Benyamin Suaeb (Sumber gambar: Instagram/yayasanbenyaminsuaeb

Daftar Lagu Terbaik Benyamin Suaeb, dari Kompor Meleduk hingga Nonton Bioskop

03 June 2024   |   17:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Benyamin Suaeb adalah seorang maestro. Dia adalah aktor, musisi, dan pelawak yang serba bisa, tergantung dari sisi mana orang melihatnya. Selama kariernya di dunia hiburan, pria yang kerap dijuluki Bang Ben tersebut telah menghasilkan lebih dari 53 judul film dan 75 album musik.

Jejak karya Benyamin di dunia seni sudah mulai menarik perhatian sejak awal medio 1960-an. Kala itu, dia bersama teman-teman sekampungnya di Kemayoran membentuk kelompok musik bernama Melody Boys.

Benar saja, namanya pun terus melambung setelahnya dan sejarah, kemudian mencatatnya sebagai salah satu pelaku seni yang berpengaruh. Merayakan kembali karya-karya dari sang maestro, Yayasan Irama Nusantara dan Yayasan Benyamin Suaeb belum lama ini menggelar pameran bertajuk “Biang Kerok: Pameran Arsip Benyamin Suaeb”.

Baca Juga: Pameran Arsip Benyamin Suaeb di Museum Kebangkitan Nasional 2-14 Juni 2024

Dihelat di Museum Kebangkitan Nasional, pameran yang menampilkan ragam karya Benyamin itu digelar mulai 2 Juni hingga 14 Juli 2024. Melalui program ini, diharapkan ketertarikan masyarakat terhadap kekayaan arsip koleksi musik populer Indonesia semakin besar, utamanya pada karya dar Benyamin yang menjadi teman besar kali ini.

Untuk mengenang kembali karya-karya hebat dari Benyamin, yuk simak beberapa lagu hit yang sempat dipopulerkan olehnya berikut ini:


1. Ondel-ondel


Lagu "Ondel-ondel" begitu melekat dengan Benyamin. Lagu ciptaan dari Djoko Subagyo tersebut sukses dibawakan oleh Benyamin dengan gayanya yang khas. Hingga hari ini, lagu tersebut bahkan masih terus dinyanyikan dalam sejumlah acara budaya.

Lagu Ondel-ondel bercerita tentang maskot khas dari DKI Jakarta yang berupa boneka besar dan biasa diarak di acara-acara besar masyarakat Betawi. Dengan alunan irama yang ceria, lagu ini mengajak para pendengarnya untuk ikut ramai-ramai mengarak ondel-ondel.


2. Kompor Meleduk


"Kompor Meleduk" adalah lagu populer yang ditulis oleh Benyamin Sueb dari pengalamannya saat banjir. Hingga hari ini, lagu tersebut juga masih kerap terdengar dan dinyanyikan oleh banyak orang.

Lagu "Kompor Meleduk" cukup unik. Meski liriknya tampak ringan, lagu ini sebenarnya penuh kritik, utamanya pada bencana banjir dan kebakaran yang kerap terjadi di Jakarta.


3. Hujan Gerimis


"Hujan Gerimis" merupakan lagu ciptaan Benyamin dipopulerkan bersama Ida Rohyani. Sama seperti lagu Benyamin lain, musik di lagu ini juga bernada cerita. Namun, kali ini, Benyamin meramu lagu tersebut seperti seseorang yang sedang membaca pantun.

"Hujan Gerimis" kerap menjadi lagu yang pas untuk menghibur hati yang lara. Lirik di dalamnya mengajak para pendengar untuk tidak bersedih ataupun menyesal dalam hidup. Terutama dalam urusan jodoh.


4. Superman


Lagu "Superman" yang Dibawakan Benyamin juga cukup terkenal. Lagu ini dibuat dengan gambaran jika ada pahlawan super fiktif berada di Indonesia. Benyamin lalu mencoba memadupadankan hal-hal bersifat lokal, seperti tukang becak, asinan, hingga aroma petai ke dalam konteks lagu yang berbahasa Inggris tersebut. Lagu ini juga dengan apik membawa nama Gatot Kaca.


5. Nonton Bioskop


"Nonton Bioskop" adalah lagu yang juga membuat Benyamin terkenal. Lagu ini dahulu berjudul Malam Minggu, tetapi kemudian berubah menjadi Nonton Bioskop. Pada lagu ini, dirinya berkolaborasi dengan Bing Slamet.

Lagu ini mencoba menggambarkan bioskop lebih dari sekadar gedung untuk menonton sebuah film. Sebab, pergi ke bioskop adalah bagian dari gaya hidup.

Baca Juga: Mengolah Rasa Karya-karya Benyamin Suaeb di Museum Mini ICAD 2023

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Resep Maliq & D'Essentials Bikin Lagu-lagu Viral, Strategi & Tim yang Solid Jadi Kunci

BERIKUTNYA

Cara Merebus Dada Ayam untuk Menu Diet Sehat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: