Samsung Galaxy Z Fold 5 (Sumber gambar: tangkapan layar laman Samsung)

Samsung Galaxy Z Fold 6 Disebut Siap Meluncur Pada Juli 2024

26 April 2024   |   12:13 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bebagai bocoran dan spesifikasi tentang Samsung Galaxy Z Fold 6 mulai bertebaran di dunia maya. Meskipun belum ada konfirmasi resmi, produk gawai lipat pintar dari perusahaan asal Korea Selatan itu disebut-sebut akan meluncur pada Juli 2024.

Pada saat yang sama, Samsung tengah bersiap untuk acara peluncuran musim panas yang cukup besar, dengan laporan baru yang menunjukkan acara Galaxy Unpacked berikutnya akan diselenggarakan pada 10 Juli.

Baca juga: Mantap! Jajaran Produk Flagship Samsung Ini Bisa Pakai Fitur Galaxy AI

Rumor yang beredar selama beberapa terakhir menyebutkan bahwa Samsung akan mengadakan acara peluncuran pada bulan Juli untuk perangkat Galaxy berikutnya, tetapi tanggal spesifiknya tidak pernah disebutkan. Belum lama ini, SamMobile mengklaim bahwa tanggal peluncuran yang dimaksud adalah 10 Juli.

Peluncuran Samsung Galaxy Z Fold 6 tersebut juga disebut-sebut akan berbarengan dengan meluncurnya Galaxy Ring di pasar. Kemudian, gawai ini dikabarkan juga akan meluncur bersama dengan Galaxy XR.

Sejauh ini, berbagai macam spesifikasi dan fitur tentang gawai pintar lipat tersebut sudah merebak di dunia maya. GSMArena menyebutkan bahwa Samsung akan mengeluarkan Galaxy Z Fold 6 baru dalam dua model.

Salah satu model yang akan keluar adalah Galaxy Z Fold 6 Ultra, seperti seri Galaxy S yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, manajemen juga akan mengeluarkan model biasa dengan nama kode internal Q6.

Perbedaan antara kedua model masih menjadi diskusi para pencinta gawai pintar. Namun, laporan tersebut menunjukkan bahwa kamera di model Ultra lebih mumpuni jika dibandingkan dengan model biasa.

Sementara itu, Smartprix menuliskan perusahaan menyematkan 3 kamera di belakang dengan flash yang memiliki jarak dekat dengan modul kamera. Posisi ini membuatnya sama dengan Galaxy Z Fold 5.

Selain itu, Samsung juga disebut menyematkan kamera selfie punch-hole di layar luar dan kamera selfie di bawah bingkat, di layar bagian dalam. Smartprix memperkirakan kemungkinan besar ponsel Galaxy Z Fold 6 menggunakan sensor yang sama dengan Galaxy Z Fold 5.

Adapun, ukuran kamera yang dipasang tidak menutup kemungkinan memiliki resolusi 50 MP + 12 MP + 10 MP di bagian belakang. Sementara kamera untuk swafoto atau selfie sebesar 10 MP. Adapun, kamera selfie yang terpasang di bagian bawah memiliki resolusi 4 MP.

Smartprix menuliskan bahwa Galaxy Z Fold 6 diperkirakan akan memiliki layar sampul 6,2 inci dan bagian dalam 7,6 inci. Setiap layar yang terpasang dalam gawai pintar itu akan berteknologi Dynamic Amoled dengan refresh rate 120 Hz.

Layar bagian dalam akan terbuat dari plastik atau kaca yang sangat tipis dan menggunakan Corning Gorilla Glass Armor baru untuk perlindungan. Layar gawai pintar itu diperkirakan memiliki kecerahan maksimal hingga 2.600 Nits.

Dari sisi dapur pacu, Smartprix dan OnLeaks memperkirakan Samsung akan menyematkan chipset Snapdragon 8 Gen 3 For Galaxy. Kemudan, RAM yang terpasang berukuran 12 GB atau 16 GB dengan kapasitas penyimpanan UFS 4.0 hingga 1 TB.

Terkait dengan desain, Galaxy Z Fold 6 memiliki bingkai kotak yang mirip dengan seri S24. Selain itu, gawai pintar itu juga masih menggunakan port yang sama di bagian atas dan bawahnya. Kemudian, Samsung juga menyematkan tiga mikrofon dan kisi-kisi speaker di bagian atasnya.

Di bagian bawah gawai tersebut terdapat port USB C, mikrofon lainnya, dan juga kisi-kisi speaker. Kemudian, Samsung Galaxy Z Fold 6 itu juga memiliki speaker dengan desain grill baru yang memiliki gaya sama seperti seri Galaxy S24 paling anyar.

Selain itu, tombol power dengan pemindai sidik jari dan volume berada di sebelah kanan. Adapun, slot kartu sim tersemat di bagian kiri gawai pintar itu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Guncang Dunia K-Pop, Cek Kronologi Konflik CEO ADOR Min Hee-jin vs HYBE

BERIKUTNYA

Bukan Dolar AS, Berikut 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia Saat Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: