Ilustrasi (dok. Pexels)

8 Langkah Agar Anak Terhindar Covid-19 Selama PTM Terbatas

19 October 2021   |   20:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bunda tidak perlu khawatir dengan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, asalkan persiapannya dilakukan secara matang. Pihak sekolah sudah pasti, tetapi kita sebagai orang tua juga harus menyiapkan anak secara matang untuk kembali ke satuan pendidikannya itu. 

Koordinator Fungsi Peserta Didik Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbud-Ristek Rika Rismayati mengatakan bahwa kesiapan sekolah dalam melaksanakan PTM di Indonesia untuk seluruh jenjang pendidikan hingga Selasa (19/10/2021) berada di angka 38,6 persen. 

Pihaknya pun terus mendata sekaligus membantu sekolah dalam persiapan seperti sarana dan prasarana sanitasi, akses ke fasilitas kesehatan, penerapan protokol kesehatan, serta pendataan riwayat kesehatan dan perjalanan. Selain itu, Satgas Covid-19 di setiap sekolah pun diadakan untuk memantau segala aktivitas dan keperluan.

“Guna mengoptimalkan pengetatan dan pengendalian prokes, kita memaksimalkan peran UKS dalam membantu pencegahan penularan Covid-19,” ujar Rika dalam webinar bertajuk ‘Back to School, Are You Ready, Mom?’ yang digelar Wings Care, Selasa (19/10/2021). 

Sementara itu, Rita membagikan sejumlah langkah yang bisa dilakukan ibu untuk memastikan anaknya terlindungi dari Covid-19 saat kembali ke sekolah :

1. Sebelum berangkat ke sekolah, pastikan anak sudah sarapan pagi, fisiknya sehat, tidak ada gejala batuk dan pilek, serta suhu tubuhnya normal. Pastikan kembali anak membawa masker cadangan dan hand sanitizer. Siapkan juga perlengkapan pribadi seperti alat makan dan minumnya.

2. Antar anak ke sekolah, terutama untuk anak TK dan SD menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan mereka menggunakan masker dengan benar, menutupi area hidung dan mulut. Kalaupun hanya bisa menggunakan transportasi publik, tetap jaga jarak, minimalisir sentuhan terhadap permukaan di transportasi pubik, jangan sampai anak menyentuk mata, hidung, mulut, serta terapkan etika batuk dan bersin.

3. Sesampainya di sekolah, hanya antar hingga di area yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Minta anak untuk mematuhi aturan skrining seperti pemeriksaan suhu tubuh dan cuci tangan sebelum masuk ke gerbang sekolah.  

4. Selama kegiatan belajar di sekolah, pastikan dengan guru bahwa anak menggunakan alat belajarnya sendiri, begitu pula alat makan waktu jam istirahat. Paling penting, satgas Covid-19 di sekolah harus terus mengingatkan siswa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

5. Usai kegiatan sekolah, anak harus keluar ruangan secara tertib dengan menerapkan jaga jarak. Ketika ingin keluar gerbang sekolah, minta anak untuk mencuci tangannya kembali.

6. Saat pulang, terapkan hal yang sama ketika naik kendaraan, terutama kendaraan publik.

7. Sesampainya di rumah, ibu harus memastikan anak melepas alas kaki dan meletakkan alat sekolah di luar ruangan. Lakukan desinfeksi ke barang tersebut. Mandikan anak dan ganti pakaiannya sebelum berinteraksi fisik dengan keluarga lainnya. Bunda juga jangan lupa membersihkan diri ya. 

8. Terakhir, periksa mandiri apakah ada gejala mengarah Covid-19 secara berkala di rumah. Jika ada gejala, laporkan ke pihak sekolah dan satgas Covid-19. 



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Claw Clip Retro Kini Jadi Tren Aksesori Rambut 2021

BERIKUTNYA

8 Tips Ini Bantu Atasi Kecemasan Anak Saat Sekolah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: