Ilustrasi solo trip. (Sumber foto : Jcomp/Freepik)

5 Kiat Ini Bakal Bikin Solo Traveling Kamu Aman & Nyaman

03 June 2024   |   23:23 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Solo traveling atau solo trip ke luar kota ataupun luar negeri menjadi tren berwisata dalam beberapa waktu terakhir. Digandrungi generasi Z dan Milenial, kegiatan liburan sendirian ini sangat menarik karena membuat kamu menemukan petualangan baru yang tidak terlupakan. 

Kendati demikian, solo traveling butuh persiapan yang matang dan tidak bisa asal. Pasalnya, segala sesuatu yang berkaitan dengan perjalanan akan dilakukan secara mandiri. 

Nah, buat Genhype yang berniat untuk solo traveling, berikut beberapa kiat agar aman dan nyaman selama di perjalanan.

 

1. Riset Destinasi yang Akan Dituju


Mengutip laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sebelum memulai perjalanan ada baiknya melakukan riset tentang destinasi yang akan dituju. Selain itinerary atau rencana perjalanan yang terperinci, kamu perlu mempelajari budaya, tradisi, dan adat istiadat setempat. Hal ini penting agar kamu tidak melanggar garis batas yang sudah ditetapkan di wilayah tersebut.

Penting juga untuk mengetahui cuaca, mata uang, sistem transportasi, dan kebiasaan lokal lainnya. Informasi ini dapat membantu kamu merasa lebih siap dan nyaman selama perjalanan. 

 

2. Bawa Perlengkapan & Pakaian yang Tepat


Pastikan kamu membawa perlengkapan dan pakaian yang sesuai dengan tempat tujuan. Jangan salah kostum memakai jaket tebal saat berkunjung ke wilayah pantai. Siapkan pakaian yang nyaman sesuai dengan cuacanya.

Jangan lupa pula membawa peta, kompas, dan peralatan lain yang diperlukan. Meskipun teknologi modern telah menyediakan berbagai aplikasi dan perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk navigasi, namun peta dan kompas masih dapat sangat berguna dalam beberapa situasi saat melakukan perjalanan. 

Obat-obatan juga jangan ketinggalan, begitu pula perlengkapan kebersihan.

 

3. Berkomunikasi dengan Orang Terdekat


Beritahu keluarga dan teman terdekat tentang rencana perjalanan yang telah ditentukan. Bila perlu, berikan salinan itinerary termasuk nomor kontak hotel atau akomodasi tempat menginap. 

Selalu berikan informasi perubahan rencana maupun jadwal berlibur kepada keluarga dan terdekat. Jangan sampai kamu hilang kontak ya, Genhype.

 

4. Kenali Batasan Diri


Saat melakukan solo traveling, ketahui kemampuan fisik dan batasan pada diri sendiri. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan kegiatan berlebihan yang justru merugikan. Jika kamu akhirnya jatuh sakit, solo traveling menjadi tidak menyenangkan.

 

5. Tetap Waspada


Keamanan adalah prioritas utama saat melaukan solo traveling. Selau berhati-hati dengan barang-barang berharga yang dibawa seperti paspor, uang, dan perangkat elektronik. Simpan paspor, uang, kartu kredit, dan barang berharga lainnya di tempat yang aman, seperti brankas di hotel atau tas anti-pencurian.

Penggunaan gembok untuk mengamankan barang berharga di tempat menginap juga sangat disarankan. 

Perhatikan lingkungan sekitar Anda dan waspadai tanda-tanda bahaya. Hindari daerah yang terpencil atau berbahaya, terutama saat bepergian sendirian pada malam hari.

Baca Juga: 5 Pelajaran Penting dari Anthony Bourdain tentang Kuliner & Traveling

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Pengusaha Sektor Kreatif, Manfaatkan Program Kemenparekraf Ini untuk Akselerasi Bisnis

BERIKUTNYA

Gaet Andien, Basboi Rilis Single Pesona dengan Sentuhan Musik Urban Era 2000-an

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: