Aktor Bernard Hill dalam film Titanic. (Sumber gambar: IMDb)

5 Film Terbaik Aktor Bernard Hill, Ada Titanic & Valkyrie

06 May 2024   |   22:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka menyelimuti industri perfilman Hollywood. Bernard Hill aktor pemeran Kapten Smith dalam film Titanic (1997) berpulang di usianya yang ke 79 tahun pada Minggu (5/5/24). Kabar tersebut disampaikan oleh agensi di Inggris, Lou Coulson Associates, sebagai perwakilan keluarga Bernard Hill.

Kabar kematian Bernard Hill pun telah dikonfirmasi oleh media Variety kepada agensi sang aktor. Hill berpulang beberapa jam sebelum drama terbarunya, The Responder, yang diperankannya bersama aktor Martin Freeman, tayang di BBC One pada Minggu malam. 

Mangkatnya Hill turut membawa duka bagi para sineas. Salah satunya Elijah Wood yang mengungkapkan rasa kehilangannya atas kematian Hill. Melalui unggahan di akun X pribadinya, Wood menuliskan Hill adalah sosok yang berhati lembut, serta aktor yang hebat saat memerankan karakter-karakternya.

"Sampai jumpa teman kami, raja kami, Bernard Hill. Kami tidak akan pernah melupakanmu," tulis Wood lewat akun @elijahwood. 

Baca juga: Aktor Bernard Hill Sang Raja Theoden di Lord of the Rings Meninggal Dunia
 
Lahir di Blackley, Manchester, Inggris pada 17 Desember 1944, Bernard Hill memulai kiprahnya di industri hiburan dari bawah. Sepanjang kariernya selama lebih dari lima dekade, dia telah membintangi banyak judul film populer di antaranya Mr. Toad’s Wild Ride (1996), dan A Midsummer Night’s Dream (1999).

Namanya mulai dikenal saat berperan sebagai Yosser Hughes dalam miniseri Alan Bleasdale pada 1982 berjudul Boys From the Blackstuff. Namun, perannya yang paling terkenal terjadi Ketika memainkan karakter Raja Theoden dalam trilogi film Lord of the Rings dan film Titanic.

Nah, untuk mengenang jasa dan karyanya, yuk simak deretan film terbaik yang pernah dibintangi Bernard Hill dalam ulasan berikut ini yuk Genhype
 

1. Titanic (1997)


Disutradarai oleh James Cameron, Titanic menceritakan tentang kisah cinta yang tragis antara Rose DeWitt Bukater (diperankan Kate Winslet) dan Jack Dawson (Leonardo DiCaprio). Berasal dari kelas sosial yang berbeda, mereka bertemu dalam perjalanan keliling dunia di atas kapal yang kelak mengalami kecelakaan.

Secara umum, film ini Film ini menghadirkan kisah roman epik penuh aksi yang berlatarkan pelayaran perdana naas “unsinkable” Titanic atau Titanic yang “tidak dapat tenggelam”. Objek kapal ini dibikin pada 1908 dan memulai pelayaran pada 1912. Pada masa itu Titanic merupakan objek bergerak terbesar yang pernah dibuat.

Di ajang Academy Awards pada 1998, film ini mampu memboyong 11 Piala Oscar. Termasuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, penyuntingan Film Terbaik, dan masih banyak lagi. Pada Februari 2023, film ini juga ditayangkan kembali di bioskop dengan versi remastered. 
 

2. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)


Dirilis kali pertama pada 2001, The Lord of the Rings: The Return of the King merupakan penutup dari trilogi LOTR. Serial ini secara umum berkisah tentang petualangan Frodo bersama kawan-kawannya untuk menghancurkan cincin yang menjadi kekuatan utama dari film ini.

LOTR The Return of the King menceritakan kisah tentang bekas persaudaraan penjaga cincin api untuk mempersiapkan pertempuran terakhir antara bangsa manusia, elf, kurcaci dan pasukan Sauron. Film ini juga mengungkap sisi lain dari masa lalu Gollum yang sebenarnya adalah sosok korban dari cincin tersebut. 

Dikutip dari laman IMDb, film ini berhasil masuk dalam 11 nominasi Academy Awards dan berhasil menyapu bersih semua kategorinya. Bahkan capaian itu menjadi kemenangan terbesar di sejarah Oscar pada 2004. Film ini juga mendapat rating cukup tinggi, yakni 9 di laman tersebut. 
 

3. A Midsummer Night's Dream (1999)


A Midsummer Night's Dream adalah film komedi romantis fantasi yang ditulis, diproduksi, dan disutradarai oleh Michael Hoffman. Film ini dibuat pada 1999 berdasarkan berjudul sama karya William Shakespeare yang dibuat pada abad ke-15. Dalam film ini Bernard Hill berperan sebagai Egeus, seorang ayah yang mencegah anaknya menikah dengan kekasih hatinya.

Mengambil latar Athena, Egeus adalah ayah Hermia, yang tidak menyetujui cinta Hermia dan Lysander, dan memohon kepada Theseus untuk memaksa Hermia menikahi Demetrius. Sebab, jika Hermia menolak, dia bisa dihukum mati, atau dimasukkan ke dalam biara selama sisa hidupnya — kedua hukuman ini didukung oleh hukum Athena.

Di film ini, Egeus memainkan peran penting dalam mengilustrasikan tema permainan cinta, seperti tentang hukum versus cinta, dan akal versus imajinasi. Berdurasi 116 menit, film ini juga menghadirkan rekaman Renée Fleming yang menyanyikan "Casta Diva" dari opera Norma karya Bellini. 
 

4. The Lord of the Rings: The Two Towers (2002)


The Lord of the Rings: The Two Towers merupakan sekuel dari LOTR: The Fellowship of the Ring yang bercerita mengenai perjalanan Frodo Baggins untuk menghancurkan cincin yang dibuat oleh Sauron. Dalam film ini kita juga akan dikenalkan dengan karakter ikonik seperti Gollum alias Smeagol, ada juga karakter lain termasuk Faramir, King Rohan dan Eowyn.

Demi menyelamatkan Bumi Tengah, Frodo rela melakukan perjalanan panjang menuju Gunung Doom bersama teman-temannya, Samwise, Merry, dan Pippin. Namun, di tengah perjalanan ketika ada perpecahan antara mereka tanpa diduga juga oleh Gandalf, Saruman ternyata bersekutu dengan Sauron dan membangun pasukan Orc di Isengard.

Film berdurasi 179 menit untuk versi bioskop ini juga dinominasikan untuk enam Oscar dalam ajang bergengsi itu, serta berhasil memenangkan dua di antaranya untuk nominasi suara dan efek visual terbaik pada 2023. Adapun, Bernard Hill dalam film ini berperan sebagai Theoden, sang raja Rohan, yang terkena pengaruh sihir dari Saruman. 
 

5. Valkyrie (2008)


Valkyrie adalah film thriller historis yang disutradarai oleh Bryan Singer dan dirilis pada 2008. Setting film ini adalah Jerman Nazi pada masa Perang Dunia II dan menceritakan pemberontakan plot 20 Juli 1944 yang dilakukan oleh para perwira Tentara Jerman untuk membunuh Adolf Hitler.

Didasarkan dari kisah nyata, film ini juga mendapuk aktor-aktor papan atas Hollywood. Beberapa di antaranya seperti Tom Cruise yang berperan sebagai Kolonel Claus von Stauffenberg. Lalu ada Carice van Houten, David Bamber, Kenneth Branagh, Tom Wilkinson, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Profil Eleanor Coppola, Sutradara Film Dokumenter Berbakat Meninggal Dunia Usia 87 Tahun

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Ide Pose Foto Wisuda Yang Bisa Dilakukan Sendiri

BERIKUTNYA

Mulai Digarap, Film Ki Hajar Dewantara Bakal Tayang 2026

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: