aespa. (Sumber gambar: aespa/X)

aespa Rilis Single Supernova, Lagu Pembuka Debut Album Panjang Armageddon

13 May 2024   |   18:23 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Girl group K-Pop aespa akhirnya merilis lagu anyar mereka bertajuk Supernova pada hari ini, Senin (13/5/2024). Supernova merupakan lagu pembuka untuk debut album panjang aespa bertajuk Armageddon yang bakal diluncurkan pada 27 Mei 2024. Tak cuma lagu, aespa juga merilis video klip dari single Supernova.

Supernova merupakan lagu dance dengan instrumen musik bass dan kick yang kuat namun mengusung suara vokal yang minimalis. Lagu yang ditulis dan dikomposeri oleh KENZIE ini menampilkan melodi topline dan synth yang menarik, sehingga menjadi daya tarik sendiri untuk lagu ini.

Baca juga: Aespa Siap Comeback dan Rilis Full Album Armageddon Mei 2024

Dari segi lirik, Supernova menggambarkan permulaan peristiwa dunia lain laiknya supernova yang melambangkan era baru dari perjalanan bermusik aespa. Lagu ini menyoroti eksistensi dan karier aespa yang terus berkembang, serta mengajak penggemar setianya larut dalam dunia musik mereka yang unik.

Liriknya secara metaforis mengacu pada terbukanya pintu ke dimensi lain, menandakan dimulainya suatu peristiwa dan mengisyaratkan perluasan alam semesta aespa. Mereka menyampaikan energi itu dalam suasana yang trendi, dan dengan ciamik menangkap pesona ‘metalik’ aespa yang unik.
 

Semua itu juga tersaji dalam video musik single Supernova. Konsep visual lagu itu menawarkan gambaran yang jelas untuk mewujudkan slogan album baru mereka mendatang yakni "I define myself", yang berarti  "saya mendefinisikan diri saya sendiri".

Hasilny, terwujudlah sebuah klip yang menampilkan para personel aespa dalam skenario yang tampak sederhana, namun dengan cerdik mengungkapkan jati diri mereka melalui karakterisasi yang dinamis dan jenaka. Video berdurasi 3 menit lebih itu juga mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan (AI) kontemporer, menciptakan estetika konseptual yang semakin menonjolkan identitas unik aespa dalam kancah K-Pop yang kompetitif.

Single Supernova yang mengangkat tema futuristik dengan tampilan segar menandai kelanjutan aespa dengan dunia musik mereka yang unik, tetapi sekaligus bereksplorasi secara berani ke wilayah musik yang baru.

Oleh karena itu, menarik untuk menantikan warna bermusik baru dari aespa dalam album studio perdana mereka mendatang. Album yang diberi judul Armageddon itu akan terdiri dari 10 lagu dengan berbagai genre, yang menampilkan jangkauan artistik dan kreativitas aespa yang luas.

Selain Supernova, album itu juga memiliki single utama lain berjudul Armageddon yang akan dirilis pada 27 Mei 2024, bersamaan dengan keseluruhan album. Perilisan ini akan menandai comeback aespa setelah enam bulan lalu merilis album mini keempat bertajuk Drama pada November 2023. Sebelumnya, pada Januari 2024, mereka juga meluncurkan single remake dari Regret of the Times karya Seo Taiji.
 

Sementara itu, aespa belum lama ini mengumumkan bakal menggelar konser di Indonesia. Grup yang digawangi oleh Karina, Giselle, Winter, dan Ningning itu bakal menggelar konser di Tanah Air bertajuk 2024 aespa LIVE TOUR-SYNK: Parallel Line pada 24 Agustus 2024.

Grup besutan SM Entertainment itu akan menyelenggarakan konser di 13 titik di sejumlah negara Asia dan Australia. Tur mereka akan dimulai di negeri halaman mereka sendiri yakni di Seoul, Korea Selatan, pada 29-30 Juni 2024.

Dari Korea, aespa akan bertandang ke Jepang dan menggelar konser di tiga kota yakni Fukuoka pada 6-7 Juli 2024, di Nagoya pada 10-11 Juli 2024, dan di Saitama pada 14-15 Juli 2024. Dari Negeri Sakura, grup pelantun lagu Black Mamba itu akan berkunjung ke Singapura pada 20 Juli 2024.

Namun, aespa akan ke Jepang lagi tepatnya ke Osaka pada 27-28 Juli 2024 setelah dari Singapura. Dari situ, tur belanjut ke Hongkong pada 3 Agustus 2024 dan ke Taiwan pada 10 Agustus 2024. Dari Taiwan, barulah mereka akan menggelar konser di Jakarta pada 24 Agustus 2024.

Usai menggebrak panggung Jakarta, aespa akan melanjutkan turnya di Australia tepatnya di Sydney pada 31 Agustus 2024 dan di Melbourne pada 2 September 2024. Adapun, dua kota terakhir yang akan disambangi aespa dalam tur kali ini yaitu Makau, China, pada 21 September 2024 dan Bangkok, Thailand, pada 28 September 2024.

Meski demikian, aespa menyebutkan bahwa tur aespa LIVE TOUR-SYNK: Parallel Line tak menutup kemungkinan akan berlanjut di kota-kota lain di berbagai negara. Selain itu, mereka juga menuliskan bahwa informasi tiket dan lainnya akan diumumkan dalam waktu dekat.

Baca juga: Aespa Siap Sapa Fans di Jakarta Lewat Konser LIVE TOUR-SYNK: Parallel Line Agustus 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hypeprofil Ario Bayu: Dedikasi & Komitmen untuk Perfilman Indonesia

BERIKUTNYA

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Hashira Training Arc Siap Tayang di Vidio

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: