Rapper Basboi berkolaborasi dengan penyanyi Andien merilis single Pesona. (Sumber gambar: Dominion)

Gaet Andien, Basboi Rilis Single Pesona dengan Sentuhan Musik Urban Era 2000-an

04 June 2024   |   07:21 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Rapper Basboi berkolaborasi dengan penyanyi Andien merilis single "Pesona". Ini merupakan lagu ketiga yang dirilis Basboi jelang album keduanya mendatang. Lagu ini merupakan ungkapan kekaguman Basboi terhadap para wanita mandiri yang kerap dia temui di kota besar.
 
Lewat lagu "Pesona", Basboi menceritakan kekagumannya terhadap wanita-wanita yang punya visi dan misinya sendiri, menolak untuk menjadi objek, dan tidak takut untuk berdiri di atas kakinya sendiri. 
 
"Walaupun sudah menjadi rahasia umum bahwa dunia dan caranya berputar masih belum adil untuk wanita di luar sana. Secara penulisan, tidak ada makna yang muluk-muluk selain merayakan dan mengapresiasi wanita-wanita mandiri ini," kata Basboi dalam keterangan tertulisnya.
 
Estetika musik urban pada awal 2000-an di Indonesia menjadi titik fokus dalam penggarapan lagu "Pesona". Dalam proses produksinya, Babsoi menggandeng Kareem Soenharjo (BAP) untuk meramu musik, dengan menghidupkan rasa nostalgia pada era tersebut, tapi tetap mengangkat modernitas dan warna hiphop yang khas dari Basboi. 

Baca juga: Raissa Anggiani Kisahkan Mimpi & Harapannya Lewat Single Jika Nanti
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Basboi (@bas.boi)


Selain itu, Basboi juga menggandeng penyanyi Andien sebagai rekan duetnya dalam single terbarunya. Andien dipilih lantaran dinilai telah menjadi salah satu ikon pop Indonesia pada 2000-an, sekaligus merupakan manifestasi dari salah satu inspirasi penggarapan album kedua Basboi berjudul Kinanti.
 
Seperti diketahui, Pesona merupakan lagu ketiga yang dirilis oleh Basboi untuk albumnya mendatang. Sebelumnya, dia juga telah merilis single "New Cartier" pada Agustus 2023, dan single "Banyak Yang Bilang" pada Januari 2024.
 
"Inspirasi lainnya juga tertuang pada bagian chorus, yakni merupakan interpolasi dari single hit Andezzz berjudul Pergi yang populer pada sekitar tahun 2007," kata Basboi.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Basboi (@bas.boi)


Basboi juga merilis video klip single "Pesona" yang diproduksi oleh Hura Creative Garage dan disutradarai oleh Prama Surya, yang juga menggarap video klip untuk lagu sebelumnya yakni "New Cartier".
 
Masih menampilkan estetika visual pada 2000-an sesuai dengan aransemen musiknya, video klip ini turut dibintangi Andien dan Aji Sabha, yang berperan sebagai announcer radio fiksi “80.1FM Boi Radio”, yang diceritakan menjadi semesta dan entitas baru dalam kampanye album Basboi selanjutnya.

Selain itu, ada juga Andezzz yang muncul sebagai kameo, menggarisbawahi interpolasi bagian chorus yang terdapat di lagu ini.
 

Adapun, Basboi adalah musisi Hiphop/RnB yang memulai kariernya di Bandung, dengan merilis lagu-lagu seperti "Cozy", "Dying Breed", dan "Night Drive" pada 2017-2018. Pada 2019, Basboi merilis album mini perdananya berjudul Fresh Graduate, yang bercerita tentang tantangan yang kerap dihadapi remaja saat lulus kuliah.
 
Karyanya berlanjut di single "Make Me Proud" yang berkolaborasi dengan Matter Mos dan Stanizters. Identik dengan lirik dan warna musik yang catchy dan fun untuk genre hiphop, Basboi berhasil menarik perhatian Converse Indonesia dan terpilih mewakili Converse X Ambassadors dari Indonesia untuk tampil di Converse X Global Moment di Kuala Lumpur pada Mei 2019. Selain itu, dia juga berhasil melakoni tur Fresh Graduate di 4 kota di Jawa-Bali.
 
Tidak hanya itu, Basboi kembali terpilih sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia di Converse X Global Moment kedua di Los Angeles, Amerika Serikat, pada November 2019. Di sana, Basboi tampil bersama musisi dari kolektif Odd Future, seperti Dominic Fike dan Jasper. 
 
Satu tahun setelahnya, Basboi merilis album panjang pertamanya, Adulting For Dummies, yang mendapatkan beberapa nominasi album terbaik pada 2021, sampai akhirnya terpilih mewakili Indonesia pada rangkaian Converse X Global Moment di Paris bersama dengan Tyler, The Creator. 

Baca juga: Menilik Proses Kreatif Lagu Ujung Andromeda, Single Baru Adhitia Sofyan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Kiat Ini Bakal Bikin Solo Traveling Kamu Aman & Nyaman

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Kafe Estetik untuk Nongkrong di Jakarta Barat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: