Timnas Indonesia dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Update Klasemen Timnas Indonesia di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

11 September 2024   |   08:07 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Matchday kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akhirnya telah rampung digelar. Tim nasional (timnas) Jepang masih perkasa di puncak klasemen, sedangkan timnas Indonesia harus berpuas diri masih berada di posisi keempat.

Dalam matchday kedua itu, timnas Indonesia menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024) malam WIB. Duel kedua tim berlangsung sangat seru dan menegangkan dari awal hingga akhir pertandingan.

Baca juga: Catatan Sangar Timnas Indonesia saat Main di GBK, Punya Rekor 9 Kemenangan

Bermain di kandang sendiri, skuad Garuda mengambil inisiatif menyerang. Tim arahan pelatih Shin Tae Yong ini berhasil tampil mengejutkan dan mendapatkan sejumlah peluang, terutama di lima menit awal.

Namun, eksekusi bola yang belum maksimal membuat peluang-peluang Ragnar Oratmangoen dan kawan-kawan belum berbuah hasil. Di sisi lain, Australia yang tampak menahan diri akhirnya mulai menemukan ritme permainannya.

Memasuki menit ke-10, situasi agaknya mulai berbalik. Tim berjuluk Socceroos itu makin berani menekan Indonesia dan mendominasi laga. Beberapa peluang mampu dihasilkan Australia. Kendati, mereka pun masih memiliki masalah penyelesaian.

Barisan pertahanan Indonesia yang kokoh juga membuat Australia tidak bisa membobol gawang Indonesia. Padahal, serangan Australia terus berjalan tiada henti hingga babak kedua berakhir.

Dalam pertandingan ini, kiper timnas Indonesia Maarten Paes kembali jadi sorotan. Pasalnya, kiper asal FC Dallas tersebut berkali-kali mampu mementahkan sejumlah peluang lawan. Hingga peluit panjang dibunyikan, laga Indonesia dan Australia harus berakhir dengan skor 0-0.
 

Dengan hasil tersebut, Indonesia kembali menuai satu angka yang cukup penting. Pasalnya, Australia adalah tim kuat yang kini berada di peringkat ke-24, sedangkan ranking Indonesia masih di posisi 133.

Sementara itu, pada laga lain, timnas Arab Saudi berhasil meraih kemenangan perdananya setelah mengalahkan China dengan skor 2-1. Peringkat Arab Saudi pun langsung melesat berkat tambahan tiga poin ini.

Kemudian, timnas Jepang juga lagi-lagi tampil perkasa dengan menang 5-0 atas Bahrain. Hasil ini membuat mereka menjadi satu-satunya tim di Grup C yang belum pernah terkalahkan.

Melihat dari pertandingan matchday kedua ini, Indonesia masih harus berpuas diri dengan menempati urutan keempat. Posisi Indonesia belum berubah sejak matchday pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dimulai.

Berada di posisi keempat saat ini bukanlah hal yang buruk. Jika masih mempertahankan posisi ini, Indonesia punya asa besar untuk melaju setidaknya ke putaran keempat.

Baca juga: Ulasan Indonesia vs Australia: Aksi Maarten Paes dkk Efektif Tahan Gempuran The Socceroos

Sebagai informasi, peringkat pertama dan kedua akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2026, sedangkan peringkat ketiga dan keempat akan bertanding lagi di putaran keempat. Adapun peringkat kelima dan keenam langsung gugur.

Klasemen Sementara Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
  1. Timnas Jepang: 6 Poin
  2. Timnas Arab Saudi: 4 Poin
  3. Timnas Bahrain: 3 Poin
  4. Timnas Indonesia: 2 Poin
  5. Timnas Australia: 1 Poin
  6. Timnas China: 0 Poin
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Kiat Bikin Dapur Semi Outdoor, Cocok Buat Desain Rumah Minimalis

BERIKUTNYA

5 Tips Membuat Ayam Krispi yang Renyah dan Garing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: