Tampilan macOS Sequoia (Sumber gambar: tangkapan layar laman Apple)

Apple Rilis Sistem Operasi macOS Sequoia dengan 6 Fitur Baru Lebih Canggih

11 June 2024   |   12:38 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Apple meluncurkan pratinjau macOS Sequoia, versi terbaru dari sistem operasi desktopnya pada hari ini, Selasa, 11 Juni 2024. Sistem operasi ini diklaim menghadirkan cara kerja yang baru dan fitur kecerdasan transformatif terhadap Mac dengan berbagai fitur anyarnya.  

Berdasarkan laman Apple, Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple, mengatakan bahwa macOS Sequoia dibekali dengan sejumlah kemampuan baru yang menarik, termasuk iPhone Mirroring, yang memperluas kontinuitas dengan memungkinkan akses dan kontrol penuh terhadap iPhone secara langsung dari macOS.

Baca juga: 14 Aplikasi dan Gim Pemenang Apple Design Awards 2024

Dalam versi terbaru ini, browser Safari kembali mendapatkan pembaruan besar dengan fitur Sorotan baru untuk menemukan informasi dengan mudah di halaman web saat kalian menjelajahi dunia maya.

Kemudian, Aplikasi Kata Sandi yang baru juga diklaim semakin memudahkan akses kata sandi dan mengatur kredensial di satu tempat. Tidak hanya itu, permainan gim juga kian menarik dengan pengalaman yang lebih imersif.

Sistem operasi ini juga menghadirkan Apple Intelligence, sistem kecerdasan personal untuk Mac, iPhone, dan iPad, yang menggabungkan kekuatan model generatif dengan konteks personal untuk menghadirkan kecerdasan yang sangat berguna dan relevan.

Dibangun dengan mengutamakan privasi, Apple Intelligence terintegrasi secara mendalam ke dalam macOS Sequoia, iOS 18, dan iPadOS 18. Kecerdasan ini memahami dan menciptakan bahasa serta gambar, mengambil tindakan di berbagai aplikasi, dan mengacu pada konteks pribadi, menyederhanakan, dan mempercepat tugas sehari-hari.

Apple Intelligence akan dapat diunduh di semua Mac dengan chip seri M.1, memanfaatkan sepenuhnya kekuatan Apple Silicon dan Neural Engine.

“Kombinasi kekuatan Apple Silicon dan kemudahan penggunaan macOS yang legendaris telah membuat Mac semakin mumpuni dari sebelumnya. Hari ini, kami sangat senang dapat membawa macOS ke level yang lebih tinggi dengan macOS Sequoia, sebuah peluncuran besar yang meningkatkan produktivitas dan kecerdasan,” katanya.

Adapun, versi beta pengembang macOS Sequoia tersedia melalui Program Pengembang Apple di developer.apple.com mulai hari ini. Sementara itu, versi beta untuk publik akan tersedia pada bulan depan melalui Program Perangkat Lunak Beta Apple di beta.apple.com. 

Berikut fitur-fitur yang ada dalam macOS Sequoia:


1. iPhone Mirroring

Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses dan berinteraksi sepenuhnya dengan iPhone langsung dari Mac. Wallpaper dan ikon khusus pengguna akan muncul persis seperti di iPhone. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menggeser antar halaman di Layar Home, atau meluncurkan dan menjelajahi aplikasi favorit mereka.

Papan ketik, trackpad, dan tetikus dalam Mac juga memungkinkan pengguna berinteraksi dengan iPhone, bahkan audio juga dapat terdengar. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan menyeret dan meletakkan layar antara iPhone dan Mac.

Pengguna tidak perlu khawatir dapat dilihat orang lantaran iPhone yang berada dalam mode terkunci tidak dapat diakses atau dilihat oleh orang lain.


2. Pembaruan Safari

Dalam sistem operasi ini, browser safari juga mendapatkan pembaruan dengan keberadaan Sorotan, sehingga pengguna memiliki kemudahan dalam menemukan informasi di web, seperti petunjuk arah, rangkuman, atau tautan cepat untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang orang, musik, film, dan acara TV.

Kemudian, fitur Pembaca juga didesain ulang untuk menghadirkan lebih banyak cara untuk menikmati artikel tanpa distraksi, menampilkan tampilan ringkas dari artikel yang sedang dibaca pengguna, ringkasan, dan daftar isi untuk artikel yang lebih panjang.

Ketika Safari mendeteksi video di halaman, penampil membantu pengguna menempatkannya di bagian fokus tengah, sambil tetap memberikan akses penuh ke kontrol pemutaran sistem, termasuk Gambar dalam Gambar.


3. Game & Fitur Pendukungnya


Lewat sistem operasi terbaru ini, berbagai gim dapat dimainkan oleh para pengguna. Tidak hanya itu, sejumlah fitur baru pendukung seperti Audio Spasial yang dipersonalisasi juga akan membuat gim menjadi lebih imersif.

Baca juga: Apple Vision Pro Siap Dijual Global Mulai Juli 2024

Gim yang dapat dimainkan dengan sistem operasi ini seperti Prince of Persia: The Lost Crown, Assassin's Creed Shadows, RESIDENT EVIL 7 biohazard, RESIDENT EVIL 2, dan World of Warcraft: The War Within. Selain itu, ada juga Frostpunk 2, Palworld, Sniper Elite 4, dan RoboCop: Rogue City.
 
1
2


SEBELUMNYA

7 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sehat Selain Nasi

BERIKUTNYA

5 Timnas dengan Valuasi Skuad Termahal di EURO 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: