Ilustrasi sepak bola (Sumber gambar: Unsplash/ Chris Curry)

5 Timnas dengan Valuasi Skuad Termahal di EURO 2024

11 June 2024   |   15:06 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Ajang EURO 2024 bakal mulai digelar pekan ini. Sebanyak 24 tim terbaik dari penjuru benua Biru akan bertarung memperebutkan trofi juara Piala Eropa 2024. Setiap tim kini tengah mempersiapkan skuad terbaiknya agar bisa bersaing di kompetisi paling bergengsi di Eropa ini.

Babak penyisihan Grup akan berlangsung dari 15 Juni hingga 26 Juni 2024. Lalu, dilanjutkan babak Knock Out yang dimulai 29 Juni 2024. Adapun partai puncaknya akan dimainkan pada 15 Juli 2024. 

Saat ini para kontestan telah mengumumkan skuad resmi mereka yang akan dibawa ke EURO 2024. Masing-masing negara membawa sejumlah pemain megabintangnya yang memiliki valuasi nilai pasar tinggi.

Hal ini membuat skuad sejumlah timnas di EURO 2024 begitu mewah. Sembari menunggu kompetisi bergulir, yuk simak daftar negara yang membawa skuad timnas termahal di EURO 2024 berdasarkan laporan Transfermarkt

Baca juga: Fakta Menarik EURO 2024: Turnamen Eropa ke-6 Bagi Cristiano Ronaldo


1. Inggris


Peringkat pertama di daftar skuad termahal EURO 2024 adalah timnas Inggris. Tim berjuluk The Three Lions ini memiliki estimasi valuasi skuad 1,52 miliar Euro atau sekitar Rp26,62 triliun.

Inggris memang dikenal sebagai negara pelopor dalam sepak bola modern. Negara ini memiliki liga paling kompetitif di dunia, sehingga membuat pemain-pemain tier tertinggi bermain di kompetisi tersebut. Hasilnya, para pemain lokal pun mau tidak mau menjalani persaingan yang sengit, yang membuat harga mereka juga tinggi. 

Dengan materi pemain yang baik, skuad asuhan Gareth Southgate tentu ingin mengejar gelar juara. Sebab, pada EURO 2020, mereka sudah berada di final, tetapi akhirnya takluk dari Italia. 
 

2. Prancis


Timnas Prancis juga termasuk yang memiliki skuad mewah pada edisi kali ini. Tim berjuluk Les Bleus ini memiliki skuad bernilai pasar hingga 1,23 miliar euro atau sekitar Rp21,54 triliun.

Nilai pasar yang cukup tinggi ini salah satunya disumbang oleh Kylian Mbappe yang baru saja bergabung dengan Real Madrid. Selain itu, sejumlah pemain Prancis juga memang memiliki nilai pasar tinggi, seperti Aurelien Tchouameni, Eduardo Camavinga, hingga Ousmane Dembele.
 

3. Portugal

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Portugal (@portugal)


Di nomor ketiga, ada Timnas Portugal. Meski sang megabintang, Cristiano Ronaldo, tak lagi masuk jajaran pemain termahal dunia, tim ini rupanya telah menunjukkan regenerasi yang apik. Sebab, saat ini ada banyak pemain Portugal yang bermain di kasta tertinggi di liga-liga top dunia. Estimasi valuasi skuad ini mencapai 1,05 miliar euro atau Rp18,39 triliun. 

Portugal jadi timnas yang punya materi mewah. Tak lagi hanya mengandalkan Ronaldo, tim berjuluk Selecao das Quinas ini juga memiliki Joao Felix hingga Rafael Leao yang punya nilai pasar tinggi. Permainan mereka juga sedang on fire sehingga bakal jadi andalan timnas Portugal dalam EURO 2024 nanti. 


4. Spanyol


Timnas Spanyol juga memiliki komposisi pemain yang baik, dengan Sebagian besarnya bervaluasi tinggi. Tim berjuluk La Furia Roja ini memiliki estimasi valuasi skuad 965,5 juta Euro alias Rp16,90 triliun. 

Gelandang andalan Spanyol asal Manchester City, Rodri menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi, dengan nilai di atas 100 juta Poundsterling. Selain itu, sejumlah pemain Spanyol lain, seperti Lamine Yamal, Nico Williams, hingga Nacho Fernandez juga memiliki nilai pasar yang tinggi. Dengan materi pemain yang matang, tentu skuad Spanyol edisi tahun ini tak bisa dipandang sebelah mata. 


5. Jerman

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DFB-Team (@dfb_team)


Tak ingin kalah dari negara lain, sang tuan rumah, Jerman, juga terhitung memiliki skuad termahal tahun ini. Tim berjudul Der Panzer ini ditaksir mempunyai valuasi skuad mencapai 851 juta euro alias Rp14,90 triliun.

Jerman sekarang diperkuat sederet pemain bintang seperti Manuel Neuer, Toni Kroos, Joshua Kimmich, Thomas Muller, hingga Leroy Sane. Selain itu, beberapa pemain muda mereka juga tercatat sudah memiliki nilai pasar melebihi 100 juta poundsterling. 

Baca juga: 10 Stadion Bersejarah yang Bakal Dipakai untuk EURO 2024 di Jerman

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Apple Rilis Sistem Operasi macOS Sequoia dengan 6 Fitur Baru Lebih Canggih

BERIKUTNYA

Fitur-fitur Terbaru iOS 18, Aplikasi Password sampai Image Playground

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: