Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) (Sumber Foto: Freepik)

Hari Lanjut Usia Nasional 2024 Angkat Tema Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat

29 May 2024   |   08:36 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 29 Mei. Mengutip laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, tahun ini peringatan Hari Lanjut Usia Nasional mengangkat tema Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat.

Peringatan HLUN sendiri menjadi momen di mana negara kita ingin memberikan apresiasi berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan, dan memajukan bangsa. 

Baca juga: Sejarah & Tujuan Hari Lansia Nasional yang Diperingati Tiap 29 Mei

Menengok kembali sejarahnya, HLUN diinisiasi oleh Dr. KRT. Radjiman Wedyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI pada 29 Mei 1945. Sebagai anggota paling sepuh (tertua), dia mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia. Sampai akhirnya, HLUN dicanangkan pertama kali secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada 29 Mei 1996 di Semarang.

Peringatan HLUN pada 2024 kali ini memiliki nuansa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena diisi oleh banyak kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, terutama kelompok lansia. Sebelumnya perlu diketahui, Indonesia merupakan wilayah rawan bencana, sehingga membawa pengaruh yang besar terhadap eksistensi lansia.

Terutama mereka yang tinggal di kawasan-kawasan rentan bencana seperti konflik, banjir, tanah longsor, gunung berapi, tsunami, gempa bumi, dan kebakaran. Situasi tersebut makin memperparah kondisi lansia dan kualitas hidupnya. Oleh karenanya, negara bersama para stakeholder berupaya untuk menangani masalah tersebut.

Peran negara ditandai dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan. Melalui aturan ini, pemerintah memberikan perhatian khusus kepada Lanjut Usia.

Mandat Peraturan Presiden tersebut ditujukan kepada Kementerian/Lembaga untuk mewujudkan Lanjut Usia Sejahtera, Mandiri, dan Bermartabat. Hal ini sebagaimana dituangkan dalam tema peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2024 Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat.

Adapun, Hari Lanjut Usia Nasional 2024 yang jatuh pada 29 Mei akan dipusatkan di Kabupaten Aceh Utara. Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan sejak awal Mei seperti pelayanan kesehatan dan penguatan lansia potensial. Mengangkat tema Lansia Terawat Indonesia Bermartabat, HLUN berkomitmen untuk memberikan penghidupan yang layak dan meningkatkan kesejahteraan lansia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini, mengatakan HLUN yang berlangsung di Aceh Utara merupakan salah satu bentuk kepedulian Kementerian Sosial terhadap warga lanjut usia. HLUN akan berfokus pada beberapa sub tema. Salah satunya adalah pelayanan kesehatan seperti operasi katarak, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Pemenuhan hak sipil juga menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan. Kemensos terus bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyediakan layanan perekaman KTP elektronik dan kartu keluarga bagi lansia.

Layanan ini memungkinkan perekaman door to door bagi lansia yang tidak bisa datang ke lokasi perekaman. Selain itu, Kemensos juga memfasilitasi isbat nikah dan pembuatan akta nikah lansia.

Tak sampai di sana Kemensos juga berfokus pada peningkatan aksesibilitas lansia dengan menyalurkan alat bantu seperti kursi roda, tongkat adaptif, kacamata, dan alat bantu dengar. Harapannya, bantuan ini dapat membantu memudahkan activity daily living.

Selain itu, bagi lansia potensial, Kemensos mendorong kreativitas dengan memberikan pelatihan, pameran hasil karya, dan pemberian bantuan modal usaha. Pemerintah juga membangun kembali rumah lansia yang tidak layak huni melalui program Rumah Sejahtera Terpadu (RST). 

Baca juga: 4 Jenis Olahraga untuk Mengatasi Nyeri Lutut pada Lansia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fitur Kamera Samsung Galaxy A35 5G vs Vivo V30e, Mana yang Unggul?

BERIKUTNYA

Jadwal Pertandingan Singapore Open 29 Mei 2024, Ginting Bertemu Lee Zii Jia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: