Ilustrasi bermain gim (Sumber Foto: Freepik)

14 Aplikasi dan Gim Pemenang Apple Design Awards 2024

08 June 2024   |   13:28 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang Worldwide Developers Conference (WWDC), Apple mengumumkan 14 aplikasi dan gim yang jadi pemenang Apple Design Awards. Para pemenang tahun ini adalah tim pengembang dari seluruh dunia yang telah dikurasi atas desain, pencapaian teknis, dan inovasinya yang luar biasa.

“Sungguh menginspirasi melihat cara pengembang menggunakan teknologi kami untuk menciptakan aplikasi dan game luar biasa yang berkontribusi memberikan dampak positif bagi kehidupan pengguna,” kata Susan Prescott, Vice President of Worldwide Developers Relations Apple, dikutip dari laman resminya.

Baca juga: Aplikasi & Game Populer yang Support Apple Vision Pro, Rilis Internasional Juli 2024

Lebih lanjut dia berujar, para pemenang tahun ini telah menunjukkan bahwa aplikasi dapat menciptakan pengalaman yang luar biasa dan memberi makna. Kami senang sekali dapat merayakan kerja keras dan kreativitas mereka pada WWDC tahun ini.

Para pemenang dipilih dari 42 finalis. Apple menobatkan satu aplikasi dan satu gim untuk tujuh kategori berbeda, yaitu kegembiraan dan keseruan, inklusivitas, inovasi, interaksi, dampak sosial, visual dan grafis, serta kategori baru yaitu komputasi spasial. Simak daftar pemenangnya!
 

1. Kegembiraan dan Keseruan

Para pemenang dalam kategori ini menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan, menarik, dan memuaskan yang disempurnakan oleh teknologi Apple.

Aplikasi: Bears Gratitude buatan Isuru Wanasinghe (Australia)

Bears Gratitude merupakan aplikasi penjurnalan yang mengajak penggunanya untuk melakukan kebiasaan bersyukur dalam kehidupan sehari-hari. Karakter-karakter yang didesain dengan apik di dalam aplikasi ini menciptakan kesan hangat dan bersahabat untuk membuat penggunanya bahagia setiap hari.


Gim: NYT Games buatan The New York Times Company (Amerika Serikat)

New York Times Games merupakan aplikasi katalog gim yang di dalamnya terdapat banyak jenis permainan yang bisa dicoba. Kali ini mereka menghadirkan banyak judul baru seperti Connections yang seru dan menarik untuk dimainkan saat waktu luang.
 

2. Inklusivitas

Aplikasi dan gim yang menjadi pemenang dari kategori inklusivitas menyediakan pengalaman yang berharga untuk semua orang.  Aplikasi dan gim ini mendukung para pengguna dengan latar belakang, kemampuan, dan bahasa yang berbeda-beda.


Aplikasi: oko buatan AYES (Belgia)

oko sangat membantu orang-orang yang memiliki gangguan pengelihatan. Aplikasi ini memberikan peringatan kepada pejalan kaki tentang kondisi lampu lalu lintas melalui umpan balik haptik dan audio. oko memanfaatkan teknologi Apple seperti VoiceOver dan Pengetikan Dinamis.


Gim: Crayola Adventures buatan Red Games Co. (Amerika Serikat)

Crayola Adventures merupakan gim petualangan yang yang menawarkan berbagai aktivitas, termasuk membuat dekorasi, memecahkan teka-teki, hingga membaca buku cerita. Pemainnya bisa memilih karakter yang sesuai dengan preferensi mereka, mulai dari penampilan dan kemampuannya. Pemain dari segala usia dapat menikmati pengalaman bermain gim ini.


3. Inovasi

Pemenang Apple Design Awards untuk kategori ini, merupakan aplikasi dan gim yang memberikan pengalaman mutakhir melalui penggunaan teknologi Apple baru yang membuat mereka menonjol dalam genrenya.


Aplikasi: Procreate Dreams buatan Procreate (Australia)

Procreate Dreams adalah aplikasi desain menakjubkan yang memungkinkan semua pekerja kreatif untuk membuat animasi 2D menggunakan pustaka kuas, gerakan, serta tindakan yang mendukung PencilKit dari Procreate versi aslinya yang lengkap dan familiar.

Kontrolnya sangat intuitif, dengan dukungan untuk interaksi multisentuh dan Apple Pencil. Aplikasi ini menawarkan efek animasi, audio, dan video yang canggih untuk menghidupkan kreasi dan karya seni penggunanya.


Gim: Lost in Play buatan Happy Juice Games  (Israel)

Lost in Play penuh dengan karakter menawan dan minigame seru. Gim ini menawarkan permainan petualangan yang menarik melalui imajinasi masa kecil dengan teka-teki yang didesain secara apik. Petualangan point-and-tap ini memiliki grafis yang digambar dengan tangan, interaksi yang mudah dipelajari, serta gameplay menarik.
 

4. Interaksi

Pemenang dalam kategori Interaksi, merupakan aplikasi dan gim menghadirkan antarmuka yang intuitif dan kontrol yang disesuaikan dengan sempurna di platformnya.


Aplikasi: Crouton buatan Devin Davies (Selandia Baru)

Crouton menghadirkan antarmuka yang ringkas untuk menyimpan resep, membuat daftar belanjaan, dan menampilkan petunjuk langkah demi langkah saat memasak di dapur. Aplikasi ini juga memiliki serangkaian interaksi yang mudah, sehingga pengguna untuk tetap fokus di dapur, bukan pada layar.


Gim: Rytmos buatan Floppy Club (Denmark)

Rytmos memberikan tantangan kepada pemain untuk menyelesaikan teka-teki dengan membuat jalur menggunakan gerakan tarik yang sederhana. Setiap level yang diselesaikan akan menambahkan elemen baru ke lagu yang terus berkembang.

Orientasi yang dirancang dengan jelas membuat alur gim ini langsung dapat dipahami, dan gerakannya sederhana serta menyenangkan, bahkan saat game mulai menghadirkan lebih banyak kompleksitas.

 

1
2


SEBELUMNYA

Intip Keseruan Konser Westlife di Candi Prambanan 7 Juni 2024

BERIKUTNYA

Jadwal Pemutaran Film FSAI 8-9 Juni 2024, Ada I Am Woman hingga Petualangan Sherina 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: