negara-negara dengan biaya hidup tinggi biasanya juga memiliki standar hidup yang tinggi. (sumber gambar: Unsplash/Daniel Cox)

5 Negara dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

08 June 2024   |   15:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Bagi sebagian orang dari negara berkembang, memilih untuk hidup di negara maju adalah impian yang didambakan. Selain jaminan pelayanan publik yang baik, negara maju biasanya juga menerapkan sistem kesetaraan tanpa terkecuali, sehingga membuat seseorang betah tinggal di sana.

Namun, sejumlah negara maju di dunia dikenal memiliki standar biaya hidup yang tinggi. Negara-negara dengan pemandangan alam yang menakjubkan, seperti Swiss dan Denmark misalnya, bahkan masuk dalam daftar negara dengan biaya hidup termahal di dunia. 

Baca juga: 5 Hotel Termahal di Indonesia, Ada yang Harganya Rp200 Juta Per Malam
 
Selain faktor alam, kondisi tersebut juga dipengaruhi rata-rata pendapatan warga, seperti biaya perumahan, transportasi, dan barang-barang konsumsi yang mahal. Namun, standar hidup yang tinggi itu biasanya juga selaras dengan fasilitas publik yang baik.

Di samping itu, negara-negara dengan biaya hidup tinggi biasanya juga memiliki standar hidup yang tinggi. Ini termasuk layanan kesehatan yang baik, pendidikan berkualitas, dan infrastruktur yang maju, karena berfungsi untuk mempertahankan kualitas tersebut?.

Expatistan menyusun daftar 65 daftar negara di dunia yang memiliki indeks biaya hidup tertinggi pada 2024. Penentuan daftar tersebut dilakukan dengan melihat biaya hidup, gaji bulanan, transportasi,  harga makanan, hingga utilitas yang dialami oleh warga. 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut daftar 5 negara dengan biaya hidup per bulan termahal di dunia 2024.


1. Swiss 

Swiss terkenal dengan keindahannya yang menakjubkan dan tidak ada duanya di dunia. Tak heran jika negara yang masuk dalam daftar negara teraman di dunia ini juga memiliki tarif biaya hidup yang tinggi, karena sebanding dengan apa yang didapat oleh warga di sana.

Swiss secara konsisten juga menduduki puncak daftar negara dengan biaya hidup termahal di dunia, dengan indeks harga 222. Biaya hidup yang tinggi di Swiss disebabkan oleh tingginya biaya hidup dengan rata-rata 1.200-1.700 Euro, atau Rp20-29 juta (kurs Rp 17.258) per orang per bulan. 


2. Kepulauan Cayman

Kepulauan Cayman memiliki skor indeks biaya hidup sebesar 197. Negara yang terletak di Laut Karibia itu bergantung pada industri pariwisata untuk menciptakan kekuatan perekonomian. Biaya impor barang yang mahal dan standar hidup yang tinggi? membuat warga di negara ini hidup lebih nyaman.

Biaya hidup di Kepulauan Cayman termasuk yang tertinggi di dunia karena berbagai faktor seperti tingginya bea impor, produksi lokal yang terbatas, dan standar hidup yang tinggi. Perkiraan biaya hidup di Kepulauan Cayman sekitar USD3.374 atau sekitar Rp40-50 jutaan per orang per bulan. 


3. Singapura

Di benua Asia, Singapura mencatatkan skor indeks biaya hidup sebesar 193. Tak ayal ini menjadikannya sebagai salah satu negara dengan biaya hidup termahal di Asia. Namun, keadaan tersebut juga sejalan dengan peran pemerintah yang menjamin fasilitas publik dan infrastruktur yang baik. 

Baca juga: 5 Lukisan Termahal yang Pernah Dijual di Christie's & Sotheby's

Secara umum, setiap individu di Tumasek harus menyiapkan uang bulanan setidaknya Rp20 juta-Rp25 jutaan per orang. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada gaya hidup dan pilihan tempat tinggal. Namun kualitas layanan publik dan fasilitas yang ditawarkan di tempat ini sangatlah sebanding.
1
2


SEBELUMNYA

Cek Sinopsis Film Janji Darah yang Rilis di Bioskop 4 Juli 2024

BERIKUTNYA

Siap-siap, Tarif MRT, LRT & Transjakarta Hanya Rp1

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: