Musisi Marcell Siahaan, Oslo Ibrahim, dan Teza Sumendra tampil dalam acara BNI Java Jazz Festival 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/5/2024). (Sumber gambar: IBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

Marcell Siahaan: BNI Java Jazz Festival 2024 Masih Jadi Panggung yang Sakral Bagi Musisi

26 May 2024   |   17:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Konser BNI Java Jazz Festival 2024 patut dikenang sebagai hajat musik yang penuh memori. Ribuan penonton dari dalam negeri maupun luar negeri berbondong-bondong datang demi menyaksikan penyanyi yang mereka suka tampil secara langsung di atas panggung.

Memasuki edisi ke-19, festival yang diketuai oleh Dewi Gontha ini masih menunjukkan kemagisannya. Tahun ini, total ada 11 panggung yang disediakan untuk mengakomodir keseruan dan momen berkesan untuk sama-sama menikmati musik.

BNI Java Jazz Festival 2024 masih belum ditinggalkan penikmatnya, pun penampilnya. Festival ini masih terus menjadi panggung yang dielu-elukan dan diimpikan oleh sebagian besar musisi.

Baca Juga: Daftar Musisi yang Jadi Highlight Hari Terakhir BNI Java Jazz Festival 2024

Salah satu penampil, Marcell Siahaan, mengatakan BNI Java Jazz 2024 adalah festival yang selalu ditunggu banyak orang. Dia mengaku bersyukur diberi kesempatan tampil di panggung ini kembali. Sebab, tak semua musisi punya peluang unjuk kebolehan di sini.

“Java Jazz itu sakral. Bisa manggung di sana itu kayak kehormatan,” ucap pelantun lagu Takkan Terganti tersebut.

Baginya, selalu ada perasaan berbeda ketika manggung di Java Jazz. Dia bahkan mengibaratkan festival ini seperti sebuah tolok ukur pencapaian  tersendiri bagi para musisi. Hal inilah yang membuat setiap musisi selalu bersemangat ketika tampil di sini.

“Setiap manggung di Java Jazz, kayak dapat tropi lagi. Begitu terus,” imbuhnya.
 

Musisi Marcell Siahaan tampil dalam acara BNI Java Jazz Festival 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Musisi Marcell Siahaan tampil dalam acara BNI Java Jazz Festival 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/5/2024). (Sumber gambar: IBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

Grup band Incognito tampil dalam acara BNI Java Jazz Festival 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Grup band Incognito tampil dalam acara BNI Java Jazz Festival 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/5/2024). (Sumber gambar: IBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)


Segendang sepenarian, Brigitta Sriulina Beru Meliala atau dikenal dengan nama panggung Idgitaf juga mengatakan hal senada. Menurutnya, tampil di panggung Java Jazz masih menjadi sebuah kehormatan yang besar baginya.

Pelantun lagu Satu-satu ini pertama tampil di Java Jazz pada 2022. Kala itu, dirinya tampil di panggung outdoor di area depan, untuk menyambut para penonton yang hadir ke festival. Kali ini, dia mendapat panggung di MLDSpot Stage Bus.

“Hari ini aku bahagia sekali kembali di Java Jazz. Ini adalah festival impianku," ucap dia dari atas panggung.

Tak jauh berbeda, Ananda Badudu juga menyebut Java Jazz adalah festival impiannya. Dia pun senang bisa tampil di salah satu perhelatan musik yang ditunggu setiap tahunnya.

Ananda tampil pada Sabtu (25/5/2024) sore. Penampilannya seolah jadi pembuka sebelum festival ini melewati malam-malam yang penuh kejutan di setiap panggungnya.

"Senang sekali bisa bertemu kalian di hari ini. Semoga bisa bertemu lagi di lain waktu. Terima kasih juga untuk Java Jazz telah mengundang kami untuk tampil di acara ini. Saya berharap semuanya terhibur," kata Ananda Badudu.

BNI Java Jazz Festival 2024, Hajatan musik tahunan itu diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut pada 24-26 Mei 2024 di Jakarta International Expo Kemayoran. Tahun ini, Java Jazz Festival (JJF) menghadirkan sekitar 120 pertunjukan yang bakal dibawakan oleh sebanyak 27 musisi internasional serta 77 musisi lokal.

Menjadi gelaran edisi ke-19, JJF 2024 mengangkat tema Embracing Unity Through Music. Dengan tema persatuan tersebut, salah satu festival tertua di Indonesia ini ingin menyoroti musik sebagai bahasa universal yang mampu mendorong kebersamaan dan menyatukan masyarakat dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Snoh Aalegra, Headliner Hari Ketiga di BNI Java Jazz Festival 2024

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Rampung Digelar, Ini Film-film yang Menjadi Sorotan di Festival Film Cannes 2024

BERIKUTNYA

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Setelah Maraton Supaya Terhindar dari Cedera

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: