Pembalap Formula 1 Lewis Hamilton (Sumber: instagram.com/lewishamilton)

5 Pembalap F1 2024 Paling Kaya, Ada Lewis Hamilton & Sergio Perez

08 May 2024   |   15:07 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Ajang balap Formula 1 (F1) terkenal karena prestise dan sejarahnya yang sangat kental. Tak heran jika banyak nama besar lahir dari perhelatan balap tersohor itu. Jebolan pembalap populer dari ajang F1 juga telah menghasilkan pendapatan yang fantastis setiap tahunnya. 

Demi memenangkan kompetisi, tim Formula 1 harus siap mengeluarkan dana dalam jumlah yang besar untuk disalurkan pada penelitian dan pengembangan mobil agar lebih kencang, operasi global besar-besaran yang efisien, dan kebutuhan lainnya baik di dalam maupun di luar lintasan. 

Namun salah satu faktor terbesar yang harus dipikirkan oleh tim-tim tersebut adalah gaji para pembalap, yang akan terus meningkat seiring waktu berdasarkan performa di lintasan, serta daya jualnya untuk para sponsor. Dilansir melalui berbagai sumber, berikut adalah daftar estimasi kekayaan bersih dari 5 pembalap Formula 1 terkaya pada musim 2024. 

Baca juga: 3 Persaingan Legendaris di Ajang F1, Ada Mika Hakkinen vs Michael Schumacher
 

1. Lewis Hamilton (US$285 juta)

Menjadi salah satu pembalap paling bertalenta di Formula 1, Lewis Hamilton memiliki estimasi kekayaan bersih sebesar US$285 juta. Dana tersebut didapatkan dari gaji balapan, sponsor, investasi, dan usaha bisnis lainnya. Pembalap asal Inggris ini telah menempuh perjalanan panjang dari awal karier yang sederhana.

Melansir People, ayahnya, Anthony Hamilton, harus melakukan banyak pekerjaan di waktu yang sama untuk mendukung awal karier balapnya. Selain gajinya yang sangat besar, Hamilton telah berhasil membangun kekayaan bersihnya melalui kepemilikan dan sponsorship di berbagai bisnis, termasuk tim balap Extreme E miliknya, Team X44, dan merek minuman non-alkohol bernama Almave.
 

2. Fernando Alonso (US$260 juta)

Dinobatkan sebagai pembalap F1 dengan start balapan terbanyak, Fernando Alonso memiliki kekayaan bersih sebesar US$260 juta. Sejak 2001, pembalap kelahiran Spanyol ini sudah balapan untuk 6 tim berbeda, yang memberinya bayaran mahal untuk mengimbangi bakatnya yang luar biasa.

Fernando juga memiliki beberapa sumber pendapatan lain selain dari balapan. Seperti endorsement dari merek pakaian Kimoa, serta mendirikan agensi yang mendukung talenta balap muda berpotensial bernama A14 Management.
 

3. Max Verstappen (US$210 juta)

Juara dunia F1 saat ini Max Verstappen telah membangun kekayaan bersihnya sebagian besar dari gaji, sponsor, dan hadiah kemenangan. Namun belakangan ini, Max mulai memperluas kekayaannya melalui usaha bisnis baru. Dia mendirikan tim balap GT miliknya sendiri, Verstappen.com Racing, yang diperkirakan akan mulai balapan tahun depan.


4. Daniel Ricciardo (US$96 juta)

Pembalap asal Australia, Daniel Ricciardo tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar US$96 juta. Meski memiliki performa yang belakangan ini tak setara dengan pembalap lain di daftar ini. Namun, kepribadiannya yang menawan dan popularitas yang kian meningkat, Ricciardo mungkin menjadi salah satu pembalap F1 yang paling laku di mata sponsor saat ini.
 

5. Sergio Perez (US$75 juta)

Setelah musim 2020 yang sulit, Red Bull F1 perlu menemukan pembalap yang dapat membantu Verstappen dan tim meraih berbagai kejuaraan dunia. Nama Sergio Perez pun akhirnya menjadi kontender terbesar, dan memang memberikan kinerja yang solid untuk membuktikan kemampuannya.

Selain performa yang ciamik, Sergio juga memiliki hubungan dengan beberapa perusahaan Meksiko seperti Telcel, yang bersedia mensponsori tim minuman energi tersebut hingga kini. Dengan semua kerja sama dan performa balapnya, Sergio telah mengumpulkan kekayaan bersih sebesar $75 juta. 

Baca juga: Kenalan dengan Pasangan Para Pembalap F1 2024, Max Verstappen sampai Alex Albon

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Auto Sixpack, 4 Jenis Olahraga Ini Efektif Menghilangkan Lemak di Perut

BERIKUTNYA

Stray Kids Jadi Grup K-Pop Pertama Hadir di Met Gala dengan Outfit Tommy Hilfiger

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: