Pengguna mencoba fitur Circle to Search with Google di Galaxy S24 Plus. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Cek Daftar Ponsel & Tablet Samsung Lawas yang Bakal Kebagian Fitur Galaxy AI

15 April 2024   |   16:40 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pengguna ponsel dan tablet Samsung sepertinya siap semringah. Pasalnya perusahaan teknologi asal Korea Selatan itu disebut akan menggulirkan fitur andalan smartphone terbarunya, Galaxy S24 Series, yakni Galaxy AI ke sejumlah perangkat keluaran yang lebih lama.

Sejauh ini, Galaxy S23 series, Galaxy Z Flip 5, Galaxy Fold 5, hingga Galaxy Tab S9 series sudah kebagian fitur tersebut. Terbaru, Samsung juga berencana untuk membawa sejumlah fitur tertentu di Galaxy AI ke beberapa ponsel dan tablet mereka yang rilis beberapa tahun lalu. 

Baca juga: Mantap! Jajaran Produk Flagship Samsung Ini Bisa Pakai Fitur Galaxy AI

Mengutip The Verge, Samsung mau membawa Galaxy AI ke perangkat flagshipnya yang lebih lawas melalui update One UI 6.1. Informasi ini berdasarkan laporan dari 9to5Google dan Android Central. Keduanya mengacu pada unggahan seorang perwakilan Samsung di forum komunitas perusahaan di Korea Selatan. 

Adapun, jajaran ponsel yang mendapat fitur andalan Samsung meliputi ponsel yang rilis pada 2022. Seperti S22, S22 Plus, S22 Ultra, Z Fold 4, Z Flip 4, Tab S8, dan Tab S8 Ultra. Semua ponsel itu akan mendapat fitur Galaxy AI yang sama dengan milik Galaxy S23 FE.
 

Namun, fitur Galaxy AI yang akan dibawa ini tidak termasuk fitur Instant Slow-Mo. Slow-Mo adalah fitur yang secara otomatis memutar video dalam gerakan lambat setelah pengguna ponsel mengetuknya. Fitur ini diperkenalkan ke Galaxy AI dengan lini S24, meskipun kini juga tersedia di model S23. 

Tidak hanya itu, jika kamu adalah pemilik smartphone Samsung yang rilis 2021, Samsung juga memberikan update terbatas Galaxy AI. Update tersebut akan menghadirkan dua fitur Galaxy AI, Circle to Search dan Magic Rewrite, ke S21, S21 Plus, S21 Ultra, Flip 3, dan Fold 3. 

Untuk diketahui, sebelumnya Samsung telah membuka kesempatan bagi para pengguna Android untuk merasakan fitur artificial intelligence (AI) yang ada pada Galaxy S24 Series, tanpa harus mengganti ponsel. Cukup dengan melakukan upgrade signifikan pada aplikasi Try Galaxy yang sebelumnya dirancang untuk para pengguna iOS, meski akhirnya diterapkan di Android.

Aplikasi Try Galaxy yang diperbarui akan memberikan simulasi pengalaman melihat layar beranda Galaxy S24 yang sebenarnya. Saat membuka aplikasi, pengguna dapat langsung merasakan berbagai tutorial dan konten interaktif sehingga mereka bisa dengan mudah memahami navigasi antarmuka terbaru yang dihadirkan.
 
Widget baru pada halaman kedua di beranda akan menghadirkan fitur Galaxy AI dari Galaxy S24 Series dan fitur kamera canggihnya. Pengguna bisa mengklik setiap item untuk menonton video demonstrasi pendek yang menjelaskan setiap fitur dan bagaimana fitur tersebut dapat digunakan sehari-hari. 

Nantinya, tanda centang akan muncul di sebelah item yang sudah selesai didemonstrasikan, sehingga pengguna dapat melacak progres mereka. Selain fitur AI, widget ini juga memberikan pengalaman menggunakan kamera canggih di Galaxy S24 Series.

Pada saat sedang berada dalam aplikasi, pengguna juga dapat melihat Tema Galaxy terbaru yang ditawarkan oleh Galaxy S24 Ultra. Sebagai bonus, terdapat tiga tipe Art Wallpapers seperti grafiti dan pop art yang bisa pengguna download

Berikut daftar ponsel dan tablet Samsung yang akan menerima update Galaxy AI:

Produk Rilisan 2021
  • Galaxy S21
  • Galaxy S21+
  • Galaxy S21 Ultra
  • Galaxy Z Fold 3
  • Galaxy Z Flip 3

Produk Rilisan 2022
  • Galaxy S22
  • Galaxy S22+
  • Galaxy S22 Ultra
  • Galaxy Z Fold 4
  • Galaxy Z Flip 4
  • Galaxy Tab S8
  • Galaxy Tab S8+
  • Galaxy Tab S8 Ultra
Baca juga: Cara Memaksimalkan Fitur AI di Samsung Galaxy S24 Series

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Susul Badarawuhi di Desa Penari, Film Siksa Kubur Raih 1 Juta Penonton Hari Ke-4 Penayangan

BERIKUTNYA

Cara Menggunakan Perangkat Audio yang Aman bagi Kesehatan Telinga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: