Ilutrasi seseorang bermain mobile game dari Google Play Store (Sumber gambar: Pexels/Rdne)

Begini Lo Cara Mengembangkan Game Seru di Google Play Store

24 May 2024   |   08:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bekerja di industri game membutuhkan kreativitas tinggi untuk menciptakan sebuah permainan yang menyenangkan dan memberikan pengalaman seru bagi pengguna. Indonesia dengan kekayaan budayanya menjadi tempat penuh inspirasi bagi para game developer.

Own Games, salah satu dari empat tim asal Indonesia yang mengikuti Indie Games Accelerator (IGA) 2024, mengangkat ciri khas lokal sebagai konsep game mereka.

Dua gim mereka yaitu Clackers Master: Latto-Latto terinspirasi dari permainan anak-anak yang kembali viral beberapa waktu lalu. Saat ini, permainan itu berhasil diunduh sebanyak lebih dari 5 juta kali di Google Play. Selain itu, game Tahu Bulat dengan karakter utama Akang Tahu yang berjualan di Bandung, juga berhasil diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali.

Eldwin, CEO Own Games mengatakan timnya melihat potensi yang besar untuk menyajikan kedua kearifan lokal itu dalam versi digital. “Kami melihat latto-latto dan tahu bulat adalah dua hal yang dekat dengan masyarakat Indonesia, ini yang menjadi inspirasi kami dalam menciptakan game yang familiar dengan keseharian kita,” jelasnya. 

Baca juga: 10 Video Game Bertema Olahraga Terlaris Sepanjang Masa

Marcus Foon, Global Program Manager, Indie Games Accelerator & Community mengatakan faktor yang paling penting untuk menarik perhatian para gamer sebenarnya adalah menciptakan pengalaman yang berkesan dan inspiratif saat memainkan gimnya. 

“Developer gim Indonesia perlu kreatif, penting bagi mereka mengeksplorasi spektrum desain game yang lengkap, menemukan apa yang selaras dengan audiens mereka, dan pada akhirnya menciptakan game yang meninggalkan kesan yang mendalam untuk gamer secara global,”ujarnya. 

Meskipun faktor-faktor seperti tingkat kesulitan, cerita yang menggugah, atau bahkan kesederhanaan dapat memainkan peran, Marcus merekomendasikan developer untuk juga fokus pada tiga hal ini ketika mengembangkan sebuah gim.
  1. Game developer perlu benar-benar mempertimbangkan apa yang membuat gim itu menonjol, terutama di pasar saat ini, dan apa yang membuatnya berbeda. Jelajahi tema-tema unik, mekanisme yang inovatif, dan visual yang distingtif. 
  2. Tentukan untuk siapa game itu ditujukan. Memahami profil gamer secara tepat dan ideal dapat mempengaruhi pemilihan desain untuk tingkat kesulitan, kompleksitas alur cerita, dan ciri khas gim.
  3. Buatlah game yang benar-benar berkesan untuk dimainkan. Pastikan gim memiliki mekanisme permainan yang memuaskan dan menyenangkan untuk diulang. 
Own Games juga sependapat bahwa game yang menarik adalah yang dapat memberikan pengalaman menyenangkan. Untuk memastikan hal tersebut, tim kerap melakukan survei dan play testing, baik secara internal maupun eksternal.

“Own Games banyak berdiskusi dengan para mentor IGA dan para ahli industri agar mendapatkan lebih banyak insight sekaligus memotivasi kami untuk terus belajar. Dari diskusi tersebut, kami kembali lagi ke nilai utama yang harus dijunjung seorang game developer yaitu membuat gim yang se-menyenangkan mungkin,” tutur Eldwin. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Terbaik Rilis Mei 2024: Homeworld 3 hingga F1 24

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Mengintip Koleksi Ready to Wear Deluxe Karya-karya Desainer Muda ISBI

BERIKUTNYA

Menyaksikan Eksotisnya Batuan Tua di Geosite Batu Runcing Sawahlunto

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: