Musisi Salma Salsabil tampil dalam acara BNI Java Jazz Festival 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/5/2024). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Penampilan Menghentak Salma Salsabil di BNI Java Jazz Festival 2024 Hari Pertama

24 May 2024   |   20:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hari beranjak malam. Penonton makin banyak berdatangan ke area konser BNI Java Jazz Festival 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Beberapa di antaranya tampak terburu-buru untuk berpindah dari satu panggung ke panggung yang lain. Sesak, tetapi semarak.

Sebagian dari mereka lalu mulai memenuhi panggung outdoor Java Jazz Stage. Tepat pukul 18.45 WIB-19.45 WIB, salah satu penyanyi muda yang paling diantisipasi tahun ini, Salma Salsabil, bakal tampil di panggung tersebut.

Kebanyakan dari mereka yang datang di area panggung ini adalah kawula muda. Sebagian datang bersama pasangan, tetapi yang lain kebanyakan bergerombol, tampak hadir bersama teman-teman sepermainan. 

Baca juga: Barry Likumahuwa Bawakan Album Salute The Rollies di BNI Java Jazz Festival 2024 

Nyaring bunyi saksofon dan hentakan drum membuka konser Salma Salsabil. Jebolan Indonesian Idol itu memilih lagu "Semua Jadi Satu" untuk menghentak para penonton yang telah menantinya sedari tadi. Penampilannya begitu energik di atas panggung. Dia tak segan untuk ikut berjingkrak bersama penonton. Kendati demikian, suara beratnya terasa tetap prima.

"Come Together" lalu dipilih jadi lagu kedua yang dinyanyikan. Dibawakan dalam konsep segar, perempuan berkerudung itu menawarkan aransemen jaz yang ciamik.

"Selamat malam semuanya. Salam kenal saya Salma Salsabil. Hari ini saya enggak datang sendiri, spesial sekali panggung yang saya impikan dari dulu, ada orang-orang di belakang saya yang mendukung saya luar biasa," ungkap Salma saat jeda lagu.

Malam itu, Salma sedikit mengenang perjalanannya. Salah satunya adalah melalui single pertama yang dirilisnya setelah lepas dari kompetisi. Menurutnya, lagu ini menjadi karya yang terus melanggengkan namanya.

Ya, single itu berjudul "Menghargai Kata Rindu". Lagu yang mengisahkan cinta LDR itu pun dibawakan dengan syahdu. Alunan musiknya terasa lebih pelan dari yang pertama, seolah membiarkan penonton untuk meresapi tiap liriknya. 
 

 

 

Salma Salsabil (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Salma Salsabil (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Penyanyi kelahiran 2002 itu kemudian membawakan "To be With You" di lagu ketiga. Di momen inilah, kehangatan terjadi. Salma dan penonton saling berbagi energi, menyanyi bersama dan larut dalam irama. Satu hal yang cukup menarik adalah ketika dia memberi spotlight pada sejumlah personel band. Dia meminta para personel, seperti pemain saksofon, bas, maupun backing vokal, untuk unjuk kebolehannya.

Tampil di panggung impian, rasanya benar-benar dimanfaatkan dengan sepenuhnya oleh Salma. Dia beberapa kali menunjukkan kepiawaiannya dalam bernyanyi, termasuk dalam mengambil nada tinggi dan panjang di lagu "Lean On".

Lalu, tibalah saat yang dinanti. Salma membawakan lagu "Rumah". Ini adalah single terbarunya yang dirilis belum lama ini. Malam itu, dirinya juga menghibur para penonton dengan membawakan beberapa lagu hitnya.

Salma Salsabil Aliyyah Putri Mandaya atau lebih dikenal Salma Salsabil merupakan penyanyi muda yang tengah naik daun. Dia adalah pemenang Indonesian Idol musim ke-12. Saat masih di kompetisi tersebut, dia dikenal dengan julukan Queen of Trending dan Queen of Standing Ovation karena performanya yang selalu mencuri perhatian.

Setelah keluar sebagai pemenang, Salma terus eksis di dunia musik dengan rajin merilis single. Lagu yang menjadi debutnya, "Menghargai Kata Rindu" meluncur pada 19 Mei 2023. Hingga hari ini, lagu tersebut telah ditonton lebih dari 5,5 juta kali di YouTube.

Lagu keduanya bertajuk "Bunga Hati" yang dirilis pada tahun yang sama juga sukses besar. Hal itu terbukti dengan masuk di Spotify Top 100 Charts. Tahun ini, Salma Kembali mengeluarkan single baru bertajuk "Rumah" yang dirilis hanya dua bulan sebelum Java Jazz Festival 2024 digelar. 

Lagu yang merupakan ciptaannya sendiri itu langsung bertengger di trending 1 YouTube saat baru dirilis. Hingga kini, lagu tersebut sudah ditonton sebanyak 3,6 juta kali. Inilah yang membuat ke depan, kehadiran Salma di industri musik Tanah Air patut menjadi sorotan.

Baca juga: Hari Pertama, Maliq & D'Essentials Gebrak Panggung BNI Java Jazz Festival 2024 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Meski Baik untuk Tulang, Penumpukan Kalsium Berisiko Menyumbat Jantung

BERIKUTNYA

5 Video Essay Viral di YouTube: Dilema Cinta Gen Z hingga Teori Konyol

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: