Potret Amy Winehouse dalam film Back to Black (Sumber gambar: Focus Features)

5 Fakta Menarik Back to Black, Film Biopik Musisi Amy Winehouse

16 April 2024   |   12:03 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Film biopik dari musisi legendaris Amy Winehouse berjudul Back to Black, akhirnya dirilis oleh StudioCanal setelah hampir 13 tahun sejak kematiannya yang tragis pada 2011. Ini merupakan film biografi pertama yang menggambarkan kehidupan sang legenda musik tersebut. 

Film Back to Black disutradarai oleh Sam Taylor-Johnson dan dibintangi oleh Marisa Abela sebagai Amy Winehouse, penyanyi-penulis lagu yang pemenang penghargaan Grammy. Sebelum menontonnya, berikut lima hal yang harus kalian ketahui tentang film biopik ini. Simak yuk. 

Baca juga: Film Biografi Michael Jackson Siap Diproduksi, Tayang 18 April 2025 
 

1. Marisa Abela menyanyi secara live 

Marisa Abela telah memberikan penampilan yang menentukan dalam perannya sebagai Amy Winehouse di film Back to Black, meskipun dia mendapat beberapa kritik, terutama terkait dengan penyampaian vokal lagu "Rehab".

Pada awalnya, film ini akan memakai rekaman vokal asli Amy Winehouse dalam film tersebut. Namun, setelah Abela mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk perannya -mengambil pelajaran gitar dan vokal empat kali seminggu, dua jam setiap kali, selama tiga bulan- keputusan diambil untuk menggunakan suara nyanyiannya dalam produk jadi.

Meskipun suara unik Amy Winehouse tidak dapat disaingi, Abela berhasil menyuguhkan penampilan yang mengesankan. Bahkan, ada saat-saat dalam film di mana keberadaannya sebagai Amy Winehouse, terutama saat karakter sedang bersemangat atau kesal, memberikan kesan yang sangat kuat dan mendalam. 
 

2. Harapan Sam Taylor-Johnson 

Sam Taylor-Johnson, sutradara Back To Black, berbicara tentang keinginan untuk menyampaikan kegembiraan kepada penonton melalui film ini, serta rasa tanggung jawabnya untuk menghormati Amy Winehouse.

Dia ingin menciptakan pengalaman yang tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi penonton untuk mendengarkan kembali musik Amy Winehouse setelah menonton film biopik arahannya. Dalam upayanya untuk mencapai hal ini, dia menekankan pentingnya kata-kata, musik, dan sudut pandang dalam pembuatan film.

Dia berusaha membuat film yang bisa dinikmati orang-orang, dan yang kemudian akan mendorong mereka untuk memperdengarkan kembali musik Amy Winehouse setelah mereka menontonnya. 
 
 

3. Orang tua Winehouse jadi produser eksekutif 

Seperti yang terlihat dalam debut film Sam Taylor-Johnson pada 2009 berjudul Nowhere Boy, film Back to Black juga menggambarkan hubungan yang sangat dekat antara Amy Winehouse dan keluarganya.

Dalam film ini, sang penyanyi terlihat sangat dekat dengan ayahnya, Mitch Winehouse, yang diperankan oleh Eddie Marsan, dan neneknya dari pihak ayah, yang diperankan oleh Lesley Manville. Keduanya menghadirkan penampilan yang brilian dalam peran mereka. 

Faktanya, hubungan Amy Winehouse dengan keluarganya tampak sangat sehat dalam film ini, yang mungkin bisa dipahami mengingat bahwa film tersebut memiliki dukungan langsung dari pihak Amy, dengan anggota keluarga Winehouse bertindak sebagai produser eksekutif. 

Meskipun demikian, seperti yang ditegaskan oleh Sam Taylor-Johnson dalam wawancara dengan The Times, keluarga Amy Winehouse tidak memiliki hak untuk menentukan isi atau narasi dari film tersebut. Meskipun mereka terlibat dalam produksi sebagai produser eksekutif, pembuat film memiliki kebebasan kreatif penuh untuk menjalankan visi mereka sendiri. 
 

4. Produser musik Mark Ronson tidak muncul

Meskipun merupakan bagian integral dari terobosan album kedua Amy Winehouse dan memiliki hubungan erat dengan kariernya secara keseluruhan, produser yang memenangkan penghargaan Grammy dan Oscar, Mark Ronson, tidak ditampilkan sebagai karakter dalam film ini. Namanya hanya disebutkan sekilas satu atau dua kali dalam film.

Awalnya, aktor Kanada Jeff Tunke diangkat untuk memerankan Ronson dalam film ini. Namun, adegan tersebut kemudian dihapus selama proses penyuntingan, dan nama Jeff Tunke pun dihapus dari kredit film di situs IMDB, seperti yang dilaporkan oleh Daily Mail
 

5. Suguhan yang hangat & intim 

Meskipun mendapat kritik atas kurangnya pemahaman tentang kehidupan Amy Winehouse dan naskahnya yang kadang terasa eksposisi, film tersebut menerima pujian atas penampilan Marisa Abela dan Jack O'Connell dalam menggambarkan Amy Winehouse dan mantan suaminya, Blake Fielder-Civil. 

Back To Black adalah penggambaran yang hangat dan intim yang disatukan oleh penampilan yang kuat di sekelilingnya. Tentu saja, ada beberapa hal yang masih jadi catatan para kritikus, tetapi film ini setidaknya terasa seperti jendela menuju jiwa dan kehidupan sang musisi. 

Baca juga: Glenn Fredly The Movie, Suguhkan Cerita Lika-liku Hidup & Kisah Cinta Haru Sang Musisi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Viral Turis Rusak Pohon Sakura di Jepang, Simak Etiket yang Benar Berikut Ini

BERIKUTNYA

Ikuti Jejak Tiktok, Facebook Perkenalkan Format Video Vertikal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: