Love Bridge, Kepulauan Seribu. (Sumber gambar: Unsplash/Eggy Febryano)

4 Cara Mudah Berlibur ke Kepulauan Seribu

09 January 2023   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang berada di Jakarta dan sekitarnya dan ingin berliburan, Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan. Selain dekat, keindahan alam yang ada di daerah ini juga tidak kalah dengan keindahan alam di daerah lainnya di Indonesia.

Berdasarkan laman jakarta.go.id, Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah yang menjadi bagian dalam administrasi Pemerintah Provinsi DKI jakarta. Pulau ini memiliki luas wilayah 4.745,62 km persegi dengan 8,76 km persegi di antaranya adalah daratan.

Baca juga: Berkunjung ke Pantai Panjang? Jangan Lewatkan Kegiatan Seru Ini

Kepualauan yang terdiri dari 110 pulau itu terbagi menjadi dua kecamatan, yakni Kepulauan Seribu Utara dan Kepualauan Seribu selatan. Kelurahan yang terdapat di Kepulauan Seribu antara lain Kelurahan Pulau Kelapa, Kelurahan Pulau Harapan, Kelurahan Pulau Panggang, Keluarahan Pulau Tidung, Keluarahan Pulau Pari, dan Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Kepulauan Seribu, ini cara dan yang harus diperhatikan terlebih dahulu yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Memastikan Tujuan

Kepulauan Seribu adalah nama kecamatan yang terdiri dari beragam pulau.  Ada lebih dari dua pulau yang dapat dikunjungi oleh para pelancong di Kepulauan Seribu ketika ingin melepas penat, seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Macan, dan sebagainya. Setiap pulau memiliki aktivitas yang akan membuat pikiran dan badan menjadi segar. Jadi, pastikan tujuan liburan jauh-jauh hari ketika ingin menikmati keindahan alam dan laut di Kepulauan seribu.


2. Menuju ke Pelabuhan

Setiap pulau yang ada di Kepulauan Seribu tidak bisa dijangkau dengan jalur darat atau berjalan kaki karena ada laut di antaranya untuk menuju pulau. Jadi, kalian dapat memanfaatkan transportasi kapal untuk menuju pulau yang akan dikunjungi.

Untuk itu, kalian dapat mengunjungi Pelabuhan Muara Angke dan Pelabuhan Marina saat ingin naik kapal menuju ke pulau yang menjadi tujuan. Sementara itu, ada banyak cara untuk menuju Pelabuhan Muara Angke dan Pelabuhan Marina.

Kalian bisa menuju ke pelabuhan dengan transportasi umum seperti taksi atau berbasis aplikasi. Selain itu, Genhype juga bisa menjangkau pelabuhan dengan kendaraan pribadi.  


3. Naik Kapal Cepat

Saat hendak naik kapal menuju pulau yang menjadi tujuan, jangan lupa untuk mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan. Tarif yang dikeluarkan untuk menuju pulau yang ada berbeda antara satu dengan yang lain. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa tarif kapal tujuan pulau yang diinginkan sebelum menaikinya selain memeriksa jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal.


4. Menggunakan Jasa Travel

Jika merasa terlalu ribet atau ingin dengan mudah melakukan liburan ke Kepulauan Seribu, agen travel bisa menjadi pilihan untuk memudahkan kita berwisata ke Pulau Seribu. Genhype dapat memilih beragam paket liburan yang diinginkan dan juga tidak perlu repot untuk membeli tiket dan sebagainya karena sudah diurus oleh agen tersebut. Kalian hanya tinggal mengikuti instruksi atau arahan dari agen travel dalam menuju destinasi wisata di Kepulauan Seribu.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Ekspansi Buka Restoran Makanan Korea Kekinian, Intip Strategi Bisnis Bos Haus!

BERIKUTNYA

Menelusuri Imaji Seniman Jepang Chiharu Shiota dalam Pameran The Soul Trembles

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: