Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

Melihat Peta Kekuatan Lawan Timnas Indonesia di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

28 June 2024   |   20:12 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Langkah tim nasional (timnas) Indonesia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia terasa makin berat. Berdasarkan hasil drawing di Kuala Lumpur, Malaysia, skuad Garuda tercatat berada di grup C bersama lima rival berat dari negara Asia lain.

Indonesia tergabung dalam Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China. Secara statistik, Indonesia adalah tim terlemah di grup ini. Hal tersebut membuat Indonesia harus bekerja ekstra keras sekaligus realistis melihat peluang yang ada.

Baca juga: Logo Timnas Indonesia dari Masa ke Masa

Namun, mengingat kualifikasi kali ini menggunakan format baru, peluang Indonesia lolos masih ada. Di putaran ketiga ini, dua tim teratas akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara itu, tim peringkat ketiga dan keempat berhak melaju ke putaran keempat untuk bertarung kembali bersama grup lain. Adapun peringkat kelima dan keenam akan otomatis gugur.

Lantas bagaimana peta kekuatan lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026? Berikut ulasannya


1. Jepang

 

Timnas Jepang adalah skuad yang paling diunggulkan di Grup C. Tim berjuluk Samurai Biru ini difavoritkan menyabet predikat juara Grup C dan akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Saat ini timnas Jepang berada di ranking 17 FIFA dan merupakan yang paling tinggi di Grup C. Tak hanya itu, Jepang juga adalah tim yang langganan lolos ke Piala Dunia, terutama dalam 7 edisi terakhir. Dalam edisi 2022, Jepang juga berhasil tampil mengejutkan engan mengatasi Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika serta menjadi juara grup E, sebelum kalah di babak 16 besar.

Jepang jelas akan menjadi lawan kuat bagi Indonesia. Kedua tim terakhir bertemu di babak fase grup Piala Asia 2023. Saat itu, Indonesia kalah dengan skor 1-3 atas Jepang.


2. Australia

 

Timnas Australia juga jadi skuad yang difavoritkan di Grup C. Australia dan Jepang diprediksi mampu melenggang mulus ke panggung Piala Dunia 2026. Sebab, kedua tim ini sudah jadi langganan peserta Piala Dunia.

Saat ini Australia tercatat sudah enam kali berlaga di Piala Dunia. Tim ini juga sekarang menduduki ranking 23 FIFA. Dalam Piala Dunia 2022, Australia juga berhasil menjadi runner up grup D di bawah Prancis dan lolos ke 16 besar. Meski akhirnya Australia dikalahkan Argentina di babak tersebut.

Australia juga akan menjadi lawan berat bagi Indonesia. Skuad Garuda terakhir kali bertemu dengan Australia di babak 16 besar Piala Asia 2022. Kala itu, Indonesia kalah dengan skor telak 0-4 atas Australia.


3. Arab Saudi

 

Timnas Arab Saudi bisa dibilang sebagai tim unggulan ketiga di grup C. Tim ini sekarang berada di peringkat ke-56 FIFA dan berpengalaman menembus panggung akbar Piala Dunia, termasuk edisi terakhir pada 2022.

Dalam edisi 2022, Arab Saudi bahkan memberi kejutan karena mengalahkan Argentina dengan skor 2-1 di babak grup. Sayang, tim ini belum berhasil menembus babak knock-out. Namun, apa yang dilakukannya di Piala Dunia tentu akan selalu diingat publik sepak bola.

Meski hanya unggulan ketiga, Arab Saudi masih jadi tim yang bakal membahayakan Indonesia. Sebab, Indonesia selalu kesulitan saat bermain dengan negara timur tengah. Indonesia juga dihantui rekor buruk karena belum pernah mengalahkan Arab Saudi.


4. Bahrain

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by (@bahrainnt)


Timnas Bahrain saat ini menempati ranking 81 FIFA. Meski tak setinggi negara lain, Bahrain juga jadi tim yang patut diwaspadai. Sebab, secara hitung-hitungan peringkat Bahrain masih jadih lebih baik dibanding Indonesia yang hanya menempati urutan 134 FIFA.

Di sisi lain, timnas Indonesia juga punya catatn hitam saat bertemu Bahrain. Dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2014, Indonesia kalah dengan skor 0-10 atas Bahrain. Kendati demikian, saat Piala Asia 2007, Indonesia berhasil menang atas Bahrain dengan skor 2-1.


5. China

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by (@chinafootballassociation)


Timnas China berada di pot 5 saat pengundian grup. Itu artinya, secara statistik, China hanya berada satu tingkat disbanding Indonesia. Namun, jika menilik ranking FIFA, China masih melenggang cukup jauh karena menghuni peringkat ke-88.

Kendati demikian, China tetap jadi tim yang membahayakan. Sebab, tim ini tengah berkembang. Selain itu, China juga tercatat sempat lolos ke Piala Dunia 2002. Tentu, mereka bertekad untuk menembus panggung ini kembali.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Lomba Sihir Rilis Single Berjudul Menit Tambahan & Umumkan Konser Showcase

BERIKUTNYA

Dari Bandung ke Prancis, Turtles Jr Sukses Meriahkan Hellfest 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: