Sing Along with Ruth Sahanaya, Andien, Teddy Adhitya, Teza Sumendra di BNI Java Jazz Festival 2024 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Sajian Musik Lintas Generasi di Sing Along with Ruth Sahanaya, Andien, Teddy Adhitya, Teza Sumendra di Java Jazz 2024

24 May 2024   |   22:52 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Ruth Sahanaya, penyanyi senior Indonesia yang telah menghiasi belantara musik sejak era 1990-an, menjadi salah satu penampil yang dinanti pada hari pertama BNI Java Jazz Festival 2024. Sepuluh menit sebelum panggung dibuka, ratusan penonton sudah berbondong-bondong memenuhi area BNI Hall.

Terlihat penonton usia lanjut dan dewasa mendominasi. Namun, sejumlah generasi muda juga terlihat memenuhi beberapa sudut kursi penonton. Tak ketinggalan, sejumlah penonton warga negara asing juga terlihat ikut menikmati alunan-alunan musik dari penyanyi legendaris ini.

Ruth Sahanaya tampil menghibur dengan membawakan lagu-lagu indah dan legendarisnya. Tak tampil seorang diri, penyanyi yang karib disapa Uthe ini mengajak penyanyi lain ke atas panggung, yakni Andien, Teddy Adhitya, Teza Sumendra.

Maka jadilah, konser malam ini menjadi pertunjukan musik yang tak hanya penuh nostalgia, tetapi juga terasa segar. Konser lintas generasi ini membuat para penonton berkali-kali bersorak, tepuk tangan, dan merayakan musik seutuhnya. 

Baca juga: Penampilan Laufey di BNI Java Jazz Festival 2024 Bikin Penonton Melting
 

Teza Sumendra (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Teza Sumendra (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Teza Sumendra naik ke atas panggung terlebih dahulu. Tampil dengan setelan celana kargo dan flatcap, dia membuka pertunjukan dengan tembang "Satu Rasa".

Olah vokalnya yang khas seketika membius para penonton yang hadir. Aransemen jaz yang apik dan alunan saksofon serta drum yang dominan, menjadi sajian pembuka yang menggugah. Teza lalu melengkapi penampilannya dengan membawakan lagu "For Once in My Life" dan "Love on Top".

Setelahnya, giliran Teddy Adhitya yang tampil di atas panggung. Dia membuka penampilannya dengan membawa lagu "Melompat Lebih Tinggi". Sayang, ada kendala teknis yang terjadi, yakni mic belum menyala sepenuhnya, pada beberapa kalimat awal lagu tersebut. 

Kendati demikian, secara keseluruhan, Teddy tampil maksimal. Dia berhasil meramu lagu yang dipopulerkan oleh Sheila On 7 dengan berbeda. Sentuhan jaz yang kental membuat lagu tersebut menawarkan sisi lain yang belum diperlihatkan.

Saat jeda lagu, Teddy kemudian menyapa para penonton. Dia juga memperkenalkan Nikita Dompas, music director yang meramu pertunjukan kali ini. "Selamat datang di Sing along with Ruth Sahanaya, Andien, Teddy Adhitya, Teza Sumendra," ucap Teddy yang kemudian menyanyikan lagu "In Your Wonderland".
 

Teddy Adhitya dan Andien dengan pengarah musik Nikita Dompas tampil dalam acara BNI Java Jazz Festival 2024. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Teddy Adhitya dan Andien dengan pengarah musik Nikita Dompas tampil dalam acara BNI Java Jazz Festival 2024. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Andien menjadi penyanyi ketiga yang tampil. Mengenakan setelan mini dress yang girly dan anggun, Andien melanjutkan pertunjukan yang mulai memanas dengan lagu "Sometimes". "Malam ini kita akan banyak nostalgia dengan lagu-lagu yang bisa membuat kita sing along," ucap pelantun lagu "Metamorfosa" tersebut.

Andien lalu mengajak Teddy Adhitya kembali ke panggung. Dua musisi muda ini menyuguhkan tembang "2 Become 1" dengan aransemen yang menggugah. Benar saja, ketika tiba di bagian reff, penonton pun menyanyi bersama.

Suasana menjadi makin syahdu, saat kemudian yang dinanti, Ruth Sahanaya, mulai muncul di atas panggung. "Selamat malam," sapa Uthe dari atas panggung. 

Diva Indonesia ini makin menggairahkan malam yang kian larut dengan lagu "Astaga". Uthe benar-benar mengajak para penonton untuk bernostalgia dengan menyanyikan tembang-tembang lawasnya yang populer tersebut.
 

Musisi Ruth Sahanaya tampil di acara BNI Java Jazz Festival 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Musisi Ruth Sahanaya tampil di acara BNI Java Jazz Festival 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Tampil dengan setelan mini dress hitam, Uthe kerap kali melengkingkan suaranya membuat penonton tak kuasa sing along di beberapa lagu hitnya. Meski umurnya memasuki usia senja, dia tetap tampil tanpa celah. Suaranya masih stabil dan energinya begitu besar membius para penonton yang hadir. Usia bagi sang Diva tampak hanya seperti angka yang tak punya arti.

"Luar biasa, selalu senang berada di Java Jazz. Tapi kini senangnya tiga kali lipat. Habis ini kita panggil tiga penyanyi dahsyat sebelumnya, yuk kita nyanyi bareng," ucapnya.

Mereka lalu menutup pertunjukan yang istimewa dengan lagu "Bawa Daku Pergi". Ruth Sahanaya dan kawan-kawan ini pun sukses menghibur para pencinta jaz yang hadir. Ditambah dengan set panggung yang indah dan kualitas sound yang baik, penampilannya jadi lebih maksimal.

Beberapa kali tepuk tangan berdurasi panjang juga kembali tercipta. Tanda sebuah kepuasan dari penonton terhadap penampilannya.

Baca juga: Penampilan Menghentak Salma Salsabil di BNI Java Jazz Festival 2024 Hari Pertama

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kenalan dengan 4 Calon Manajer Baru Manchester United

BERIKUTNYA

Nostalgia Bareng Marcell Siahaan, Oslo Ibrahim & Teza Sumendra di BNI Java Jazz Festival 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: