Salah satu pulau di wilayah Kepulauan Seribu (Sumber gambar: JIBI/Hypeabis.id/Fanny Kusumawardhani)

5 Destinasi Anti Mainstream di Kepulauan Seribu, Bikin Long Weekend Jadi Lebih Seru

10 May 2024   |   21:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Waktu long weekend tiba, tak ada yang lebih menggoda dari pada liburan/traveling. Sebuah kesempatan untuk melepas penat dan berlibur sejenak dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Waktu inilah saat yang tepat untuk mulai mencari destinasi wisata yang menarik. 

Di antara banyak pilihan destinasi wisata yang ada, Kepulauan Seribu adalah salah satu yang layak dipertimbangkan. Terletak di sebelah utara Jakarta, pulau-pulau ini memiliki pesona alam yang indah, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih. 

Baca juga: 4 Lokasi Snorkeling dengan View Bawah Laut yang Keren di Kepulauan Seribu

Jika Genhype ingin menikmati waktu libur di pinggir pantai pada sebuah pulau kecil yang tak banyak orang, kalian wajib berkunjung ke pulau-pulau kecil anti mainstream ini. Jauh dari hiruk pikuk kota, di pulau ini kalian bisa menikmati kedamaian dan keindahan alam yang menjanjikan. 

Berikut adalah 5 pulau anti mainstream di Kepulauan Seribu yang dapat kalian kunjungi.
 

1. Pulau Kelor

Pulau Kelor memang memiliki pesona yang tak kalah menarik dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Dilansir melalui Indonesia-Tourism, dahulu orang menyebutnya Pulau Kherkof, terletak dekat dengan Pulau Bidadari dan Pulau Onrust yang hanya berjarak 1,9 km dari Pantai Ancol.

Pulau ini memiliki suasana apik dengan air laut yang jernih dan beberapa dermaga tradisional dari bambu yang menambah keindahannya. Di sekitar dermaga, terdapat perahu nelayan yang memperkaya kehidupan pulau ini.

Salah satu hal menarik di Pulau Kelor adalah benteng Martello yang merupakan peninggalan Kolonialisme Belanda. Selain itu, pemandangan pantai yang indah tersebut menjadikan Pulau Kelor sebagai tempat yang sempurna untuk bersantai atau mencoba memancing ikan kerapu. 
 
 

2. Pulau Air

Pulau Air adalah destinasi wisata yang sangat menarik dan tidak biasa, terutama bagi kalian yang suka camping dan petualangan alam di pulau yang sepi. Di pulau ini, air mengalir jernih berwarna hijau dan dikelilingi oleh pepohonan juga hijau.

Perjalanan menuju Pulau Air bisa ditempuh dengan perahu motor dari Jakarta dalam waktu sekitar 2,5 jam. Namun, kalian harus transit terlebih dahulu di Pulau Tidung atau Pulau Pramuka. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan perahu nelayan untuk sampai ke tujuan. Berbagai kegiatan menarik seperti snorkeling bisa dilakukan, dan bakal bikin tambah betah. 
 
 

3. Pulau Sepa 

Pulau Sepa merupakan pulau yang terletak dekat dengan Pulau Pelangi dan Pulau Pantara. Di tempat ini, airnya berwarna hijau toska dan dangkal, cocok untuk kalian yang gemar berenang atau snorkeling. Di daratannya, terdapat berbagai jenis pohon yang besar dan sejuk. 

Salah satu momen paling istimewa di pulau ini adalah saat matahari mulai terbenam. Suasananya begitu romantis, seolah-olah kalian berada di pulau pribadi. Selain itu, keindahan pulau ini tidak hanya di atas permukaan, tapi juga di bawah air dengan keberagaman biota laut yang menakjubkan.

Untuk menuju ke Pulau Sepa, Genhype dapat mencoba rute dari Pantai Marina Ancol dengan naik speedboat yang memakan waktu sekitar 90 menit. Sebagai alternatif, kalian juga bisa melakukan perjalanan dari Muara Angke, tapi memakan waktu lebih lama karena hanya tersedia perahu tradisional untuk mencapai Pulau Sepa. 
 
 

4. Pulau Kotok

Jika ingin menikmati pesona pulau tropis sambil bersantai, kalian wajib mengunjungi Pulau Kotok dan menginap di rumah pohon yang ada di sana. Rumah pohon itu dibangun di atas pohon tinggi sehingga membuat kalian dapat menikmati pemandangan laut dan pasir indah dari ketinggian.

Selain itu, kalian juga dapat mengunjungi konservasi elang bondol serta melihat beberapa hewan eksotis seperti kadal dan burung. Bagi kalian yang gemar menyelam, kalian bisa menikmati keindahan bawah laut yang dipenuhi dengan karang berwarna-warni. Dengan tidak adanya fasilitas watersport, keindahan laut di pulau Kotok terlindungi sepenuhnya.
 
 

5. Pulau Karang Congkak

Selain keempat pulau sebelumnya, Genhype juga bisa bisa mengunjungi Pulau Karang Congkak yang berdekatan dengan Pulau Pramuka. Pulau ini terkenal sebagai destinasi liburan dan snorkeling-nya yang populer.

Genhype juga dapat melakukan berbagai aktivitas di sana seperti snorkeling, trekking, dan fotografi. Menjelajahi pulau ini merupakan ide yang bagus karena Karang Congkak berdekatan dengan pulau-pulau tetangga. 
 

Baca juga: 4 Cara Mudah Berlibur ke Kepulauan Seribu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Putu Wijaya Bakal Pentaskan Aduh, Naskah Ikoniknya yang Berusia Setengah Abad

BERIKUTNYA

Tim Indonesia Saling Jaga Asa Untuk Lolos ke Babak Final FFWS SEA 2024 Spring 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: