebut dalam pot lalu di jejerkan di depan rumah.

Selain itu, bisa juga menanam tanaman merambat sebagai pengganti pagar. Sebelumnya, siapkan struktur pendukung seperti kawat, trellis, atau pergola untuk tanaman merambat agar dapat tumbuh dengan baik. Jenis tanaman yang bisa dipilih seperti Bugenvil, Daun Dolar, Morning Glory, Mandevilla, Melati, dan Sirih Merah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

6 Girl Group K-Pop Masuk Daftar 21 Grup Wanita Terbaik Sepanjang Masa Versi Teen Vogue

BERIKUTNYA

Menikmati Cookie Shot Lokal ala Doux Batter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: