UmaSofia Srivastava dan Noelia Voigt (Sumber: Kolase Instagram @umasofias dan @noeliavoigt

Miss Teen USA UmaSofia Srivastava dan Miss USA Noelia Voigt Lepas Gelar Ratu Kecantikan

13 May 2024   |   11:14 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Noelia Voigt mengumumkan pernyataan mengejutkan bahwa dirinya memutuskan untuk mundur sebagai Miss USA. Setelah tujuh bulan menyandang titel sebagai ratu kecantikan di Amerika Serikat tersebut, Voight memilih untuk mengakhiri perjalanannya sebagai Miss USA untuk menjaga kesehatan mentalnya 

Melalui laman Instagram pribadinya, wanita berusia 24 tahun tersebut mengunggah sebuah gambar yang memuat tulisan berisi ucapan perpisahannya. Tak lupa dia juga mengucapkan terima kasih dan meminta maaf untuk orang-orang terdekat yang telah mendukungnya selama ini.

Baca juga: Profil Rumy Alqahtani, Perwakilan Miss Universe Pertama dari Arab Saudi

"Perjalananku sebagai Miss USA sangat berarti, mewakili Utah dengan bangga dan kemudian Amerika Serikat di Miss Universe. Sayangnya, aku telah membuat keputusan sulit untuk mundur dari gelar Miss USA 2023," ujarnya, dikutip dari Instagram @noeliavoigt, Senin (13/5/2024).


 


 
Noelia Voigt sendiri merupakan pemenang ajang kontes kecantikan bergensi Amerika Serikat, Miss USA. Dirinya dinobatkan sebagai Miss USA pada 29 September 2023. Dengan demikian, Voigt merupakan wanita ketiga dari Utah yang meraih gelar juara sepanjang sejarah Miss USA. Terakhir kali pemenang dari Utah adalah 63 tahun lalu, yakni pada 1960.

Tak sampai di sana, Voigt juga mewakili Amerika Serikat di kontes Miss Universe 2023 pada 18 November 2023, di El Salvador, di mana dia sukses menempati posisi 20 besar. Voigt mengatakan dia ingin berkompetisi dalam kontes kecantikan saat masih kecil, tapi ibunya memintanya menunggu sampai dia remaja. 

Setelah berkompetisi dalam kontes kecantikan pertamanya pada usia 16 tahun, dia mengalami perundungan dari teman-temannya. Inilah kemudian yang menginspirasinya untuk menyuarakan kampanye anti-penindasan. Pada 2021, Voigt menulis buku anak-anak berjudul Maddie the BRAVE yang terinspirasi dari Madison Whittsett, seorang anak berusia 9 tahun yang meninggal karena bunuh diri setelah diintimidasi di sekolahnya pada 2018 lalu.

Sesuai dengan kampanyenya, Noelia pun memilih untuk melepas gelar Miss USA miliknya untuk menjaga kesehatan mentalnya. Meski tidak mengungkap secara spesifik, yang jelas alasannya melepas gelar tersebut berkaitan dengan kesehatan mental. Mahasiswi Universitas Alabama jurusan interior desain itu pun mengajak orang-orang untuk lebih peduli pada kondisi mentalnya dan lebih menyayangi diri sendiri.

"Prioritaskan kesehatan mentalmu, dukung diri sendiri dan orang lain dengan menggunakan suaramu sendiri, dan jangan pernah takut pada apa yang akan terjadi di masa depan, meskipun rasanya tidak pasti. Aku berharap bisa memeluk kalian semua," tulisnya.


Miss Teen USA

Selain Noelia Vaugt, satu lagi ratu kecantikan Amerika Serikat yang melepas gelarnya. Tepat 2 hari setelah Voigt mengundurkan diri sebagai Miss USA, kini Miss Teen USA UmaSofia Srivastava mantap untuk mengikuti jejaknya. UmaSofia mengumumkan pengunduran dirinya pada 8 Mei 2024.

Melalui surat terbuka yang diunggah di laman media sosial Instagram pribadinya, UmaSofia mengungkapkan bahwa salah satu alasan kenapa melepas mahkota ratu kecantikannya adalah karena nilai-nilai yang dianutnya secara pribadi tidak sejalan lagi dengan Miss USA Organization. Selain itu, alasa lainnya karena dia ingin melanjutkan pendidikannya.

"Setelah berbulan-bulan bergulat dengan keputusan ini, akhirnya aku membuat pilihan untuk mengundurkan diri dari gelar Miss Teen USA 2023. Terimakasih atas semua dukungan, baik dari keluarga, direktur negara bagian, saudara-saudara perempuanku sesama ratu kecantikan, dan para penggemar yang telah mendukungku," paparnya.

Selain itu, UmaSofia juga sangat menantikan sisa tahun ini di mana dia akan menyelesaikan sekolah SMA-nya dan memulai proses pendaftaran ke perguruan tinggi. Menurutnya pencapaian akademisnya ditentukan oleh kerja kerasnya sendiri, oleh karenanya dia akan bekerja keras dan memberikan usaha terbaiknya.

Tak ketinggalan UmaSofia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pengalaman yang diperolehnya selama menyandang gelar Miss Teen USA 2023. Selama ini dirinya sangat peduli pada bidang pendidikan.

Melalui buku anak-anak berjudul The White Jaguar yang ditulisnya, UmaSofia mengajak anak-anak dan orang tua untuk menyadari pentingnya pendidikan. Nantinya, setelah tak lagi menyandang gelar Miss Teen USA, dirinya masih akan tetap melanjutkan nilai-nilai tersebut, serta banyak berkolaborasi dengan organisasi non profit untuk membantu sesamanya.

Mengutip dari Nextshark, kepergian Noelia dan UmaSofia yang hampir bersamaan, terjadi setelah adanya tuduhan lingkungan kerja yang tidak sehat dari mantan karyawan Miss USA. Sebagai tanggapannya, sejumlah pemegang saham kini menuntut lebih banyak keterbukaan dari organisasi tersebut.

Sebelumnya pada 3 Mei 2024, Claudia Michelle selaku direktur Media Sosial Miss USA berhenti dari Miss USA Organization karena indikasi adalnya tempat kerja yang tidak sehat yang mengacu pada aksi bullying.

Baca juga: Profil Krystyna Pyszková, Miss World 2024 dari Republik Ceko

Secara spesifik dia menyebutkan pembatasan advokasi, eksploitasi finansial dan masalah kesehatan mental yang dialami pemegang gelar ratu kecantikan. Namun Miss USA Organization membantah klaim tersebut. Mereka menyatakan komitmennya terhadap lingkungan kerja yang aman.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Richard Slayman, Pasien Transplantasi Ginjal Babi Pertama Dinyatakan Meninggal Dunia

BERIKUTNYA

Pentingnya Menggunakan Sunscreen saat Cuaca Panas Ekstrem

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: