Pembalap F1 Kimi Raikkonen (Dok. Official Instagram)

Kimi Raikkonen Bakal Pensiun, Begini Perjalanan Kariernya di Formula 1

06 September 2021   |   16:40 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Iceman akhirnya memutuskan untuk pensiun, menutup salah satu karier paling berkesan dalam sejarah Formula 1. Kimi Raikkonen akan pensiun dari Formula 1 pada akhir musim 2021, menutup karier balap profesionalnya selama 20 tahun.

Raikkonen, yang akan berusia 42 tahun pada akhir musim, dan dia memulai karier F1 pada 2001 bersama Sauber. "Ini dia," kata Raikkonen dalam sebuah unggahan di Instagram. "Ini akan menjadi musim terakhir saya di Formula One."

Pembalap Finlandia itu mengatakan dia membuat keputusannya selama liburan musim dingin F1. Kontrak Raikkonen yang sekarang tergabung dalam tim Alfa Romeo sejak 2019 diketahui akan habis pada akhir musim ini.

Saat ini dia adalah pembalap F1 tertua yang aktif, di samping Fernando Alonso yang berusia 40 tahun, salah satu rival Raikkonen di awal 2000-an.
 

Raikkonen relatif tidak dikenal ketika debut di F1 bersama Sauber pada 2001. Dia menggantikan Mika Hakkinen di McLaren pada musim 2002 dan memenangkan balapan pertamanya pada tahun berikutnya saat finis kedua di kejuaraan.

Dijuluki sebagai Iceman karena kepribadiannya yang tertutup, Raikkonen berpindah dari Sauber ke McLaren, kemudian ke Ferrari di mana dia memenangkan kejuaraan F1 2007.

Dia lalu mengambil cui 2 tahun dari F1, namun tetap aktif untuk menjalankan tugas di berbagai reli bahkan NASCAR, sebelum kembali pada 2021 dengan Lotus.

Setelah dua musim di Lotus, Raikkonen kembali ke Ferrari, mencetak beberapa sejarah yang kemenangan, yang menjadi capaian terakhirnya, yakni Grand Prix Amerika Serikat 2018 bersama Ferrari.

Dia kemudian pindah ke Alfa Romeo pada musim berikutnya, menggantikan Charles LeClerc, hingga kini.

Sampai dengan September 2021, Raikkonen telah mengikuti 344 Grand Prix dengan 21 kemenangan, 103 podium dan 18 pole position.

Saat ini dia berada dalam peringkat ke-17 pada klasemen pembalap F1, setelah hanya mencetak dua poin dengan 10 balapan tersisa di musim ini.

SEBELUMNYA

Intip Karakter Rowoon SF9 dalam Drakor The King's Affection

BERIKUTNYA

Begini Sinopsis Serial WeTV Little Mom, Catat Tanggal Tayangnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: