Grup musik Voice of Baceprot (Sumber gambar: X/Voice of Baceprot)

Voice of Baceprot & Mahalini Masuk Forbes 30 Under 30 Asia 2024

17 May 2024   |   16:36 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Grup musik metal asal Garut, Voice of Baceprot (VoB) dan penyanyi Mahalini masuk daftar Forbes 30 under 30 Asia 2024 yang baru saja dirilis oleh Forbes. Apresiasi tersebut diperoleh oleh VoB dan Mahalini berkat kontribusi dan dan dedikasinya di industri hiburan Asia.

30 Under 30 Asia merupakan daftar tahunan yang dirilis Forbes untuk menyoroti individu-individu berusia di bawah 30 tahun yang telah memberi pengaruh signifikan di bidang masing-masing, seperti hiburan dan olahraga, sains, aktivisme, kewirausahaan, dan masih banyak lagi.

Dalam sektor hiburan dan olahraga, VoB berhasil menembus sebagai talenta yang disorot untuk industri ini. Band yang digawangi Euis, Firdda, dan Widi ini bahkan memimpin sektor entertainment dengan menempati urutan pertama. 

Baca juga: Keren, Band Rock Asal Garut Voice of Baceprot Bakal Manggung di Glastonbury Festival 2024
 

Di belakang VoB ada nama beken lain yang juga masuk ke 30 Under 30, seperti grup Kpop IVE, grup pop-rock Jepang Atarashii Gakko!, rapper Filipina Ez Mil, rapper India Arpan Kumar Chandel (alias King), penyanyi Jepang Aina The End, dan Mahalini Raharja yang juga berasal dari Indonesia.

Daftar ini juga mencakup aktris Tiongkok-Selandia Baru Jess Hong, penyanyi-aktor Thailand Vachirawit Chivaaree, juga dikenal sebagai Bright, dan penyanyi-penulis lagu India Pavithra Chari. “Daftar ini menyoroti talenta generasi penerus di bidang olahraga dan hiburan,” tulis Forbes di laman resminya, dikutip Hypeabis.id, Jumat (17/5/2024).

Juri untuk sektor hiburan dan olahraga adalah Kuok Meng Ru, pendiri dan CEO Caldecott Music Group dan Hua Feng The, salah satu pendiri dan presiden grup One.

Dalam menentukan daftar orang paling berpengaruh di bidang hiburan dan olahraga, Forbes melakukan metodologi penelitian dengan komprehensif. Dimulai dari menyisir ribuan saran secara online, memanfaatkan sumber kredibel di industri terkait, hingga meminta saran alumni untuk mendapatkan rekomendasi.

Kandidat yang terkumpul kemudian dievaluasi oleh tim Forbes Asia dan panel juri independen, serta ahli dari berbagai sektor. Terakhir, semua kandidat yang lolos harus berusia di bawah 29 tahun pada 31 Desember 2023.

VoB terpilih dalam daftar 30 Under 30 karena menunjukkan pengaruh dan sikap yang luar biasa dalam industri hiburan. Setelah satu dekade bersama, band metal berhijab ini merilis album pertamanya, Retas, dan keluar dari label rekaman untuk menjadi independen.

“Keputusan berani ini sesuai dengan reputasinya dalam menantang stereotip di negara mayoritas Muslim", demikian pernyataan tertulis Forbes.

Band ini memulai karier di awal masa remaja para personelnya, Firda, Widi, dan Eus, yang dibantu oleh seorang guru yang mengajari mereka. Pada awalnya, hanya sekadar meng-cover lagu hit, tetapi kemudian berkembang menciptakan musik mereka sendiri dan melakukan tur internasional. 

Pada Juni tahun ini, mereka akan jadi musisi Indonesia pertama yang tampil di Glastonbury, festival Inggris yang punya sejarah 54 tahun lamanya. Melalui musik, band ini banyak menyuarakan isu-isu penting, dari ketidaksetaraan gender hingga perubahan iklim.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FÁBULA (@mahaliniraharja)


Sementara itu, musisi Indonesia lain yang masuk daftar 30 Under 30, yakni Mahalini Raharja, dipilih karena prestasi dan pengaruh kuatnya di industri hiburan. Dia adalah salah satu artis Indonesia yang tengah naik dain dengan lebih dari 7 juta pendengar di Spotify pada Januari.

Pada Juni 2023, pendengarnya bahkan menembus 10,3 juta. Kariernya dimulai pada musim ke-10 Indonesian Idol 2019. Dia berhasil masuk ke 5 besar sebelum akhirnya tersingkir.

“Dia telah merilis beberapa single dan album solo debut Fabula, yang diikuti dengan tur nasional. Hit terbesar Raharja, "Sial," diputar hampir 300 juta kali di Spotify,” tulis pernyataan Forbes.


Daftar 30 Under 30 Asia Entertainment and Sports

  1. Voice of Baceprot (Band metal)
  2. Mahalini (Penyanyi)
  3. Arpan Chandel (Rapper)
  4. Ezekiel Miller (Rapper)
  5. Pavithra Chari (Penyanyi)
  6. Dinara Punchihewa (Aktris)
  7. Jess Hong (Aktris)
  8. Aina the End (Penyanyi)
  9. Atarashii Gakko! (Girl group)
  10. IVE (Girl group)
  11. Kim Si-eun (Aktris)
  12. Ami Yuasa (Penari)
  13. Bright Vachirawit Chivaaree (Aktor)
  14. Park Hye-joong (Atlet angkat beban)
  15. Hwang Sun-woo (Atlet renang)
  16. Kokona Hiraki (Skateboarder)
  17. Sun Yingsha (Atlet tenis meja)
  18. Atthaya Thitikul (Atlet golf)
  19. Theara Thoeun (Atlet Muay Thai)
  20. Chuqin Wang (Atlet tenis meja)
  21. Yin Ruoning (Atlet golf)
  22. Zheng Qinwen (Atlet tenis)
  23. Lam San-tun, Wong Wai-chun (Atlet dayung)
  24. Josh Cavallo (Pesepakbola)
  25. Oh Sang-uk (Atlet anggar)
  26. Veronica Shanti Pereira (Atlet lari)
  27. Roki Sasaki (Atlet baseball)
  28. Huang Yuting (Atlet penembak senapan angin)
  29. Pan Zhanle (Atlet renang)
  30. Sivasangari Subramaniam (Atles squash)
Baca juga: Daftar 14 Selebritas Terkaya di Dunia Versi Forbes, Ada Pendatang Baru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Memacu Penerbitan Novel Berbahasa Daerah di Negeri yang Kaya Bahasa

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Film Romcom yang Cocok Ditonton Bareng Pasangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: