Gim arcade (Sumber foto: unsplash.com/@ben_neale)

4 Game Arcade yang Bikin Gen Z Bernostalgia Masa Kecil

12 June 2024   |   21:53 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Meski mayoritas Gen Z sekarang memilih untuk bermain gim dengan konsol atau perangkat lainnya, saat kecil pasti mereka sering bermain gim arcade di pusat hiburan. Tentu rasa kepuasannya akan berbeda, karena setelah bermain, Genhype bisa membawa pulang sesuatu. Entah itu kartu atau tiket yang dapat ditukarkan dengan hadiah. 

Tentu gim arcade ini bervariasi di seluruh arena arcade di Indonesia, namun terdapat beberapa gim yang masih menyimpan nilai nostalgia tinggi untuk kalangan Gen Z. Terutama karena adanya memorabilia yang dapat dikoleksi seperti pada gim arcade Animal Kaiser dan Love and Berry. 

Baca juga: Serial Upin & Ipin Diadaptasi Jadi Game, Bakal Rilis di PS4 dan Nintendo Switch

Namun, kabar kurang baik datang bagi penggemar berat gim arcade ini, karena keberadaannya sudah cukup langka. Maka dari itu, bagi Genhype yang ingin kilas balik bersama dengan gim masa kecil, yuk  simak 4 gim arcade yang bisa buat Gen Z bernostalgia.
 

1. Animal Kaiser


Dikembangkan oleh Bandai Namco Entertainment Inc, Animal Kaiser adalah gim arcade yang menggunakan kartu digital di mana para pemain bisa memilih berbagai jenis hewan untuk bertarung dengan satu sama lain, atau melawan bot. Ada 3 jenis kartu yang bisa dikumpulkan, yakni Animal card untuk memilih hewan, strong card untuk meningkatkan atribut mereka, dan miracle card untuk serangan khusus. 

Setelah scan semua kartu, gim ini menggunakan mekanisme seperti mesin slot, di mana pemain akan menekan tombol untuk menentukan nilai serangan dan kekuatan serangan mereka. Pemain dengan kekuatan serangan yang lebih tinggi akan memenangkan ronde tersebut.

Permainan akan berlanjut hingga salah satu pemain kehabisan poin darah, dan dianggap kalah. Jika Genhype bermain Animal kaiser melawan bot, setelah permainan selesai mesin tersebut akan mengeluarkan satu kartu secara acak.

Kartu-kartu ini lah yang menjadi esensi keseruan Animal Kaiser, karena memiliki kelangkaan yang berbeda sehingga bisa ditukar atau diperjualbelikan. Di puncak popularitasnya, beberapa pusat hiburan sempat membatasi beberapa kali seorang pemain bisa menggunakan mesin Animal Kaiser demi kenyamanan pemain lainnya.


2. Love and Berry



Sama seperti Animal Kaiser, gim arcade Love and Berry juga mengeluarkan kartu yang dapat dikumpulkan oleh para pemain. Alih-alih hewan bertarung dengan satu sama lain, gim ini berfokus pada berdandan seperti memadu padankan pakaian dan dance battle. Jadi, game keluaran Sega ini lebih ditargetkan untuk gadis-gadis muda saat dirilis di tahun 2004. 

Dalam gim ini, pemain bisa memilih 3 karakter, Love, Berry, atau Miesha. Kemudian scan Fashion Magic Card untuk mengubah penampilan mereka. Terdapat berbagai jenis kartu dalam gim ini termasuk pakaian, model rambut, riasan wajah, alas kaki, dan aksesori. 

Setelah mempercantik karakter, bot atau pemain lain akan menantang Genhype untuk berdansa di sebuah pesta. Untuk menang, pemain harus menekan tombol sesuai irama lagu untuk mendapatkan poin dansa. Setelah itu, gim ini akan memberikan fashion rating dan menghitung poin penampilan selama dance battle, untuk menentukan siapa pemenangnya. Sama halnya seperti Animal Kaiser, Genhype juga bisa mendapatkan kartu di akhir ronde permainan.


3. Time Crisis 


Time Crisis adalah serial gim arcade bertipe first-person on-rails light gun shooter, di mana para pemain bisa menembak pistol dan sensor akan menangkap inputnya ke dalam gim. Biasanya, para pemain harus menyelesaikan misi dalam batas waktu yang ketat dan mengalahkan beberapa musuh terkuat pada setiap tahapan.  

Meski controller Time Crisis berupa pistol, pemain bisa memilih opsi senjata lain seperti Uzi, Machine gun, granat, sniper dan rocket launcher. Tak hanya itu, terdapat sebuah pedal dekat kaki pemain. Jika diinjak, karakter pemain dalam gim bisa berlindung dari hujanan peluru, namun tidak bisa menembak. Tentu mekanik ini membutuhkan koordinasi mental yang baik. 

Sejak 1996, Namco sudah mengembangkan 5 gim mainline, 4 gim spin-off, dan 4 gim mobile dari serial Time Crisis. Namun yang paling populer adalah Time Crisis 4, dimana dua pemain bisa bekerja sama untuk menyerang musuh dari berbagai sudut. 


4. Pump It Up


Beda dari tiga gim sebelumnya, serial gim Pump It Up dikembangkan dan dirilis oleh Andamiro, produsen gim arcade asal Korea Selatan.  Gim ini sendiri berbasis musik, di mana pemain harus menginjak empat panah pada platform mesin, dalam waktu dan kombinasi yang tepat sesuai alunan musik. 

Saat memulai, gim ini akan menanyakan apakah pemain bermain sendiri atau berdua. Setelah itu, pemain bisa memilih mode permainan, tingkat kesulitan, dan lagu menggunakan panah dan tombol pada platform mesin ini. 

Baca juga: Populer Lagi, Cek 4 Faction di Game Fallout 4

Uniknya setiap lagu memiliki kecepatan dan tingkat kesulitan sendiri, yang memicu bagian kompetitif dari gim ini di antara para pemainnya. Tak hanya itu saja,  pemain bisa menyimpan progress dan ranking mereka menggunakan USB flash drive atau kartu A.M. PASS. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

6 Inspirasi Desain Dapur Mungil untuk Rumah Subsidi

BERIKUTNYA

Pilihan Destinasi Wisata di Jabodetabek yang Menarik Dieksplorasi Selama Libur Sekolah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: