Ilustrasi dapur kecil (Sumber gambar: Unsplash/Clay Banks)

5 Cara Membuat Dapur Mungil Kalian Terasa Luas Tanpa Harus Membongkarnya

06 June 2022   |   14:48 WIB

Sejak pandemi Covid-19 menyerang bumi, praktis sebagian besar aktivitas kita dilakukan di rumah. Salah satu area yang tampak sibuk selama pandemi ini adalah dapur. Di sana kita biasa menghabiskan waktu mengusir kebosanan atau kejenuhan dengan memasak. 

Namun, beberapa orang tidak dapat beraktivitas secara leluasa di dapur mereka. Hal ini karena keterbatasan ruang pada area dapur. Berbagai cara dilakukan para penghuni, baik yang tinggal di apartemen maupun rumah untuk membuat dapurnya tampak lebih lapang. 

Terkait hal ini, Hypeabis sudah menghimpun tips agar dapur kalian yang mungil tampak terasa luas. Dihimpun dari Bisnis Indonesia Weekly edisi 24 Januari 2016, simak informasinya berikut ini: 
 

1. Siasati dengan backplash

Anda harus mempertimbangkan penggunaan backsplash pada dinding dapur anda. Backplash merupakan dinding yang dipasang pada sepanjang kitchen set. Pada dapur yang tidak terlalu luas, dapat menggunakan backsplash bermaterial kaca. Pasalnya, kaca dapat membantu memantulkan cahaya yang memberikan kesan luas pada dapur.

Penggunaan backsplash berbahan kaca sangat berguna saat dapur kalian kekurangan cahaya. Kaca dapat membantu membuka ruang dan memantulkan cahaya di sekitar ruangan. Dengan begitu, dapur akan lebih enak dipandang daripada melihat dinding yang polos.
 

2. Gunakan warna cat cerah

Selanjutnya hal yang harus dilakukan untuk memberikan kesan lebar di dapur kalian adalah menggunakan warna cat cerah baik pada dinding, seperti putih, peach, atau krem. Warna yang bersifat cerah dapat membantu visual untuk memberikan kesan luas pada ruangan.
 

3. Rak terbuka boleh juga

Kalian dapat menggunakan rak terbuka. Pilihan rak ini akan memudahkan kalian untuk mengambil peralatan dapur dan membuat dapur lebih luas. Rak terbuka sangat fungsional. Namun, perlu diingat penggunaan rak ini disesuaikan dengan kebutuhan ruang. Artinya jangan sampai, rak ini justru mempersempit dapur kalian. 
 

4. Perhatikan lantai dapur

Pengaplikasian pola atau corak tertentu di tempat-tempat yang tak terduga seperti lantai dapur dapat mempengaruhi visual sehingga juga dapat memberikan kesan luas pada dapur. Lantai dapur memang seringkali diabaikan. Padahal, itu adalah tempat yang sempurna untuk mengaplikasikan elemen desain yang berdampak besar. Lantai bermotif akan memberikan ilusi luas bagi ruangan. 
 

5. Jangan gelap-gelapan di dapur

Hal ini terkait dengan permainan cahaya. Penggunaan cahaya yang baik adalah hal yang sangat penting saat memasak. Khusus area dapur, jangan berhemat pada pencahayaan. Pemanfaatan cahaya maksimal dapat membuat area dapur terasa luas. Selain menggunakan lampu, kalian juga bisa memanfaatkan pencahayaan alami untuk hal ini. 

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Simak 7 Langkah Membuat Rooftop Garden di Rumah, Tempat Buat Kalian Healing

BERIKUTNYA

Lakukan Cara Mudah Ini untuk Menciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: