Film Ki Hajar Dewantara memasuki tahap riset (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Mulai Digarap, Film Ki Hajar Dewantara Bakal Tayang 2026

06 May 2024   |   19:48 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi para pencinta film biopik tokoh-tokoh Indonesia. Setelah karya sejumlah tokoh bangsa rilis, kini giliran film tentang Bapak Pendidikan Indonesia, yakni Ki Hajar Dewantara yang siap dibuat. Film tersebut dijadwalkan tayang di bioskop pada 2026. 

Sebelum meluncur di bioskop dalam negeri, film Ki Hajar Dewantara akan memasuki sejumlah tahapan. Pertama adalah riset, pengembangan cerita, dan penulisan naskah yang akan berlangsung pada 2024. Setelah itu, pengambilan gambar atau syuting pada 2025. Kemudian, film Ki Hajar Dewantara akan tayang pada satu tahun kemudian atau pada 2026. 

Baca juga: Sinopsis & Daftar Pemain Film Glenn Fredly The Movie, Tayang Hari Ini

Sutradara Guna S. Noer mengungkapkan bahwa 2 tahun adalah waktu yang pas untuk membuat karya ini, mengingat ada banyak proses yang harus dilalui seperti riset, casting pemain, dan sebagainya. Untuk proses riset saja, dia mengungkapkan bahwa tim membutuhkan waktu minimal sekitar 6 bulan. 

Dalam proses riset yang akan mulai berjalan, dia mengungkapkan akan mengumpulkan banyak data seperti melakukan wawancara atau dari arsip-arsip yang ada di sejumlah pihak termasuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) 

Kemudian, dia juga akan menggali dari keluarga Ki Hajar Dewantara tentang sosok tersebut. Tidak hanya di dalam negeri, Gina juga mengungkapkan akan mencari sejumlah data di luar negeri semisal Belanda, mengingat sang tokoh pernah dibuang ke Negeri Kincir Angin tersebut. .

“Beliau sempat dibuang ke Belanda, kami akan menuju ke sana,” katanya di Jakarta, Senin (6/5/2024).

Sementara terkait dengan proses lainnya seperti pengembangan cerita dan penulisan naskah, Gina mengungkapkan bahwa pembuatan skenario di Wahana Kreator memiliki proses pengembangan yang cukup ketat. Semua orang yang terlibat dalam proses tersebut akan saling beradu argumen tentang skenario yang dibuat.

Jadi, dia belum bisa bicara apa pun sebelum melewati masa tersebut – termasuk periode yang akan disajikan dalam cerita. Meskipun begitu, Dia telah memiliki bayangan bahwa cerita film biopik yang akan disajikannya menyorot tentang kehidupan dan pemikiran-pemikiran yang dimiliki Ki Hajar Dewantara selama masa hidupnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Perfilman, Musik dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra, mengungkapkan bahwa pada saat ini pemerintah melalui kementerian memberikan dukungan dalam riset dan pengembangan cerita. 

Dia menilai, hal tersebut merupakan bagian penting dalam pembuatan film ini. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi kementerian untuk menolak bekerja sama. Baginya, kementerian memiliki tanggung jawab menjaga nilai-nilai yang ada dan diwujudkan dalam film. “Kami berkewajiban menyukseskan film ini,” ujarnya.

Ahmad menambahkan, film Ki Hajar Dewantara akan menjadi karya yang penting bukan hanya untuk negara, tetapi juga soal bangsa. Karya ini akan menjadi salah satu contoh film dapat menjadi sarana pembelajaran yang baik kepada masyarakat dengan cara yang menghibur dan menyenangkan.

Baca juga: Detail Pemain dan Produksi Film Biopik Michael Jackson Terungkap

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Film Terbaik Aktor Bernard Hill, Ada Titanic & Valkyrie

BERIKUTNYA

Hypereport: Melihat Proses Kreatif di Balik Podcast Komedi Viral

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: