Band rock asal Garut, Voice of Baceprot atau dikenal VoB (Sumber gambar: Instagram/voiceofbaceprot/makhlukajaib)

Keren, Band Rock Asal Garut Voice of Baceprot Bakal Manggung di Glastonbury Festival 2024

04 May 2024   |   14:57 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Band rock asal Garut, Voice of Baceprot atau dikenal VoB, mencetak sejarah setelah dipastikan masuk ke dalam jajaran line up penampil di Glastonbury Festival 2024. VoB menjadi band pertama dari Indonesia yang tampil di festival musik dan seni terbesar di dunia tersebut.

Festival musik Glastonbury tahun ini akan diadakan pada 26-30 Juni 2024 di Pilton, Somerset, Inggris. VoB akan tampil di salah satu dari empat main stage yang ada di festival ini. 

Baca juga: Meski Sering Ditentang, Voice of Baceprot Tak Urung Geluti Musik Metal

Situs resmi Glastonbury mengungkap jadwal manggung VoB akan digelar pada Jumat pagi, 28 Juni 2024. Trio band wanita yang digawangi Firdda Marsya Kurnia (vokal dan gitar), Widi Rahmawati (bass), dan Euis Siti Aisyah (drum) tampil di panggung Woodsies Main Stage.

"Tahun ini Panggung Utama Woodsies menawarkan jajaran musik indie rock dan pop yang penuh energi, rap Irlandia, punk, metal hingga music chart. Salah satunya datatang dari band rock perempuan asal Indonesia, Voice of Baceprot, yang akan memulai debut pada Jumat pagi,” tulis festival Glastonbury, dikutip Hypeabis.id, Sabtu (4/5/2024).
 

Panggung Woodsies berada di kawasan Glastonbury yang berada di sisi barat laut. Di salah satu panggung utama festival ini, VoB akan berbagi pangggung dengan sejumlah musisi ternama, dari Jamie xx, Gossip, James Blake, dan masih banyak lagi.

Melalui akun Instagram terverifikasinya, VoB mengungkapkan rasa syukur sekaligus terima kasihnya. Menurut mereka, masuknya VoB ke lineup Glastonbury merupakan kabar gembira bagi Baladceprot (sebutan fanbase VoB) dan semua pihak yang masih sudi menemani dan memercayai proses kesenian bandnya.

Bagi VoB, Glastonbury merupakan festival musik dan seni pertunjukan di padang hijau (greenfield) terbesar di dunia. Ini tentu menjadi kesempatan besar untuk terus mengenalkan karya-karya dan lagu dari bandnya.

“Sebuah kebanggaan tersendiri menjadi musisi Indonesia pertama yang akan tampil di Glastonbury Festival (Woodsies Stage) setelah 54 tahun penyelenggaraannya & sekaligus bertepatan dengan perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Kerajaan Inggris,” tulis VoB melalui Instagram-nya, dikutip Hypeabis.id Sabtu (4/5/2024)

Di tengah kebahagiaan ini, VoB kemudian teringat dengan kutipan magis dari Pramoedya Ananta Toer di buku Bumi Manusia, "Berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri bersuka karena usahanya sendiri dan maju karena pengalamannya sendiri."

Penggalan kalimat tersebut punya pengaruh besar dalam perjalanan band ini menapaki langkah-langkahnya. Kalimat tersebut juga yang selalu tertanam di hati para personel VoB dalam setiap berkarya.

“Manajemen mandiri dan tinggal di kampung halaman adalah 2 hal yang hingga kini masih dianggap sebagai keputusan sembrono oleh banyak orang. Tapi itu justru jadi landasan keyakinan kami, bahwa VoB sepertinya memang terlahir untuk lebih sering berbenturan dengan berbagai stereotype. Kami mengalaminya hampir selalu, berulang kali hingga kini, hingga entah,” imbuhnya.
 

Namun, di sinilah VoB sekarang. Mereka tengah bersiap menuju salah satu festival musik paling diperhitungkan di dunia. Setelah ini, mereka pun masih akan berkeliling ke berbagai pagelaran musik besar lain.

Glastonbury merupakan pertunjukan musik legendaris di Inggris. Festival ini menjadi primadona sejak pertama kali digelar pada 1970. 

Baca juga: Tampil di Eropa, Voice of Baceprot Tebarkan Pesan Damai soal Hijab

VoB akan manggung di Glastonbury Festival 2024, yang diselenggarakan di Worthy Farm, Pilton-Somerset, Inggris, pada 26-30 Juni 2024. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Melly Goeslaw & Yovie Widianto Sentil Royalti Streaming Musik Tidak Adil & Transparan

BERIKUTNYA

Konser Diana Krall Ada Permintaan Khusus Piano dan Lighting Panggung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: