Dada ayam (Sumber foto: freepik/azerbaijan_stockers)

Cara Merebus Dada Ayam untuk Menu Diet Sehat

03 June 2024   |   18:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Menjalankan diet memang bisa menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Ketika sedang diet, sebagian besar yang kita lakukan ada batasannya termasuk untuk makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari. 

Salah satu makanan yang sering menjadi pilihan bagi yang sedang menjalani program diet adalah dada ayam. bagian tubuh ayam yang satu ini sering diolah menjadi hidangan menu diet karena rendahnya kandungan kalori dan tingginya kandungan protein. 

Selain itu, dada ayam juga merupakan salah satu jenis daging yang mengandung sedikit lemak dan memiliki manfaat untuk menambah massa otot dan memperkuat tulang. Daging ini sering dijadikan sebagai salah satu menu diet bergizi yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Tak Boleh Asal, Buku Conscious Diet Ajak Mengenali Tubuh Sebelum Memulai Diet

Bagi Genhype yang sedang menjalani program diet dan ingin memasukan dada ayam sebagai menu diet, kalian juga perlu mengetahui cara merebus dada ayam yang benar. Dilansir melalui Better Homes & Gardens, berikut adalah tipsnya. 
 

Cara Merebus Dada Ayam


 

Langkah 1: Pilih air rebusan

Air untuk merebus ayam bisa berupa air biasa atau rebusan beraroma seperti kaldu ayam atau sari apel. Kalian juga bisa menambahkan air untuk merebus dada ayam dengan menggunakan irisan bawang, wortel, seledri, bawang putih, kaldu, bumbu, garam, serta jus atau kulit lemon untuk memberikan rasa lebih pada ayam.


Langkah 2: Merebus ayam

Setelah kalian menentukan air rebusan dan perasa lainnya, sekarang saatnya untuk merebus dada ayam. Berikut adalah cara merebus dada ayam. 
  1. Masukkan dada ayam ke dalam wajan besar dengan sisi-sisi yang cukup tinggi.
  2. Tambahkan air rebusan untuk dada ayam (sekitar 1½ hingga 2 cangkir atau cukup untuk menutupi dada ayam).
  3. Tambahkan bumbu yang diinginkan.
  4. Didihkan air rebusan kemudian kecilkan api.
  5. Tutup panci dan biarkan ayam mendidih sampai tidak lagi berwarna merah muda dan suhu mencapai 74 derajat Celcius.
  6. Untuk dada ayam tanpa tulang dan kulit, masak selama sekitar 15 menit. Untuk dada ayam dengan tulang dan kulit, masak selama sekitar 30 menit.
  7. Selalu periksa kematangan dada ayam menggunakan termometer daging. 


Langkah 3: Tiriskan air rebusan dan cincang dada ayam 

Jika kalian tidak ingin menyimpan air rebusan, kalian dapat menyingkirkan ayam, menyaring air rebusannya, lalu membuangnya. Namun, jika Genhype ingin menyimpan air rebusan untuk membuat kaldu, kalian perlu menyaring air rebusan tersebut dan melapisi saringannya dengan kain katun untuk membuat kaldu lebih bening.

Setelah itu, kalian dapat menyajikan ayam yang direbus sesuai keinginan, baik dengan di cincang atau mengirisnya untuk digunakan dalam berbagai resep.

Baca Juga: 3 Resep Smoothies Sayuran Sehat yang Cocok untuk Diet

Edtor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Daftar Lagu Terbaik Benyamin Suaeb, dari Kompor Meleduk hingga Nonton Bioskop

BERIKUTNYA

Selain Wagyu, Ini Lo 4 Jenis Daging Premium di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: