Beberapa selebritas terkaya di dunia. (Sumber gambar: Forbes)

Daftar 14 Selebritas Terkaya di Dunia Versi Forbes, Ada Pendatang Baru

16 April 2024   |   19:02 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Forbes baru-baru ini merilis daftar selebritas terkaya di dunia tahun 2024. Deretan figur publik yang masuk daftar tercatat memiliki kekayaan miliaran dollar AS berkat popularitas mereka di dunia. Nama-nama dalam daftar bergengsi itu meliputi penyanyi, atlet, sutradara, hingga pembawa acara televisi kenamaan.

Beberapa pesohor dalam waktu yang relatif cepat berhasil menjadi selebritas dengan kekayaan fantastis, dan langsung masuk ke dalam daftar The World's Celebrity Billionaires 2024 Forbes. Sementara 10 dari 14 nama yang menduduki peringkat teratas telah menjadi miliarder dalam 4 tahun terakhir.

Salah satu selebritas yang debut dalam daftar bergengsi itu ialah Taylor Swift yang menjadi miliarder terutama karena pendapatan dari tur konser dunianya yang fenomenal, The Eras Tour. Swift resmi masuk dalam daftar tersebut pada Oktober 2023.

Tiga bulan kemudian, Forbes juga memasukkan taipan televisi Dick Wolf sebagai miliarder dengan perkiraan pendapatannya sebesar US$1,9 miliar dari produksi acara seperti Law & Order dan FBI. Swift dan Wolf hanyalah dua dari sekian banyak tokoh publik yang menjadi miliarder dalam beberapa tahun terakhir sebagaimana dilaporkan oleh Forbes. 

Baca juga: 8 Anak Terkaya di Dunia, Kekayaannya Mencapai US$5 Miliar

Sejumlah selebritas dalam daftar juga telah menghasilkan miliaran dolar AS berkat bisnis mereka di samping ketenaran mereka. Bintang pop Rihanna misalnya, berhasil meraup kekayaan fantastis dari merek makeup miliknya, Fenty Beauty, perusahaan patungan dengan merek mewah Louis Vuitton. Termasuk, bisnis pakaian dalam lewat merek Savage X Fenty.

Rapper sekaligus suami Rihanna, Jay Z, juga sukses menjadi miliarder berkat bisnisnya. Jay Z didapuk menjadi miliarder hip hop pertama berkat dua perusahaan alkohol miliknya, D'Usse Cognac dan Armand de Brignac Champagne. Dia menjual 50 persen sahamnya ke Louis Vuitton, dan memiliki saham di Uber dan Block, serta investasi lainnya.

Selain itu, ada pula pebasket Michael Jordan yang memperoleh sekitar US$100 juta dari karier bola basketnya, termasuk juga mengantongi banyak uang dari kerja sama dengan merek Nike. Atlet berusia 61 tahun itu juga diketahui baru saja menjual saham mayoritasnya di Charlotte Hornets dengan penilaian yang sangat tinggi sebesar US$3 miliar.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar 14 selebritas terkaya di dunia sebagaimana dilansir dari Forbes.


14. Taylor Swift (US$ 1 miliar)

Penyanyi yang dijuluki sebagai Miss Americana ini mencetak rekor dengan cepat meraup kekayaan fantastis mencapai US$1 miliar, hingga masuk dalam daftar The World's Celebrity Billionaires 2024 Forbes pada Oktober 2023. Hal itu utamanya didorong pendapatan Swift sebesar US$190 juta dari tur konser dunia The Eras Tour yang fenomenal secara global. Forbes menyebut Swift menjadi orang pertama yang masuk daftar berkat kepopuleran karya dan turnya.


13. Dick Wolf (US$1,2 miliar)

Dick Wolf adalah produser film dan televisi AS di balik sejumlah acara kriminal populer termasuk Law & Order dan FBI. Wolf memulai debutnya dalam daftar miliarder berkat pendapatannya yang mencapai hampir     US$2 miliar selama 30 tahun kariernya di televisi.


12. Magic Johnson (US$1,2 miliar)

Magic Johnson terkenal sebagai pebasket terkenal. Namun, pria berusia 64 tahun ini sebagian besar memperoleh kekayaannya dari bisnis dan kerja sama dengan miliarder lainnya. Johnson diketahui memiliki kerjasama dengan Justin Harris untuk NFL's Washington Commanders, lalu di MLB Los Angeles Dodgers dengan Todd Boehly, WNBA's Los Angeles Sparks dan MLS' LAFC. Sebagian besar kekayaannya juga berasal dari sahamnya di penyedia asuransi jiwa EquiTrust yang berbasis di Iowa.


11. LeBron James (US$1,2 miliar)

Pebasket lainnya yang juga masuk daftar ialah LeBron James. Dia telah menghasilkan lebih dari US$1 miliar selama dua dekade kariernya. Dia menginvestasikannya di kepemilikan real estate, saham di bisnis seperti Blaze Pizza, perusahaan produksi dan hiburannya sendiri, SpringHill, dan, tentu saja di bidang olahraga. James juga memiliki saham di Fenway Sports Group, pemilik MLB Boston Red Sox, klub sepak bola Liverpool dan Pittsburgh Penguins dari NHL. 


10. Tiger Woods (US$1,3 miliar)

Pebasket yang dikenal menjadi pemenang Masters sebanyak lima kali ini telah menghasilkan lebih dari US$1 miliar dalam kariernya, dan sebagian besarnya berasal dari endorsement. Salah satu kerja samanya yang paling menonjol dan berlangsung lama hampir tiga dekade yakni dengan Nike, yang diketahui berakhir pada bulan Januari 2024. Woods belum lama ini juga mengumumkan bisnis lini pakaiannya sendiri, Sun Day Red.
 

Rihanna. (Sumber gambar: Rihanna/Instagram)

Rihanna. (Sumber gambar: Rihanna/Instagram)

9. Rihanna (US$1,4 miliar)

Bintang pop ini memiliki saham di dua merek bernilai miliaran dolar yaitu perusahaan kosmetik Fenty Beauty, yang dia miliki bersama raksasa barang mewah Louis Vuitton, dan bisnis pakaian dalam Savage X Fenty. Keduanya diberi nama sesuai nama penyanyi kelahiran Barbados yang bernama asli Robyn Fenty tersebut.


8. Tyler Perry (US$1,4 miliar)

Sutradara sekaligus penulis skenario Tyler Perry telah menghasilkan lebih dari US$1 miliar selama tiga dekade berkarier dalam bidang acara TV, film, dan drama panggung. Dia juga diketahui menyewakan salah satu rumahnya di Los Angeles kepada Pangeran Harry dan Meghan Markle ketika mereka mengundurkan diri sebagai anggota senior keluarga kerajaan Inggris.
 

Peter Jackson. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

Peter Jackson. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

7. Peter Jackson (US$1,5 miliar)

Sutradara visioner di balik film waralaba Lord of the Rings dan The Hobbit, Peter Jackson, memperoleh sebagian besar kekayaannya dari perusahaan efek visualnya, Weta Digital, yang menjual sebagian asetnya kepada pembuat game Unity Software pada tahun 2021. Kesepakatan itu membuat pria asal Selandia Baru ini mendapatkan pundi-pundi mencapai US$$1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.


6. Kim Kardashian (US$1,7 miliar)

Artis Kim Kardashian sukses menjadi miliarder dari merek kecantikan dan pakaiannya. Lini shapewear miliknya, Skims, bernilai US$4 miliar pada putaran pendanaan tahun 2023, dan sang bintang menjual 20 persen saham perusahaan tata rias KKW Beauty ke Coty pada tahun 2020 seharga US$200 juta. Kardashian diketahui telah menutup KKW Beauty.


5. Jay-Z (US$2,5 miliar)

Rapper Jay-Z menjadi miliarder lantaran sukses membangun bisnisnya. Musisi berusia 54 tahun ini diketahui menjual 50 persen saham merek sampanye miliknya, Armand de Brignac, kepada raksasa barang mewah Louis Vuitton pada tahun 2021 dengan harga sekitar US$300 juta.

Selain itu, saham mayoritas di label cognac miliknya D'Usse pada tahun 2023 juga dijual dengan harga yang dilaporkan mencapai US$750 juta ke Bacardi. Termasuk, memiliki saham di Uber dan Block. 


4. Oprah Winfrey (US$2,8 miliar)

Pembawa acara talkshow ini menjadi miliarder perempuan kulit hitam pertama pada tahun 2003 dengan kekayaan bersih mencapai US$2,8 miliar. Bertahun-tahun setelahnya, perempuan yang dijuluki sebagai Ratu Segala Media ini telah membangun mereknya, Harpo Productions dan Oprah Winfrey Network, menjadi kerajaan media dan bisnis, termasuk investasi di real estat dan perusahaan produksinya sendiri. 


3. Michael Jordan (US$3,2 miliar)

Michael Jordan menjadi atlet miliarder pertama pada tahun 2015. Atlet berusia 61 tahun ini telah meraup lebih dari US$1,8 miliar dari kemitraan merek, yang paling terkenal adalah merek Nike Jordan. Dia juga melakukan investasi pada tahun 2010 dengan membeli tim NBA Charlotte Hornets seharga US$175 juta, dan berhasil menjual tim tersebut pada Agustus 2023 seharga US$3 miliar. 


2. Steven Spielberg (US$4,8 miliar)

Sutradara sekaligus produser Steven Spielberg menjadi selebritas terlama yang masuk dalam daftar The World's Celebrity Billionaires Forbes pada tahun 1994. Hal itu juga membuatnya menjadi sutradara pertama yang masuk dalam daftar tersebut, setelah serangkaian film hit garapannya seperti Jaws, Jurassic Park, dan Schindler's List. Kekayaannya didapat salah satunya dari persentase penjualan kotor film-filmnya, termasuk masih mendapat bagian dari setiap tiket yang terjual di taman hiburan Universal Studio berkat serial Indiana Jones
 

George Lucas. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

George Lucas. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

1. George Lucas (US$5,5 miliar)

Selebritas terkaya di dunia diisi oleh sutradara sekaligus penulis skenario George Lucas yang terkenal berkat film waralaba Star Wars. Dia masuk dalam daftar ini pada tahun 1997, dan menjadi selebritas terkaya berkat perusahaan produksinya LucasFilm. Perusahaan tersebut dia jual ke Disney pada tahun 2012 dengan harga tunai dan saham lebih dari US$4 miliar.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Resep Minuman Jamu Untuk Mengembalikan Kebugaran Tubuh

BERIKUTNYA

Anti Monoton, Ikuti 4 Langkah Mix & Match OOTD Kemeja Kotak-kotak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: