Ilustrasi ujian akhir sekolah (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P)

Lakukan 5 Tip Ini Agar Sukses saat Ujian Akhir Sekolah

05 June 2024   |   13:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Musim ujian adalah waktu yang menegangkan bagi para siswa, dengan harapan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Selama mempersiapkan diri untuk menghadapi pekan ujian, penting sekali untuk mengetahui metode belajar yang efektif dan tip agar bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.

Sebab, bagaimanapun setiap orang memiliki cara belajar yang unik, menemukan metode belajar yang paling cocok menjadi penting untuk bisa mencapai hasil yang maksimal. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berikut beberapa tip yang bisa kalian jadikan panduan belajar untuk menghadapi ujian akhir sekolah (UAS). 

Baca juga: Begini Pro Kontra Soal Sastra Masuk Kurikulum Sekolah di Kalangan Sastrawan


1. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin

Salah satu tip penting yang harus dilakukan adalah menggunakan waktu sebaik-baiknya, dan membuat jadwal belajar harian. Antara kamu lebih suka membuat to do list atau jadwal sesi belajar yang detail dan terstruktur, menemukan metode yang sesuai dengan kebiasaan jadi kunci penting.

Dengan menerapkan jadwal yang teratur dan terarah, kamu akan menghadapi masa-masa sibuk ini dengan lebih efektif dan tidak terlalu terbebani.

Flash card menjadi salah satu hal yang bisa membantu memaksimalkan waktu belajar kamu. Kamu bisa membuat flash card digital yang dapat diakses di ponsel, sehingga bisa dibawa dan digunakan sebagai bahan belajar saat dalam perjalanan ke sekolah, atau saat sedang berada di mal. 
 

2. Ketahui kekuatan & kelemahan 

Musim ujian bisa jadi sangat melelahkan, dan faktanya, kapasitas otak manusia terbatas. Maka dari itu, memahami kekuatan dan kelemahan menjadi penting untuk bisa memaksimalkan efektivitas persiapan ujian.

Fokuslah pada mata pelajaran yang dikuasai dan alokasikan lebih banyak waktu untuk mata pelajaran yang kurang dikuasai, tapi bisa ditingkatkan. Hindari membuang terlalu banyak waktu untuk materi yang terlalu sulit untuk dipahami. Sebaliknya, tetapkan target yang realistis dan buat prioritas dengan bijak untuk menghemat waktu dan energi yang berharga. 
 

3. Buat belajar jadi menyenangkan

Melakukan aktivitas yang menyenangkan, biasanya akan memberikan hasil yang lebih baik, tidak terkecuali dalam hal belajar. Kamu dapat membuat sesi belajar lebih menyenangkan dengan menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis game seperti Kahoot!.

Dengan platform seperti itu, kamu dapat memperkaya pengalaman belajar dengan membuat kuis menggunakan AI Question Generator dan berlatih dengan cara yang menyenangkan, serta bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan sehingga membuat belajar menjadi lebih fleksibel. 

Pendekatan ini secara signifikan mengubah metode belajar tradisional yang monoton. Dengan begitu, sesi belajar yang padat di musim ujian tidak terlalu membuat stres. 
 

4. Belajar bersama teman 

Belajar bersama teman dapat membuat proses menjadi lebih menyenangkan dan memberikan dukungan emosional, serta kesempatan untuk berbagi wawasan. Kelompok belajar kolaboratif dapat mengubah sesi belajar biasa menjadi pengalaman yang menarik dan produktif.

Meskipun belajar bersama sudah cukup baik, tapi berinisiatif untuk membentuk kelompok belajar dapat meningkatkan pengalaman dan produktivitas. Alat bantu pembelajaran interaktif dapat membantu mengatur kelompok belajar lebih mudah dan menambahkan elemen yang menarik dalam prosesnya, sehingga pembelajaran menjadi lebih asyik dan efektif. 
 

5. Jangan lupa Istirahat 

Belajar dan mempersiapkan diri untuk ujian memang penting, tetapi memastikan waktu istirahat selama sesi belajar juga penting untuk menjaga fokus dan fungsi kognitif yang optimal. Jangan meremehkan kekuatan istirahat dan relaksasi!

Menyisipkan waktu istirahat, tidur yang cukup, dan sesekali bermain di tengah-tengah sesi belajar dapat mencegah penat dan membantu mencapai performa terbaik pada hari ujian.

Eilert Hanoa, CEO Kahoot! Group mengatakan, menghadapi musim ujian bisa menjadi hal yang berat, tetapi dengan strategi yang tepat, kamu bisa menghadapinya dengan percaya diri “Ingatlah, mengetahui pendekatan belajar yang paling cocok untuk kamu adalah kunci kesuksesan. Lebih dari itu, berikan yang terbaik dan tetaplah positif,” ujarnya.

Baca juga: Mengapa Belajar Bahasa Asing di Sekolah Belum Efektif?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Perbandingan MSI Claw 8 AI Plus & ROG Ally X, Konsol yang Mejeng di Computex 2024

BERIKUTNYA

Sejarah Hari Lari Sedunia, Mulai dari Amerika Serikat & Dirayakan Secara Global

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: