Ilustrasi anak SMA (Sumber gambar: Unsplash/ Ed Us)

Perhatikan Cara Daftar & Aktivasi Akun PPDB 2024 Agar Lolos Seleksi

12 June 2024   |   18:10 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 untuk jenjang SMA dan SMK di sejumlah provinsi sudah mulai dibuka. PPDB pun menjadi salah satu agenda besar tahunan bidang pendidikan lantaran penerimaan siswa baru di setiap jenjang sekolah dilakukan serentak secara daring (online).

Siswa dan siswi yang telah dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan ingin melanjutkan ke SMA atau SMK dapat mulai mempersiapkan diri. Calon peserta didik baru ini dapat memilih sekolah favorit mereka sesuai dengan jalur yang tersedia.

Baca juga: Cek Cara Pilih Sekolah Favorit PPDB Jakarta Tahun 2024 yang Baru Resmi Dibuka

Setidaknya, ada empat jalur sebagai opsi para siswa dalam memilih sekolahnya. Pertama adalah jalur zonasi atau domisili terdekat. Kedua adalah afirmasi. Ketiga adalah prestasi. Keempat adalah perpindahan tugas orang tua.

Para siswa sebaiknya segera mendaftar akun PPDB dan mengaktivasinya ketika sudah dibuka. Hal ini agar membuat proses pendaftaran bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu, hal ini bisa menghindari penumpukan jika dilakukan pada hari-hari akhir pendaftaran.

Namun, sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya para siswa mempersiapkan seluruh dokumen administrasi terlebih dahulu. Dengan demikian, proses pendaftaran akun bisa berjalan lebih lancar.

Sebelum masuk ke website resmi PPDB, siswa sebaiknya menyiapkan buku rapor SMP atau sederajat. Kemudian siapkan Surat keterangan nilai rapor semester I-V SMP yang diterbitkan satuan pendidikan yang bersangkutan.

Jangan lupa, ijazah SMP atau surat keterangan yang setara, akta kelahiran, hingga karto keluarga yang sebaiknya disiapkan. Bagi yang memiliki piagam kejuaraan atau prestasi lain juga dapat dikumpulkan terlebih dahulu. Terutama, bagi kalian yang ingin mendaftar via jalur prestasi.

Jika sudah, segeralah masuk ke laman resmi PPDB masing-masing daerah. Sebab, setiap wilayah memiliki situs yang berbeda-beda. Misalnya, untuk Jakarta dapat mengakses ppdb.jakarta.go.id, sedangkan di Jawa Tengah dapat mengakses ppdb.jatengprov.go.id. Untuk daerah lain, bisa menyesuaikan dengan situs resmi masing-masing.

Setelah berhasil masuk ke situs resmi pendaftaran peserta didik, kalian bisa iikuti cara berikut untuk melakukan pendaftaran dan aktivasi akun PPDB 2024:


Aktivasi token/PIN

  • Cobalah untuk mengakses laman publik PPDB di kota masing-masing. Untuk Jakarta, bisa di https://ppdb.jakarta.go.id.
  • Segera lakukan aktivasi akun dengan cara klik tombol Aktivasi. Kemudian, masukkan Nomor Peserta.
  • Setelahnya, mengganti PIN/token dengan password.
  • Jika sudah selesai melakukan aktivasi PIN/token, Langkah selanjutnya ialah memilih pilihan sekolah tujuan.


Memilih Tujuan Sekolah

  • Untuk memilih tujuan sekolah, Anda dapat mengakses laman PPDB di kota masing-masing. Untuk Jakarta, bisa di https://ppdb.jakarta.go.id.
  • Setelah itu, login terlebih dahulu dengan cara input Nomor Peserta dan Password.
  • Anda dapat memilih sekolah tujuan. Setelah itu, jangan lupa untuk mencetak tanda bukti pemilihan sekolah tujuan.


Memantau Hasil Seleksi

  • Untuk memantau hasil seleksi, Anda dapat Kembali mengakses laman PPDB di kota masing-masing. Untuk Jakarta, bisa di https://ppdb.jakarta.go.id.
  • Pilihlah jenjang dan jalur yang sesuai dengan data diri.
  • Klik menu seleksi. Kemudian, dilanjutkan melihat sekolah pilihan.


Lapor Diri secara Daring

  • Anda dapat mengakses laman PPDB sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  • Login dengan cara input Nomor Peserta dan Password
  • Klik tombol Lapor Diri.
  • Cetak tanda bukti lapor diri.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Hal yang Perlu Disiapkan Jelang Pengumuman UTBK SNBT 2024

BERIKUTNYA

6 Inspirasi Desain Dapur Mungil untuk Rumah Subsidi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: