Smartphone lipat Samsung Galaxy Z Flip (Sumber gambar: Unsplash/Jonas Leupe)

Bocoran Spesifikasi Kamera dan Layar Samsung Galaxy Z Flip6

22 May 2024   |   13:21 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ponsel lipat (foldable) makin digandrungi masyarakat. Hampir semua brand smartphone populer saat ini sudah memiliki lini produk ponsel lipatnya sendiri, salah satunya yang paling mentereng di bidang ini adalah Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan itu punya dua lini ponsel lipat yakni Galaxy Z Fold dan Z Flip. 

Tahun lalu, Samsung telah memperkenalkan seri ponsel lipat paling mutakhir yang tersedia di pasaran saat ini yakni Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Z Flip5. Kini, mereka tengah bersiap menghadirkan suksesornya, yakni ponsel lipat generasi keenam, Z Fold6 dan Z Flip6. 

Meski belum ada informasi resmi mengenai hal tersebut, tapi sejumlah laporan dan bocoran telah memberi gambaran soal peningkatan spesifikasi dan fitur yang akan hadir di smartphone lipat terbaru Samsung. Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut bocoran spesifikasi khususnya untuk Galaxy Z Flip6.  

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 6 Disebut Siap Meluncur Pada Juli 2024
 

1. Jadwal perilisan 

Dilansir dari Sammobile, Samsung tampaknya bakal mengumumkan Galaxy Z Flip6 di ajang Galaxy Unpacked mendatang, yang rencananya dihelat pada Juli 2024. Tanggal pastinya diprediksi jatuh pada 10 Juli. Hal ini sejalan dengan jangka waktu perilisan Galaxy Fold dan Flip generasi sebelumnya. 
 

2. Layar & desain 

Sebuah laporan dari Smartprix menyebutkan bahwa Z Flip6 tampaknya tidak akan mendapat banyak perubahan dari segi desain dan layar. Bentuk dasarnya masih akan sama, dengan layar utama berukuran 6,7 inci dan layar cover 3,4 inci. Satu-satunya perbedaan mungkin ada di ketebalan perangkat, yang sedikit lebih tipis dari seri sebelumnya. 

Sementara itu, bagian layarnya tetap memakai layar FHD+ Dynamic AMOLED dengan refresh rate 120hz untuk bagian utamanya. Sedangkan, layar cover-nya memakai panel Super AMOLED 3,4 inci. 
 

3. Kamera 

Beda dengan sektor layar dan desain yang tidak mengalami banyak update, bagian kamera Galaxy Z Flip6 disebut-sebut mendapat peningkatan signifikan. Laporan dari 91mobiles menyatakan bahwa smartphone generasi terbaru itu bisa jadi akan mengusung kamera belakang beresolusi 50MP pixel binning, naik dari Z Flip5 yang memakai kamera 12MP. 

Sejauh ini, masih belum ada detail mengenai sensor ultralebar dan swafoto untuk ponsel lipat mendatang. Sebagai perbandingan, di Z Flip5, Samsung menggunakan lensa ultrawide 12MP dan kamera depan 10MP. 
 

4. Prosesor & memori 

Menurut informasi dari pembocor Korea Selatan @kro_roe, Samsung masih akan menerapkan perbedaan prosesor di Galaxy Z Flip6 tergantung pasar yang dituju. Ponsel yang akan dipasarkan di Amerika Serikat bakal memakai cip Snapdragon, sementara wilayah lainnya menggunakan prosesor Exynos. 

Masih belum ada informasi nomor model prosesor yang akan diusung. Namun, beberapa pihak menyebut bahwa Samsung akan memilih antara Snapdragon 8 Gen 3 dan Exynos 2400 untuk ponsel lipat vertikalnya tersebut. 

Selain itu, perusahaan juga disebut akan menghadirkan varian RAM 8GB dan 12GB serta memori penyimpanan 256GB dan 512GB. Namun, kapasitas yang lebih besar juga tidak akan dirilis secara global, tapi terbatas di wilayah tertentu. 

Baca juga: Cek Daftar Ponsel & Tablet Samsung Lawas yang Bakal Kebagian Fitur Galaxy AI

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Trik Sutradara Sidharta Tata Meramu Fantasi Alam Mimpi di Film Malam Pencabut Nyawa

BERIKUTNYA

Kang Han Na Siap Bintangi Drakor Cashero Bersama Junho 2PM dan Kim Hye Joon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: