Contoh tulang dalam tubuh. (Sumber gambar : Unsplash/Kenny Ellason)

Cegah Sakit Pinggang saat Mudik, Lansia Wajib Perhatikan Ini!

26 April 2022   |   13:06 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perjalanan mudik terkadang membutuhkan waktu yang panjang dan melelahkan, terlebih jika dilakukan melalui jalur darat menggunakan mobil pribadi maupun angkutan umum. Bagi para lansia, hal ini bisa menjadi masalah karena mereka tidak bisa duduk terlalu lama. Keluhan nyeri pinggang atau tulang belakang bisa saja muncul, terutama mereka yang mengalami osteoporosis.

Dokter Spesialis Bedah Orthopedi dan Traumatologi, Konsultan Tulang Punggund dari Eka Hospital BSD Luthfi Gatam menerangkan, untuk menghindari risiko nyeri pinggang atau tulang belakang bagi lansia yang melakukan perjalanan jauh yakni memperhatikan posisi duduk.

"Duduk tidak terlalu rendah, patokan kursi meja makan. Itu patokan duduk lebih nyaman," ujarnya saat diwawancarai di Eka Hospital BSD, Selasa (26/4/2022).

Usahakan pula ada sandaran saat duduk. Jika tidak, nanti kata Luthfi akan terasa melelahkan.

Selain itu, jangan duduk dalam posisi merebahkan badan. Memang, awalnya akan terasa nyaman, namun hal tersebut justru membebani tulang belakang. 

Dalam perjalanan, sebisa mungkin untuk beristirahat setidaknya setiap 2 jam sekali. Istirahat yang dimaksud yakni bangun untuk berdiri atau jalan beberapa saat. 

"Bisa istirahat di rest area. Bisa lakukan gerakan tertentu seperti stretching, menarik badan ke belakang," jelas Luthfi.

Sementara itu, dia menyarankan agar lansia tidak mudik menggunakan motor. Jika terpaksa, usahakan beristirahat dalam 1 jam sekali.

Bagi mereka dewasa muda, istirahat bisa dilakukan 2 jam sekali untuk melemaskan otot. "Karena kalau naik motor otot bekerja, bisa kontraksi. Itu harus diistirahatkan, termasuk pakai tas berat. Itu bisa jadi beban buat tulang," tegas Luthfi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Infinix Hot 12i Dirilis, Cek Spesifikasi & Harganya

BERIKUTNYA

Ini 7 Film Rekomendasi Mola untuk Temani Minggu Terakhir Ramadan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: