Vino G Bastian & Laudya Cynthia Bella dalam film Buya Hamka (Sumber gambar: Falcon Pictures)

Vino G Bastian & Laudya Cynthia Bella Beradu Akting dalam Film Buya Hamka

23 March 2023   |   12:51 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Falcon Pictures dan Starvision menghadirkan satu film biopik tentang tokoh ulama besar Indonesia, Buya Hamka. Film ini akan menampilkan kisah hidup Buya Hamka sebagai salah satu tokoh suri tauladan bagi bangsa Indonesia yang semasa hidupnya dikenal sebagai ulama, sastrawan, dan filsuf.

Kefasehan  Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal Buya Hamka dalam berdakwah bukan hanya diakui oleh kaum muslim di Indonesia, namun juga ulama-ulama di dunia. Salah satu jasa besar Buya Hamka dalam dunia Islam Indonesia adalah lahirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Sementara dalam karya seni, selain banyak menerbitkan buku-buku dakwah seperti tafsir Al Azhar, Tasawuf Modern, dan Falsafah Hidup, Buya Hamka juga menghasilkan karya seperti novel Merantau ke Deli, Di Bawah Lindungan Ka'bah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan masih banyak lagi.
 

Vino G Bastian memerankan tokoh Buya Hamka (Sumber gambar: Falcon Pictures)

Vino G Bastian memerankan tokoh Buya Hamka (Sumber gambar: Falcon Pictures)

Dalam film, tokoh Buya Hamka akan diperankan oleh aktor Vino G. Bastian. Dalam acara jumpa pers baru-baru ini, Vino mengatakan bahwa dirinya sempat merasa terbebani ketika mendapatkan tawaran bermain dalam film Buya Hamka. Pasalnya, dia harus memerankan karakter salah satu tokoh besar di Indonesia.

Selain itu, film ini juga merupakan karya kolaborasi dua rumah produksi besar di Tanah Air. "Ketika saya baca skripnya, saya terharu banget. Saya tahu Buya Hamka tapi saya tidak tahu se-detail ini perjuangannya," ucap aktor pemilik nama lengkap Vino Giovanni Bastian itu.

Untuk mempelajari karakter Buya Hamka, Vino pun diminta oleh sang sutradara, Fajar Bustomi, untuk membaca buku Akhlaqul Karimah karya Buya Hamka. Dalam buku itu, Buya Hamka menjelaskan tentang bagaimana sikap umat Islam dan bangsa Indonesia untuk memiliki akhlaqul karimah yang melekat di hatinya.

"Buya Hamka kalau menulis buku itu bukan hanya ditujukan untuk masyarakat Muslim sebenarnya, tapi semua orang bisa membaca karya-karya beliau," kata Vino
 

Dalam memerankan tokoh Buya Hamka, Vino juga mengaku sangat berhati-hati dalam film ini. Sebab, menurutnya, dalam film ini, dia bukan hanya bertindak sebagai aktor melainkan memiliki kewajiban sebagai seorang Muslim untuk bisa menyampaikan pesan-pesan bahwa Islam merupakan rahmatan lil alamin seperti yang selama ini digaungkan oleh sosok Buya Hamka.

Sebagai pemain, dia mengaku tidak boleh mengeluarkan improvisasi suatu dialog atau apapun yang pernah diucapkan oleh Buya Hamka. Dengan kata lain, film ini memang benar-benar mengisahkan apa yang dialami Buya Hamka, tanpa mengurangi atau melebihkan setiap bagiannya.

"Jadi memang sangat hati-hati sekali sih. Jangan sampai terjebak mendramatisasi tapi lupa dengan faktanya. Satu pengalaman spiritual bukan hanya sebagai pemain film tapi sebagai manusia," ujar pria yang juga bermain dalam film Miracle In Cell No 7 itu.
 

Poster film Buya Hamka (Sumber gambar: Falcon Pictures)

Poster film Buya Hamka (Sumber gambar: Falcon Pictures)

Dalam film ini, Vino beradu akting dengan aktris Laudya Chintya Bella yang memerankan tokoh Siti Raham, istri dari Buya Hamka. Perempuan yang akrab disapa Bella itu mengatakan bahwa salah satu kesulitannya dalam memerankan karakter Siti Raham adalah dari sisi penggunaan bahasa dialog.

"Untuk [mengubah] bahasa jadi rasa ke hati [dan] connect itu butuh waktu yang panjang. Sementara aku reading hanya sekitar 20 hari dan menurut aku kalau bisa milih, please, satu bulan lagi reading-nya," katanya.

Selain itu, kesulitan lain yang juga dihadapi Bella dalam film ini adalah dia harus memperdalam pengetahuan dengan memperbanyak literasi dan riset tentang Buya Hamka dan hubungannya dengan Siti Raham.

Baca juga: Siap Tayang Saat Idul Fitri 2023, Cek 5 Fakta Menarik Film Buya Hamka

Selain Vino G Bastian dan Laudya Chintya Bella, film ini juga diperankan oleh sederet aktor dan aktris kenamaan Tanah Air seperti Desy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, dan Mawar De Jongh.

Tak hanya itu, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama juga terlibat dalam film tersebut.

Adapun, film Buya Hamka dijadwalkan tayang d bioskop pada 20 April 2023.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Valve Siap Rilis Counter-Strike 2, Limited Test Segera Dibuka!

BERIKUTNYA

Peringati Hari Meteorologi Sedunia, Ini Sejarahnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: