Lukisan termahal yang pernah dijual di Sotheby's dan Christie's bernilai sangat fantastis (Sumber gambar: Pexels/Daian Gan)

5 Lukisan Termahal yang Pernah Dijual di Christie's & Sotheby's

29 May 2024   |   06:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada berbagai alasan seseorang memutuskan untuk membeli sebuah karya seni, mulai dari rasa suka sampai dengan investasi. Tidak jarang, mereka memutuskan untuk mengeluarkan uang yang sangat banyak agar mendapatkan sebuah karya yang diinginkan. 

Sotheby’s dan Christie’s merupakan dua balai lelang besar yang kerap menjual karya-karya seniman ternama, seperti Pablo Picasso, Leonardo da Vinci, dan sebagainya. Di tempat ini, para kolektor kelas kakap kerap berlomba untuk mendapatkan koleksi yang dimiliki. 

Baca juga: 10 Lukisan Terakhir Para Seniman Terkenal

Sering kali, karya seni yang dijual dalam proses lelang jauh lebih mahal dari perkiraan awal. Beberapa di antaranya juga tercatat bernilai sangat fantastis. Para kolektor seperti tidak peduli dengan harga yang dijual untuk bisa memiliki sebuah karya yang diminati.

Dikutip dari Invaluable dan beberapa sumber lainnya, berikut karya-karya termahal yang pernah terjual di balai lelang Christie’s dan Sotheby’s. 
 

1. Salvator Mundi

Karya pertama yang terjual dengan harga fantastis adalah buah tangan dari seniman Leonardo da Vinci berjudul Salvator Mundi. Lukisan ini berhasil dijual seharga US$450 juta pada 2017 kepada pembeli yang tidak disebutkan namanya oleh balai lelang Christie’s. 

Karya dari seniman ternama dunia ini begitu terkenal lantaran menjadi perdebatan di antara para ahli, sehingga menjadi lukisan paling kontroversial. Beberapa menyebutkan bahwa Salvator Mundi bukan karya dari Leonardo da Vinci lantaran tidak sesuai dengan gayanya. 
 

2. Les Femmes d'Alger (Version O) 

Les Femmes d'Alger (Version O) (Sumber gambar: Christie's)

Lukisan berjudul Les Femmes d'Alger (Version O) dari Pablo Picasso merupakan karya yang juga terjual dengan harga selangit. Pada 2015, balai lelang Christie’s menjualnya seharga US$179,4 juta kepada penawar melalui telepon. Lukisan ini disebut sebagai salah satu karya paling berani dari seniman dan menonjol jika dibandingkan dengan lukisan yang pernah dibuat antara 1954-1955. 


3. Nu couché 

Balai lelang Christie’s berhasil menjual karya dari Amedeo Modigliani berjudul Nu couché seharga US$170,4 juta pada 2015. Pada saat itu, lukisan yang menampilkan sosok individu tanpa busana itu dibeli oleh kolektor swasta asal China, yakni Liu Yiqian.

Nu couché merupakan salah satu lukisan dari sang seniman yang paling terkenal dan diproduksi pada 1917. Kemudian, karya ini juga sebagai bagian dari serangkaian karya yang dinilai merupakan revitalisasi bentuk telanjang dalam seni modernis.
 

4. Nu couché (sur le côté gauche) 

Nu couché (sur le côté gauche) (Sumber gambar: Sotheby's)

Karya lainnya yang terjual dengan harga tinggi adalah Nu couché (sur le côté gauche) juga dari Amedeo Modigliani. Pada 2018, balai lelang Sotheby’s berhasil menjual karya ini seharga US$157,2 juta kepada penawar melalui telepon. Karya ini juga merupakan lukisan tanpa busana, yang dinilai sangat berani oleh banyak pihak ketika pertama kali dibuat, tapi sekaligus dinilai memalukan. 
 

5. Three Studies of Lucian Freud

Three Studies of Lucian Freud dari Francis Bacon berhasil terjual US$142,4 juta di balai lelang Christie’s pada 2013. Karya ini menjadi penanda puncak epik hubungan sang seniman dengan pelukis dan penulis sejarah Lucian Freud.

Dalam lukisan ini, Bacon menggabungkan kesigapan yang khas, bentuk manusia yang vital dengan deskripsi yang tepat tentang arsitektur ruang, dan ledakan tekstur kental yang eksplosif dan stokastik.

Baca juga: Intip 5 Lukisan Termahal Perupa Indonesia yang Laku dengan Harga Fantastis di Balai Lelang

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Olahraga Diving Makin Populer di Tanah Air, Bagaimana Implementasinya di Lapangan?

BERIKUTNYA

Festival Sinema Australia Indonesia 2024, Cek Jadwal Pemutaran & Cara Dapat Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: