ilustrasi (sumber gambar : RDNE Stock project/pexesl)

Survei: 94% Netizen Setuju Keputusan Membeli Terbujuk Influencer

22 May 2024   |   13:16 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Tak dapat dipungkiri bahwa para influencer atau key opinion leader (KOL) memiliki peran yang sangat besar untuk memengaruhi para pengikutnya (followers). Secara lebih luas, mereka mampu membentuk perilaku dan mempengaruhi keputusan belanja konsumen di Indonesia.

Hal ini dikonfirmasi oleh survei yang dilakukan oleh konsultan komunikasi Vero bersama group riset pasar dan analisis data global YouGov terhadap 2.000 responden dari berbagai latar belakang demografis.

Survei tersebut menemukan bahwa 94% responden mengatakan bahwa influencer telah memberikan pengaruh dalam membentuk pola perilaku serta keputusan pembelian mereka. Melihat pengaruh yang besar tersebut, penting bagi brand atau perusahaan mengintegrasikan peran influencer ke dalam strategi pemasaran mereka.

Baca juga: Begini Cara Efektif Gunakan Jasa Influencer Untuk Pemasaran

Brian Griffin, CEO Vero mengatakan survei tersebut menunjukkan bahwa potensi besar yang dimiliki influencer dalam memengaruhi pembentukan pola pikir dan perilaku masyarakat telah melewati batas demografi.

Sebagian besar masyarakat Indonesia, terlepas dari usia, tingkat pendapatan, dan lokasi geografis, mengakui bahwa mereka dipengaruhi oleh konten dari influencer. Hal ini membuka peluang besar bagi bisnis dan organisasi untuk bekerja sama dengan influencer dalam menyampaikan pesan mereka.

“Namun untuk mencapai hasil terbaik, penting selalu menggunakan data dan proses yang terstruktur,” jelasnya dalam konferensi pers, Senin (21/5/2024).

Edward Hutasoit, General Manager at YouGov, mengatakan ketika brand bermitra dengan influencer, cara tersebut tidak hanya menjadi taktik pemasaran saja, tetapi juga terhubung dengan audiens secara autentik dan menciptakan dampak yang signifikan melalui kepercayaan mereka terhadap influencer.

Tim influencer Vero merekomendasikan agar perusahaan memanfaatkan potensi pemasaran influencer yang terus berkembang sebagai pilar utama dalam strategi komunikasi dan pemasaran mereka. Konten pemasaran influencer pun harus difokuskan pada storytelling yang autentik, bukan hanya sekadar hiburan.

Chatrine Siswoyo, Senior Advisor ASEAN Vero, menekankan pentingnya hubungan autentik dalam konteks ini. Sebab, efektivitas pemasaran influencer berakar pada hubungan yang tulus antara perusahaan dan kreator konten yang dibangun berdasarkan kepercayaan dan nilai-nilai bersama.

“Mengenali influencer sebagai individu-individu yang berbeda-beda dengan perspektif unik masing-masing memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan pesan merek (brand) secara relevan kepada audiens, sehingga meningkatkan kesadaran merek dan mendorong konversi," jelasnya.

Selain itu, menggunakan analisis data yang mendalam sangat penting dalam mengoptimalkan strategi pemasaran influencer. Rangkaian solusi pemasaran influencer eksklusif Vero, InFluent, memastikan proses dan strategi yang terukur dalam mengelola kampanye influencer dan mengukur efektivitas konten.

Metodologi identifikasi influencer TrueVibe, menyediakan proses berbasis data untuk membantu merek mengidentifikasi dan berinteraksi dengan influencer yang dapat memberikan dampak dan hasil optimal untuk kampanye mereka.

Dengan menganalisis tingkat interaksi dan insight audiens, menyusun konten yang relevan, memilih influencer yang tepat untuk kampanye mereka, serta mengevaluasi hasil konkret dari upaya pemasaran dengan lebih baik.

Baca juga: Brand Kecantikan Perkuat Strategi Pemasaran dengan Beauty Influencer

Pendekatan ini tidak hanya menjadikan proses pengambilan keputusan lebih strategis, tetapi juga memastikan bahwa kerja sama dengan influencer memberikan nilai tambah yang optimal sesuai dengan tujuan pemasaran secara menyeluruh.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Horor Paku Tanah Jawa, Tayang 6 Juni 2024

BERIKUTNYA

Hypeprofil Erisca Febriani: Menulis Untuk Berbagi Kebahagiaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: