Perempuan berhijab sedang jogging (Sumber foto: Freepik/Drazen Zigic)

5 Kiat Memilih Outfit Jogging untuk Hijaber, Tetap Nyaman & Modis

06 May 2024   |   17:36 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Saat ini, tren hidup sehat memang tengah digandrungi oleh banyak orang. Dengan melakukan gaya hidup yang sehat, tubuh akan menjadi lebih bugar dan terjaga. Beberapa aktivitas fisik juga menjadi sorotan akhir-akhir ini, salah satunya adalah jogging

Jogging menjadi aktivitas fisik yang digandrungi karena dapat meningkatkan kesehatan seseorang dengan cara yang mudah dan simpel. Ketika jogging, seseorang hanya perlu berlari dengan santai secara rutin sesuai waktu yang telah disesuaikan. Selain itu, jogging juga bisa dilakukan kapan saja tanpa memerlukan jadwal yang pasti. 

Baca juga: Ide Outfit Hijaber: Ini Pilihan Warna Jilbab yang Cocok dengan Pakaian Putih
 

Perempuan berhijab sedang jogging (Sumber foto: freepik/Drazen Zigic)

Perempuan berhijab sedang jogging (Sumber foto: Freepik/Drazen Zigic)

Dalam mendukung kegiatan fisik seperti jogging, pakaian sangatlah krusial dan harus diperhatikan. Pilihan pakaian akan memengaruhi jalannya aktivitas dan tingkat kenyamanan yang dirasakan.

Namun, bagi kalian para hijaber, mungkin tak sedikit yang pernah merasa bingung ketika menentukan outfit yang akan dikenakan saat jogging. Akan tetapi, kalian tak perlu khawatir lagi karena kalian bisa mengikuti tips dibawah ini untuk memilih outfit yang tepat ketika ingin jogging. Simak artikelnya. 
 

1. Pilih bahan yang nyaman 

Saat memilih pakaian untuk olahraga, tentunya semua orang akan memilih pakaian yang nyaman untuk dikenakan. Tak terkecuali dengan para hijaber. Bahan pakaian yang dikenakan adalah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan ketika memilih outfit untuk jogging

Bagi hijaber, pilihlah bahan outfit untuk baju atau hijab yang terbuat dari bahan ringan dan mudah untuk menyerap keringat. Beberapa pilihan bahan yang bisa kalian kenakan adalah seperti poliester atau spandex. Selain itu, jangan lupa juga untuk memilih kain yang elastis agar tidak membatasi gerakan kalian. 
 

2. Pilih style hijab yang sesuai

Ketika sedang jogging, tentunya kalian tidak ingin aktivitas yang kalian lakukan terhambat hanya karena hijab yang kalian kenakan. Untuk itu, penting memilih style hijab yang sesuai ketika sedang melakukan aktivitas luar ruangan. Dilansir melalui Calameo, berikut merupakan beberapa style hijab yang bisa kalian coba untuk aktivitas olahraga. 
  • Pull-on hijab: Pull-on hijab memang dirancang untuk dipakai dengan mudah dan tetap di tempat tanpa perlu mengenakan pin atau klip. Hijab ini sangat cocok untuk aktivitas olahraga seperti jogging atau yoga.
  • One-piece hijab: Sama seperti pull-on hijab, one-piece hijab juga tidak memerlukan pin atau peniti, tetapi dengan ikat kepala built-in untuk menjaga hijab tetap di tempat saat aktivitas olahraga.
  • Hooded hijab: Hijab ini memiliki tudung built-in untuk memberikan cakupan dan kehangatan tambahan sehingga cocok untuk kegiatan luar ruangan.


3. Kenakan running jackets dan legging

Untuk meningkatkan hasil dari aktivitas jogging, pastikan menggunakan pakaian olahraga yang mendukung gerakan tubuh. Misalnya, gunakan jaket khusus lari yang terbuat dari bahan ringan agar tidak memberatkan tubuh dan memungkinkan gerakan lebih leluasa. Pilih jaket yang dilengkapi dengan fitur khusus untuk perlindungan tubuh secara optimal dan cocok digunakan dalam berbagai aktivitas fisik. 
 

Perempuan berhijab mengenakan running jacket (Sumber foto: freepik)

Perempuan berhijab mengenakan running jacket (Sumber foto: Freepik)

Running jackets tersebut tentunya bisa kalian padukan dengan legging yang memiliki bahan stretchy dan ringan. Jangan lupa juga untuk perhatikan legging yang tidak membuat gatal di kulit agar aktivitas jogging dapat lebih nyaman. 


4. Padukan kaos lengan pendek dengan manset & jogging pants

Tak perlu khawatir jika Genhype tidak memiliki running jackets karena kalian masih bisa mengenakan kaos lengan pendek dengan manset. Pilihlah kaos dan manset yang memiliki bahan menyerap keringat serta ringan.

Selain itu, carilah kaos dengan desain sederhana dan jahitan yang kuat untuk meningkatkan kenyamanan saat jogging. Padukan dengan celana jogging yang longgar agar memungkinkan gerakan tubuh yang lebih leluasa dan tidak terkekang.
 

5. Kenakan sepatu running

Sepatu lari merupakan salah satu outfit yang paling penting diperhatikan ketika jogging. Pemilihan sepatu lari menjadi hal yang krusial. Pasalnya, jika kalian salah pilih sepatu, dikhawatirkan akan menyebabkan kaki terasa tidak nyaman ketika jogging. Bahkan ditakutkan akan menyebabkan cedera. 

Hal pertama yang harus kalian perhatikan ketika memilih sepatu lari adalah mencari ukuran sepatu yang cocok dengan kaki. Pastikan sepatu lari yang kalian kenakan tidak terlalu kecil atau terlalu besar di kaki agar menghindari potensi cedera.

Kemudian pilih tipe sepatu lari yang tepat. Pastinya tipe-tipe sepatu lari disesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan karena ada sepatu lari yang cocok untuk lomba atau balapan dan sepatu lari trail yang cocok dipakai di medan tanah atau bebatuan. Untuk itu, pilihlah sepatu lari yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Baca juga: 7 Ide Outfit Bukber Hijab yang Simpel dan Elegan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Begini Persiapan Atlet Selancar Rio Waida untuk Berlaga di Olimpiade Paris 2024

BERIKUTNYA

4 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2024, Bisa Buat Persiapan IELTS & GRE

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: