Pemain Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

6 Pemain Termahal Asia Tenggara yang Berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026

29 March 2024   |   14:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah negara di Asia Tenggara diperkuat oleh pemain terbaiknya dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Beberapa di antaranya mendapat sorotan bukan karena penampilannya saja yang apik, melainkan juga karena market value atau nilai pasar si pemain tersebut.

Mereka memiliki market value yang tinggi. Indikator tersebut kerap jadi tolok ukur kualitas pemain sepak bola modern. Sebab, penampilan dan kualitas seorang pemain biasanya akan berbanding lurus dengan nilai pasar yang dimilikinya.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Vietnam 26 Maret 2024

Market value yang dimiliki oleh pemain ditentukan oleh beberapa hal, dari performa, usia, hingga proyeksi peningkatan penampilan pemain ke depan. Namun, perlu diingat bahwa i kerap kali bergerak naik dan turun serta bukan jadi acuan dasar dalam bursa transfer. 

Kendati demikian, market value bisa menjadi gambaran untuk melihat seperti apa kekuatan sebuah tim yang dibela oleh pemain tersebut. Siapa saja pemain dengan market value tertinggi di Asia Tenggara berdasarkan laporan Transfermarket? Berikut nama-namanya:


1. Thom Haye

Thom Haye adalah pesepakbola asal Indonesia yang baru selesai dinaturalisasi pada Senin, (18/1/2024). Haye masuk ke dalam 26 pemain timnas Indonesia yang diproyeksikan Shin Tae-yong melawan Vietnam. Pemain kelahiran 9 Februari 1995 itu memiliki market value sebesar Rp52,14 Miliar per 28 Maret 2024.

Saat ini gelandang Timnas Indonesia tersebut membela klub Eredivisie Heerenveen. Kariernya sebagai pesepakbola terbilang cemerlang. Tidak hanya mampu menembus divisi utama Liga Belanda, Haye juga pernah membela timnas Belanda untuk level kelompok umur saat belum dinaturalisasi Indonesia.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Thom Haye (@thomhaye)

 

2. Jay Idzes

Jay Idzes menjadi pesepakbola termahal kedua di Asia Tenggara setelah Haye. Bek andalan Timnas Indonesia ini memiliki nilai pasar sebesar Rp24,33 miliar. Saat ini, Jay membela klub Seri B Venezia dan menjadi pemain andalan pula di sana.

Bek 191 cm ini sebelumnya berkewarganegaraan Belanda. Namun, dia memutuskan untuk membela tanah nenek moyangnya. Jay diketahui punya darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jay Idzes (@jayidzes)


3. Supachai Chaided

Supachai Chaided adalah seorang striker Timnas Thailand. Pemain kelahiran 1 Desember 1998 ini punya daya gedor tinggi. Dia bahkan jadi satu-satunya pemain Asia Tenggara yang masuk ke dalam jajaran top skor sementara pada ajang Piala Asia 2023 lalu.

Saat ini nilai pasar Chaided telah menembus Rp17,38 miliar. Di level klub, saat ini dia sedang membela klub Liga 1 Thailand Buriram United dan menjadi salah satu pemain paling berpotensi di kompetisi tersebut.


4. Chanathip Songkrasin

Chanathip Songkrasin atau lebih dikenal sebagai Jay adalah seorang pesepakbola profesional berkebangsaan Thailand. Saat ini Jay bermain di Liga 1 Thailand untuk klub bernama BG Pathum United. Penampilannya yang apik membuatnya jadi andalan Timnas Thailand.

Berposisi sebagai gelandang serang atau pemain sayap, Jay mampu menunjukkan performa yang konsisten sepanjang laga bersama Timnas Thailand. Hal ini membuatnya memiliki market value Rp17,38 miliar.


5. Suphanat Mueanta

Lagi-lagi pesepakbola profesional Thailand memiliki market value yang tertinggi di Asia tenggara. Suphanat Mueanta adalah pemain sayap kanan untuk negara berjuluk Gajah Putih tersebut. Saat ini Suphanat memiliki nilai pasar sebesar Rp13,91 miliar. Di level klub, dia kini sedang membela tim Liga Pro Belgia OH Leuven dengan status pinjaman dari Buriram United.
 


6. Dion Cools

Dion Johan Cools sejak 2021 mendapat panggilan untuk mewakili Timnas Malaysia. Namun, sebelum itu, Cools telah mencatatkan 28 penampilan bersama tim nasional junior Belgia. Cools memang sejak kecil sudah berkiprah di sepak bola Belgia.

Saat ini Cools memiliki nilai pasar sebesar Rp13,91 miliar. Di level klub, dia bermain sebagai bek kanan untuk tim Liga Thailand Buriram United. Dia juga kini menjadi bek andalan Timnas Malaysia.

Baca juga: UEFA Ubah Format Liga Champions 2024/2025, Begini Skema Baru Pertandingannya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

6 Tradisi Unik Paskah di Indonesia, Salah Satunya Semana Santa di Flores Timur

BERIKUTNYA

Akhirnya, Diablo 4 Sudah Tersedia di Xbox Game Pass

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: