Koleksi enam jersey bersejarah yang dipakai Lionel Messi di Piala Dunia 2022 (Sumber gambar: Sotheby's)

6 Jersey Lionel Messi di Piala Dunia 2022 Terjual Rp120,8 miliar

20 December 2023   |   06:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Koleksi enam jersey bersejarah yang dipakai Lionel Messi di Piala Dunia 2022 laku seharga US$7,8 juta atau setara Rp120,8 miliar. Satu set jersey dari legenda hidup sepak bola tersebut terjual melalui lelang yang digelar oleh rumah lelang ternama Sotheby’s.

Keenam jersey Timnas Argentina yang pernah dipakai Messi ini berasal dari pertandingan berbeda-beda. Mulai dari laga final, semifinal, perempat final, babak 16 besar, dan dua pertandingan saat Argentina masih berada di fase grup.

Baca juga: Bisnis Menggiurkan Jersey & Apparel Tim Sepak Bola

Jersey tersebut bisa dibilang sangat bersejarah karena menemani La Pulga meraih impiannya membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia. Diketahui, beberapa jersey masih menyisakan noda bekas dipakai dari striker 36 tahun tersebut.

Melalui catatan katalognya, Sotheby’s menyebut seragam pertandingan tersebut adalah artefak warisan dari Messi. Jersey ini melambangkan puncak karier yang dipenuhi kerja keras untuk mewujudkannya. Sebuah hasrat abadi terhadap permainan indah yang berujung manis.

Jersey ini juga menjadi pengingat akan sebuah sejarah besar yang tercipta. Sebab, perjalanan Messi di Piala Dunia 2022 lebih dari sekadar kemenangan. Semua yang dilaluinya telah memancing inspirasi bagi generasi sepak bola setelahnya, utamanya para penggemarnya yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Terlebih, proses Messi meraih gelar juara bersama Argentina tidak datang dengan mudah. Sebab, kompetisi antarnegara sangat berbeda dengan kejuaraan antarklub, sesuatu yang terasa lebih familiar bagi Messi.
 

Koleksi enam jersey bersejarah yang dipakai Lionel Messi di Piala Dunia 2022 (Sumber gambar: Sotheby's)


Namun, sejarah mencatat bahwa Messi telah menorehkan namanya di puncak sejarah sepak bola sebagai yang terhebat sepanjang masa. Selama kariernya, dia telah memenangkan hampir seluruh kompetisi bergengsi di dunia, baik di level klub maupun negara.

Banyak pengamat juga mengatakan bahwa Messi telah menyelesaikan sepak bola dengan sebaik-baiknya ketika piala paling bergengsi di sepak bola berhasil diangkatnya pada Desember 2022 lalu.

Di tahun-tahun mendatang, kaus ini bakal menjadi pengingat penting tentang kehebatan La Pulga dan jejaknya yang tak akan pernah terhapuskan di dunia sepak bola. Jersey yang dipakai sepanjang paruh pertama setiap pertandingan ini adalah sebuah simbol kemenangan dan ketekunan.

Proses lelang jersey Timnas Argentina yang dikenakan Lionel Messi tersebut berlangsung mulai 30 November hingga 14 Desember 2024. Selama rentang waktu tersebut, kolektor dan penggemar La Pulga mulai berebut melakukan penawaran.

Jersey ini pada awalnya diperkirakan akan terjual di atas US$10 juta. Namun, hal itu tak kunjung terjadi. Kostum legendaris ini akhirnya laku terjual di angka US$7,8 juta hingga proses lelang resmi ditutup.

Dengan demikian, harga lelang enam jersey Messi masih kalah dari kostum Maradona yang dipakai ketika melawan Inggris pada Piala Dunia 1986. Kaus tersebut terjual US$9,3 juta lewat proses lelang Sotheby’s.

Sebagai informasi, sebagian uang hasil lelang akan diserahkan kepada proyek UNICAS yang dipimpin Rumah Sakit Anak Sant Joan de Deu Barcelona.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Thomas Lionar dan Pesan Pembelajaran dari Pameran Clap

BERIKUTNYA

6 Pilihan Penginapan di Sekitar Jakarta International Stadium

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: