Tempat pemandian air panas Sari Ater. (Sumber gambar: Indonesia Kaya)

8 Destinasi Wisata Populer di Ciater Subang Jawa Barat

12 May 2024   |   15:05 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sebuah kecelakaan maut terjadi di jalanan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Sabtu (11/5/2024) malam. Insiden itu melibatkan bus rombongan pariwisata pelajar dari SMK Lingga Kencana Kota Depok dan kendaraan lain. Nahas, kejadian ini menewaskan belasan korban yang sebagian besar merupakan pelajar. 

Kecelakaan ini menyedot perhatian publik lantaran banyaknya korban jiwa yang berjatuhan. Di media sosial, tak sedikit warganet yang mengungkapkan rasa duka mereka dengan kejadian yang menimpa para pelajar tersebut. Mereka pun berharap korban luka-luka dari insiden itu bisa segera membaik dan pulih kembali.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Camping di Bogor buat Liburan Akhir Pekan
 
Ciater merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat. Secara geografis, wilayahnya merupakan daerah perbukitan hingga lereng Gunung Tangkuban Parahu pada ketinggian 450-1800 meter di atas permukaan laut.
 
Kondisi alamnya yang indah membuat wilayah Ciater kerap menjadi pilihan masyarakat untuk berlibur lantaran menawarkan sejumlah destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam hingga taman bermain, berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata di Ciater, Subang, Jawa Barat.


1. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu atau Tangkuban Parahu merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat, baik turis lokal maupun asing. Gunung ini terletak di Desa Ciater, Kabupaten Subang, dengan ketinggian 2.048 mdpl dan suhu normalnya sekitar 17 derajat Celcius. Lantaran udaranya sangat dingin, pengunjung disarankan menggunakan jaket dan celana panjang ketika ke Tangkuban Perahu.
 
Meski mengeluarkan aroma belerang yang menyengat, hal itu tidak menyurutkan wisatawan untuk berkunjung ke Tangkuban Perahu. Keindahan alam gunung ini menjadi daya tarik sendiri wisatawan untuk mengabadikan momen. Untuk menikmati wisata satu ini, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp20.000-Rp30.000.
 

2. Pemandian Air Panas Ciater

Objek wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan serta menjadi salah satu ikon wisata di Ciater. Lokasi pemandian air panas Ciater terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati pemandian air panas yang bersumber dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu. 
 
Terdapat sejumlah kolam pemandian yang tersedia bagi pengunjung dari anak-anak hingga dewasa. Sambil berendam di pemandian air panas, wisatawan juga bisa menikmati sejuknya udara di kawasan wisata seluas 30 hektare tersebut. Untuk menikmati wisata ini, pengunjung bisa membeli tiket yang dibanderol mulai dari Rp40.000.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by AEC (@awanikhwan)


3. Kebun Teh Ciater

Kecamatan Ciater punya banyak destinasi wisata alam yang bisa menghilangkan penat, salah satunya adalah Kebun Teh Ciater. Lokasinya terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu yang memiliki luas sekitar 800 hektare dengan ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut.
 
Selain menikmati panorama hamparan kebun teh yang hijau, pengunjung juga dapat menyaksikan pengolahan teh dari proses pemetikan hingga siap seduh. Pelancong juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang kebun teh yang indah dan menikmati secangkir teh segar di kedai teh yang tersedia di sekitar objek wisata. Kalian hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp5.000 untuk menikmati wisata satu ini.
 

4. Florawisata D'Castello

Seperti namanya, Florawisata D'castello Ciater merupakan tempat wisata di Subang yang mengusung konsep keindahan taman bunga. Bunga-bunga yang cantik itu dipadukan dengan bangunan megah ala kastil Kremlin Moskow di Rusia dan Arsitektur Turki. Tempat wisata satu ini juga kerap disebut sebagai istana atas awan. 
 
Selain kastil, tempat wisata yang dibuka sejak tahun 2021 ini juga menawarkan beberapa spot foto Instagramable mulai dari patung Mickey Mouse berukuran besar, terasering yang ditumbuhi bunga berwarna-warni, bangunan berbentuk sangkar dan lainnya. Untuk menikmati itu semua, pengunjung dikenakan tarif tiket masuk mulai dari Rp30.000. 
 

5. Curug Cibareubeuy

Wisata alam di Ciater yang juga digandrungi pelancong ialah Curug Cibareubeuy. Objek wisata satu ini menawarkan pemandangan alam air terjun menakjubkan, yang mengalir dari tebing tinggi dengan ketinggian 40 meter di kawasan Gunung Keramat, Subang. 
 
Suasananya yang asri dan sejuk membuat Curug Cibareubeuy bisa menjadi pilihan untuk tempat mengusir penat. Apalagi, air di curug ini juga sangat jernih, sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang betah berlama-lama main air di tempat tersebut. Untuk menikmati Curug Cibareubeuy, wisatawan dikenakan tarif masuk mulai dari Rp7.000.


6. The Ranch Ciater Subang

The Ranch Ciater adalah tempat rekreasi dengan pemandangan indah di atas perbukitan. Di tempat ini, terdapat banyak spot dan wahana rekreasi yang menarik untuk dicoba mulai dari tempat berkuda, wahana barel train, wagon train, serta wisata edukasi bersama hewan-hewan lucu seperti kelinci, kuda poni, dan domba.
 
Selain itu, di The Ranch Ciater juga menyediakan wahana flying fox atau bisa mencoba naik ATV yang menantang. Abadikan juga momen dengan berfoto di taman luas berlatar belakang bangunan berbentuk limas. Pengunjung bisa menikmati semua itu dengan tiket masuk mulai dari Rp20.000. 

7. Wisata Balon Udara Subang

Tidak perlu jauh-jauh jika kalian ingin naik balon udara seperti di Cappadocia, Turki. Kalian bisa datang dan naik balon udara di Sari Ater, Subang, Jawa Barat. Di atas balon udara itu, kalian bisa menikmati panorama alam gunung Tangkuban Parahu dan hamparan kebun teh yang menghijau di ketinggian 40 meter, ditambah udara segar khas daerah pegunungan.
 
Balon udara hadir di Subang atas kerjasama Wisata Sari Ater Subang dengan Indonesia Terbang, sebuah tim dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang bekerjasama dengan Fly Tours Indonesia. Adapun, harga tiket masuk wisata ini sebesar Rp45.000 dan untuk harga menaiki wahana balon udara mulai dari Rp450.000 per orang. 


8. Asstro Highlands Ciater

Asstro Highland adalah tempat wisata keluarga yang ramai dikunjungi karena pemandangannya yang sangat indah. Tempat wisata yang dibuka sejak 2020 ini dikelilingi dengan kebun teh dan perbukitan serta wilayahnya yang sangat luas.
 
Asstro Highland yang pada awalnya fokus di restoran, kini menjadi semakin lengkap dengan fasilitas wisata glamping yang cocok untuk melepas penat sejenak dari aktivitas sehari-hari. Selain itu, objek wisata ini juga menawarkan pengalaman berlibur yang berkesan mulai dari kulinernya, pemandangan, wisata menguji adrenalin, dan spot foto yang estetik.
 
Tempat wisata ini terdiri menjadi 3 kelompok besar wisata yaitu The Ranch Ciater (offroad), Asstro Highland Ciater (food and camping), dan Flora Wisata DeCastello (wisata edukasi). Selama berada disini, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan hutan lereng Tangkuban Perahu yang indah. 

Baca juga: 5 Destinasi Glamping di Pangalengan Bandung yang Lagi Viral

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fenomena Midnight Sun, Negara-negara ini Tak Merasakan Malam Hari

BERIKUTNYA

Menyelami Gambaran Manusia Indonesia dalam Pameran Relief Era Bung Karno di Salihara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: